Hindari 7 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi ini Agar Tetap Sehat

Bagi sebagian orang mungkin sudah terbiasa menghabiskan waktu yang cukup lama ketika berada di kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan badan, namun jika berada terlalu lama di kamar mandi juga tidak baik.

Di kamar mandi merupakan salah satu tempat yang menjadi sarang berkembang biak bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman itulah yang dapat menyebabkan kesehatan terganggu.

Saat berada di kamar mandi, banyak orang yang melakukan beberapa kebiasaan buruk tanpa mereka sadari. Hal tersebut pula yang membuat mereka betah berlama-lama berada di kamar mandi.

Untuk menghindari adanya gangguan kesehatan lantaran melakukan beberapa kebiasaan buruk di kamar mandi, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan buruk di kamar mandi berikut ini.

Kebiasaan buruk di kamar mandi yang harus kita hindari

1. Terlalu lama duduk di toilet

Saat berada di toilet, masih banyak orang yang turut membawa ponselnya atau buku bacaan. Meskipun hal tersebut terlihat seperti hal sepele, namun kebiasaan tersebut sebaiknya kita hindari.

Membawa ponsel atau buku saat sedang berada di toilet bisa membuat kita duduk terlalu lama di toilet. Padahal posisi duduk di toilet yang menghasilkan tekanan seperti ketika membuang air dapat menekan vena bagian rektum bawah yang bisa menyebabkan wasir. Selain itu juga memungkinkan tubuh kita terkena bakteri dari toilet tersebut.

2. Menaruh sikat gigi dekat toilet

Jangan menaruh sikat gigi secara sembarangan dan dekat dengan toilet. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan sikat gigi menjadi tempat bersarangnya bakteri. Sikat yang berada dekat dengan toilet bisa tercemar bakteri saat membilas toilet, air dari toilet yang telah bercampur dengan feses atau urine tersebut dapat terciprat dan mengenai sikat gigi.

Artikel Terkait  Menu Diet Sehat Satu Minggu. Bisa tidak yah?

Jika sikat gigi sudah menjadi tempat bersarangnya bakteri, kuman atau bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh saat menyikat gigi. 

3. Tidak menutup toilet saat menyiram

Kebiasaan ini sering kali orang sepelekan, padahal dengan melakukan kebiasaan tersebut mikroorganisme yang terdapat pada air toilet dapat menyebar hingga jarak sekitar 1,8 meter.

4. Menggantung handuk di kamar mandi

Kebiasaan meninggalkan handuk di kamar mandi juga sebaiknya kita hindari. Selain membuat ruangan kamar mandi menjadi bau apek dan terasa lebih lembab, kebiasaan buruk tersebut juga bisa mengganggu kesehatan. Karena menggantung handuk di kamar mandi dapat menumbuh suburkan jamur pada handuk.

5. Mandi terlalu lama

Mandi memang bisa membuat rileks, namun jika kita mandi terlalu lama justru bisa menimbulkan masalah pada kesehatan kulit. Mandi terlalu lama dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal. Waktu mandi sebaiknya berkisar antara 5 hingga 10 menit.

6. Tidak membilas sabun batang

Setelah menggunakan sabun batang, sebaiknya jangan lewatkan untuk membilas sabun batang tersebut. Dengan membilas sabun batang dengan air mengalir setelah menggunakannya dapat memperkecil kemungkinan risiko pertumbuhan bakteri pada sabun batang tersebut.

7. Membiarkan keset dalam keadaan basah

Biasanya di depan kamar mandi akan ada keset agar lantai tidak basah ketika kita keluar dari kamar mandi. Maka keset kamar mandi akan sering dalam keadaan basah. Jika tidak mengganti keset tersebut secara rutin, keset yang basah tersebut akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Selain itu keset yang terlalu lama dalam keadaan basah akan menimbulkan bau apek.

Agar kita bisa terhindar dari gangguan kesehatan karena melakukan beberapa kebiasaan buruk di kamar mandi di atas, maka mulai dari sekarang hindari kebiasaan buruk di kamar mandi tersebut. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar