Mengatasi Flek Menahun

Flek atau noda hitam di kulit wajah menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita. Bukan hanya wanita saja, pria pun juga sering mengeluhkan masalah kulit wajah satu ini. Ada banyak penyebab munculnya flek hitam yang tidak hilang-hilang.

mengatasi flek menahun

Sumber : freepik

Contohnya yaitu kondisi alami tubuh, paparan sinar matahari, perubahan hormon, jerawat, dan lain sebagainya. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit dan cenderung tidak berbahaya, namun flek hitam bisa mengganggu penampilan. Kawan cantik bisa mengatasi flek menahun tersebut dengan cara alami maupun menggunakan skincare.

Mengatasi Flek Hitam dengan Bahan Alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi flek hitam:

  • Air perasan jeruk nipis atau lemon

Bahan alami pertama yang bisa kawan cantik gunakan adalah jeruk nipis atau lemon. Kedua buah citrus ini memiliki kandungan vitamin C yang banyak manfaatnya. Adapun manfaat vitamin C yaitu mencegah penuaan dini, menangkal radikal bebas, mencerahkan kulit, hingga menghilangkan flek atau noda hitam di kulit wajah. Gunakan air perasan jeruk nipis atau lemon pada bagian wajah secara rutin. Jika kulitmu termasuk sensitif, tambahkan dengan sedikit air agar tidak terlalu asam.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk menghilangkan flek hitam. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat melembapkan, menghaluskan, serta membuat kulit wajah lebih terlindungi. Ambil bagian daging atau gel lidah buaya lalu oleskan pada flek hitam. Lakukan pijatan perlahan dan diamkan kurang lebih 15-20 menit. Agar hasilnya maksimal, lakukan sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

  • Oatmeal

Oatmeal yang lebih dikenal sebagai makanan diet ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Cara memanfaatkan oatmeal yaitu dijadikan sebagai masker. Agar hasil lebih maksimal, campur oatmeal dengan air perasan lemon. Gunakan masker pada seluruh wajah untuk mendapatkan manfaat lain seperti melembutkan kulit dan mengurangi tanda penuaan.

  • Cuka apel

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah cuka apel. Bagi pencinta skincare, cuka apel sepertinya sudah tidak asing lagi karena sering digunakan pada perawatan kulit wajah. Kandungan antiinflamasi yang ada di dalamnya membuat flek hitam semakin pudar. Bukan hanya itu saja, cuka apel ternyata juga membantu mengangkat sel kulit mati.

Artikel Terkait  6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Mengatasi Flek Hitam dengan Skincare

Jika memilih menggunakan skincare, ada beberapa produk yang direkomendasikan yaitu sebagai berikut:

  • Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Produk yang ditawarkan oleh brand asal Amerika ini merupakan salah satu yang terbaik. Manfaat utamanya untuk mengatasi bintik hitam dan meratakan warna kulit dengan cepat. Kandungan penting yang ada di dalam serum yaitu ekstrak white birch, vitamin C, dan ekstrak bunga peony. Kandungan-kandungan tersebut dikenal efektif mengurangi dan mengatasi flek hitam. Apalagi ada kandungan SPF 50 yang membuat produk ini semakin direkomendasikan.

  • Avoskin Miraculous Refining Serum

Avoskin adalah produk lokal yang cukup populer dan dicari banyak wanita. Rekomendasi produk untuk mengatasi flek menahun adalah Avoskin Miraculous Refining Serum. Selain itu, ada kandungan peptida yang menghidrasi dan melembutkan kulit serta vitamin E yang menyamarkan noda bekas jerawat. Kawan cantik yang sedang mencari serum terjangkau harus mencobanya.

  • Axis-Y Dark Spot Correcting Glow Serum

Produk dari Axis-Y ini memiliki kandungan niacinamide untuk mencerahkan kulit, mengatasi flek hitam, serta meratakan warna kulit. Kandungan lain yang juga penting yaitu squalene untuk melembapkan dan menutrisi kulit. Lalu allantoin, calendula, dan sea buckthorn untuk melindungi skin barrier.

  • For Skin’s Sake Retinol Serum

Rekomendasi produk skincare terakhir yang bisa membantumu menghilangkan flek hitam adalah For Skin’s Sake Retinol Serum. Produk dari brand lokal ini mengandung 2,5% retinol, minyak jojoba, hyaluronic acid, dan juga vitamin E. Retinol adalah kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi flek hitam. Namun sebelum itu pastikan kulitmu sudah siap mendapatkan produk dengan kandungan 2,5% retinol.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi flek menahun baik itu dengan bahan alami ataupun produk skincare. Semoga apa yang dibahas di atas bisa membantumu menemukan cara yang tepat untuk mengatasi flek yang tidak hilang-hilang


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar