Simak Yuk Cara Cegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia dimulai dari berubahnya organ – organ di dalam tubuh begitupun dengan fungsinya, yang jelas terlihat terutama pada bagian kulit wajah.

Wajah pertama kali yang tampak ketika kita bertatap muka dan berkomunikasi, sering kali dikaitkan pula dengan penampilan ( menunjang penampilan agar lebih menarik) dan menjadi salah satu aset yang harus dijaga dan dirawat kesehatannya.

Munculnya keriput, garis halus, munculnya flek hitam, kulit kering kusam bagaikan cahaya yang redup beberapa tanda- tanda penuaan dini pada wajah kawan cantik.

Di usia berapa tanda penuaan dini ini muncul?

Kulit yang mulai kehilangan elastisitas, kelembapan, muncul noda hitam pada beberapa area wajah. Biasanya penuaan umumnya terjadi ketika usia seseorang sudah memasuki 30 tahun.

Namun tanda- tanda tersebut tidak muncul begitu saja. Bahkan sebelum muncul ke permukaan wajah mereka telah ada di dalam kulit semenjak usia 20an.

penuaan dini terjadi pada usia sebelum 30 tahun

Lalu bagaimana sih kulit kita menunjukkan tanda- tanda penuaan seseorang dengan usia di bawah 30 tahun?

Faktor penyebab Penuaan Dini

Ada banyak faktor yang terjadi mengapa penuaan kulit bisa terjadi salah satunya adalah kurangnya merawat kulit sejak dini.

  • Stress 
  • Pola makan sembarangan
  • Kurang tidur
  • Merokok dan minum minuman beralkohol

Berikut ini adalah tanda- tanda penuaan dini yang biasanya dialami seseorang dengan usia dibawah 30 tahunan.

  • Wajah Kusam
  • Muncul Kerutan
  • Kulit wajah Kendur
  • Di area Mata muncul garis halus 
  • Muncul flek dan noda hitam
  • Pori- pori membesar
Artikel Terkait  Benjolan Normal pada Payudara. Kenali, Penyebab-penyebab Ini!

Cara Mencegah Penuaan Dini

Setelah muncul kerutan – kerutan, bakal calon keriput kulit kusam, area mata melingkar sudah mulai kusut cukup menjadi sinyal untuk segera kita atasi sedini mungkin.

Beberapa cara untuk mencegah tanda Penuaan dini adalah :

Merawat dan menjaga kebersihan kulit wajah

Jelas cara yang paling utama adalah menjaga kebersihan serta kesehatan kulit wajah. Entah menggunakan perawatan via medis maupun non medis dengan bahan alami racikan sendiri.

Tidak melulu harus menggunakan skincare yang mahal dan ternama sekalipun karena apapun itu lebih baik disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan, Selain itu juga cocok dengan jenis kulit kita tanpa menimbulkan alergi.

kawan cantik juga bisa menggunakan bahan alami maupun herbal sekalipun, yang dapat dilakukan secara mandiri dirumah serta manfaat dan khasiat bahan alami yang tak kalah ampuh.

Rajin membersihkan wajah, apalagi setelah bermake up atau terkena paparan sinar UV secara langsung.

Makan makanan yang seimbang dan bergizi

Perhatikan Asupan pola makan, serta nilai gizi di dalamnya. Konsumsi makanan seperti Sayur dan buah yang mengandung air. 

Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Sayuran dan buah segar, Nutrisi dari Buah maupun Sayur yang dikonsumsi akan membuat kulit lembab secara alami.

Selain itu, Sayuran dan Buah yang segar, bersih dapat membantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan pada kulit. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan berminyak.

Diet yang mengandung banyak gula atau olahan karbohidrat dapat mempercepat penuaan kulit.

Melindungi kulit  wajah dari Sinar Matahari

Yang tak kalah penting dan sering diabaikan adalah ketika kulit kita terlebih kulit wajah yang tidak tertutup ketika berada diluar ruangan. Paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kulit menjadi lebih kusam dan kehilangan kelembapannya.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Perut Kembung ala SehatQ

Sehingga usahakan selalu lindung kulit wajah dengan rutin menggunakan Sunscreen dengan SPF yang tinggi, menutupi wajah dengan masker maupun pelindung lainnya ketika dibawah sinar matahari yang terik.

Hindari Begadang

Kebiasaan begadang membuat kulit wajah menjadi redup dan juga kusam, jam tidur berantakan dikejar deadline. Usahakan untuk tetap Istirahat dan juga tidur yang cukup, serta perbanyak konsumsi Air putih.

Batasi konsumsi minuman beralkohol 

Alkohol memiliki efek sangat tidak baik untuk kulit, Konsumsi Alkohol berlebihan akan merusak kulit karena kulit menjadi kering seiring berjalannya waktu. Hal ini membuat kulit wajah kawan cantik menjadi lebih tua.

Walaupun terkesan sangat sepele namun ternyata memberikan dampak yang luar biasa ya terhadap tubuh kita, entah itu organ didalam tubuh kita atau yang nampak sekalipun yaitu pada kulit wajah.

Mengurangi stress

Stress yang berkepanjangan membuat kulit cepat menua loh! Berfikir positif dan tidak menjadikan beban segala sesuatunya, kontrol emosi serta pikiran kita agar jauh lebih tenang dan terkendali.

Tidak merokok

Cara mengatasi penuaan dini pada kulit selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Sama halnya dengan mengkonsumsi Alkohol, Merokok sangat mempercepat proses penuaan pada kulit. Merokok dapat menyebabkan kerutan dan kulit kusam dan pucat.

Seiring bertambahnya usia, Jaringan kolagen dan elastisitas tubuh akan melemah yang mengakibatkan elastisitas kulit berkurang.

Sehingga tanda- tanda penuaan seperti garis halus, kerutan pada kulit wajah akan muncul. Akan tetapi proses penuaan ini dapat terjadi lebih awal yang disebut dengan penuaan dini seperti yang sudah dipaparkan pada penjelasan sebelumnya.

Setiap orang mengalami proses penuaan berbeda- beda. Seseorang dikatakan mengalami penuaan dini ketika proses ini terjadi sebelum usia 30 tahun.

Artikel Terkait  Kebanyakan, Cewek Suka Jalan-jalan. Apa Benar?

Nah, itulah beberapa cara mengatasi penuaan dini yang bisa kawan cantik coba dan terapkan. Kulit kasar, muncul kerutan, serta keriput, kulit mulai kendur menandakan kurangnya pigmen kulit dan memudarnya warna kulit.

Segera lakukan perawatan pada wajah, terutama dengan menggunakan produk perawatan anti aging agar dapat ditangani sedini mungkin agar wajah tetap terlihat fresh dan menarik walaupun usia sudah tak lagi muda.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar