Cara Menjalankan Diet Karbo

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal, semua orang pasti menginginkannya. Pasalnya dengan berat badan ideal, Anda bisa tampil lebih percaya diri. Bukan hanya itu saja, berat badan berlebih atau obesitas bisa menyebabkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Anda bisa menurunkan berat badan dengan diet yang sehat. Salah satu jenis diet yang sering dilakukan banyak orang saat ingin menurunkan berat badan adalah diet karbo. Studi yang diterbitkan New England Journal of Medicine pada tahun 2003 menyebutkan jika diet karbo dapat menurunkan lebih banyak berat badan dalam jangka pendek.

Cara Menjalankan Diet Karbo

Lantas bagaimana cara menjalankan diet karbo yang tepat? Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda:

Pilih Makanan yang Rendah Karbohidrat

Diet karbo artinya Anda harus mengurangi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Contoh makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat adalah nasi atau makanan pokok setiap hari.

Sebaliknya kawan cantik harus mengonsumsi makanan rendah karbohidrat sehingga perlu mendaftarnya dari awal. Beberapa contoh makanan yang rendah karbohidrat adalah daging tanpa lemak, telur, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, kembang kol, brokoli, buah apel, stroberi, dan produk susu tanpa pemanis.

Mengetahui Jumlah Karbohidrat Setiap Porsi Makanan

Jika menjalankan diet rendah karbo, Anda biasanya hanya diizinkan untuk mengonsumsi 20-50 gram karbohidrat dalam sehari. Karena hal tersebut, Anda perlu memilih makanan dengan karbohidrat rendah namun nilai gizinya tinggi.

Pastikan juga untuk mengetahui jumlah karbohidrat dalam setiap makanan yang dimakan. Tujuannya agar Anda tidak mengonsumsi makanan dengan nilai karbohidrat yang tinggi.

Merencanakan Makan

Merencanakan makan tidak hanya dilakukan oleh Anda yang akan diet karbo saja. Semua jenis diet yang dijalankan seseorang harus melakukan perencanaan makan.

Artikel Terkait  Cara Mengecilkan Paha

diet karbo mencegah kegemukan

Sebelum membeli bahan makanan, Anda harus mengetahui menu apa yang akan dimakan di hari tersebut. Tidak hanya makan pagi saja, namun juga makan siang dan makan malam.

Akan lebih baik jika Anda merencanakan makan dalam seminggu ke depan. Tujuan merencanakan makan yaitu agar Anda tetap berada dalam proses diet dan tidak melakukan cheating.

Mempersiapkan Makan

Setelah merencanakan makan, Anda harus menyiapkan makan. Tujuan mempersiapkan makan yaitu menghindari makanan yang kurang sehat, menghemat uang, dan juga menghemat waktu.

Tidak sedikit orang yang memilih menyiapkan makanan selama satu minggu dan memasukkan ke dalam wadah tertentu. Anda juga bisa membekukannya.

Beberapa jenis makanan yang sering dipilih untuk mempersiapkan makan adalah greek yogurt, muffin telur, pancake protein, sayuran tumis, protein yang ditumis, dan lain sebagainya.

Pilih Camilan yang Rendah Karbohidrat

Beberapa orang mudah untuk tidak makan nasi dan menjalankan diet karbo. Namun salah satu halangan terbesar adalah mengonsumsi camilan.

Tenang saja, meskipun sedang diet Anda masih tetap bisa makan camilan. Namun pilihan camilan lebih terbatas. Contohnya yang diperbolehkan yaitu segenggam kacang, wortel, keju, yogurt tanpa pemanis, dan telur rebus.

Pahami Jika Tidak Semua Karbohidrat Sama

tips diet karbo wanita

Anda perlu memahami bahwa ada dua bentuk karbohidrat yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana mudah dicerna sehingga membuat seseorang gampang lapar.

Sementara karbohidrat kompleks lebih lama dicerna sehingga membuat seseorang lebih mudah kenyang dan bisa kenyang lebih lama. Jika ingin diet, karbohidrat kompleks lebih direkomendasikan. Contoh karbohidrat kompleks adalah buah-buahan kaya serat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Pertimbangkan Carb Cycling

Carb cycling adalah sebuah metode diet yang menyarankan seseorang untuk mengonsumsi karbohidrat secara selang-seling. Contohnya jika Anda aktif berolahraga secara intensif, maka konsumsi karbohidrat bisa seperti biasanya. Tapi jika dalam masa istirahat, Anda  harus menghindari makanan tinggi karbohidrat. Metode ini tidak bisa dilakukan semua orang sehingga membutuhkan anjuran dokter.

Artikel Terkait  ASI Booster Terbaik untuk Memperbanyak Produksi Susu Ibu

Olahraga Secara Teratur

Cara menjalankan diet karbo yang terakhir tentu saja berolahraga secara teratur. Olahraga adalah hal terpenting untuk membantu menjaga kesehatan. Setidaknya dalam sepekan Anda harus berolahraga selama kurang lebih 150-300 menit.

diet karbo dan olahraga

Itulah cara menjalankan diet karbo yang bisa Anda ikuti. Namun setiap hal pasti ada risikonya, termasuk dengan diet karbo. Pasalnya karbohidrat termasuk nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalankan diet karbo. Dokter akan memberikan informasi apakah Anda bisa menjalankan diet karbo atau tidak karena ada kelompok orang yang tidak bisa menjalankannya.

Tinggalkan komentar