9 Cara Mengatasi Bau Badan

Memiliki masalah bau badan merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Pasalnya bau badan bisa membuat rasa percaya diri turun ketika berdekatan dengan orang lain. Masalah ini tidak hanya terjadi pada pria yang sering melakukan aktivitas lapangan saja, wanita juga banyak yang mengalami masalah bau badan.

Pada umumnya bau badan terjadi karena keringat yang muncul akibat udara panas, aktivitas fisik, stres, atau perasaan gugup.

Cara Mudah Mengatasi Bau Badan

Bagi kawan cantik yang tidak bisa menghilangkan aktivitas-aktivitas fisik, ada beberapa cara mengatasi bau badan yang bisa dilakukan. Langsung saja, berikut di antaranya:

Mandi dengan Teratur

Kunci utama agar bau badan hilang yaitu mandi secara teratur. Mereka yang jarang mandi tentu saja cenderung memiliki bau badan yang kurang sedap dibandingkan mereka yang rutin mandi. Paling tidak kawan cantik harus mandi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Pastikan kawan cantik mandi dengan bersih, terutama di area yang sering berkeringat.

Menggunakan Sabun Antibakteri Untuk Mandi

cara mengatasi bau badan

Sebaiknya ganti sabun mandi kamu menggunakan sabun khusus contohnya sabun khusus anti bakteri. Sesuai dengan namanya, manfaat dari sabun ini adalah untuk mengurangi bakteri penyebab bau badan. Dengan begitu, aroma tubuh yang kurang sedang bisa hilang. Namun berhati-hatilah karena sabun antibakteri seringkali kurang cocok dengan pemilik kulit sensitif.

Mengeringkan Badan dengan Benar

Apakah kawan cantik adalah tipe orang yang mengeringkan badan seadanya? Terutama saat mandi, ternyata mengeringkan badan juga berpengaruh pada aroma badan yang tidak sedap. Apabila ingin mengatasi bau badan, pastikan kamu sudah mengeringkan badan dengan benar. Apalagi di area yang sering berkeringat seperti ketiak, badan harus benar-benar kering dengan tepat.

Artikel Terkait  Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil 

Cara mengeringkan badan setelah mandi yaitu menggunakan handuk lembut hingga benar-benar kering. Badan yang masih lembap bisa membuat bakteri berkembang biak dengan baik.

Memperhatikan Makanan yang Dimakan

Bukan hanya dari segi kebersihan tubuh saja, kawan cantik juga harus mulai mengubah pola makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa meningkatkan produksi keringat dan membuatnya menjadi bau.

Beberapa contohnya yaitu makanan berlemak, makanan peda, serta makanan dengan bau tajam seperti pete, bawang, jengkol, dan lain sebagainya. Usahakan untuk menghindari makanan-makanan tersebut agar bau badan hilang.

Mengganti Pakaian Secara Teratur

Memang ada beberapa orang yang lebih mudah berkeringat dibandingkan orang lainnya. Jika kamu masuk tipe orang yang mudah berkeringat, maka kawan cantik harus rajin mengganti pakaian.

Baju bersih kamu bisa membuat produksi bakteri dan keringat menurun. Apabila sedang bepergian, tidak ada salahnya untuk membawa baju ganti.

Menggunakan Pakaian yang Bersih dan Bisa Menyerap Keringat

Pakaian yang digunakan juga harus diperhatikan dengan baik apabila ingin mengatasi bau badan. Pastikan untuk selalu menggunakan baju yang bersih dan wangi.

Selain itu, ada baiknya kawan cantik memperhatikan jenis bahan baju yang digunakan. Contoh bahan yang mampu membantu menyerap keringat adalah katun. Selain itu, katun juga tidak membuat tubuh menjadi gerah.

Mencukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang tidak dicukur menjadi sarang bakteri dan juga keringat. Untuk menghindari hal tersebut, maka kawan cantik harus mencukurnya secara rutin.

Hal tersebut juga telah dibuktikan berdasarkan studi dari Journal of Cosmetic Dermatology. Kulit tanpa bulu ternyata lebih mudah dibersihkan sehingga tidak menyebabkan bau badan.

Melakukan Teknik Relaksasi

Keringat berlebih penyebab bau badan bukan hanya karena aktivitas yang padat. Beban pikiran yang menyebabkan stres juga menjadi pemicu keringat berlebih sehingga mudah mengalami bau badan.

Artikel Terkait  4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Apabila penyebab bau badan adalah stres, maka cara mengatasi bau badan yaitu dengan teknik relaksasi. Contohnya meditasi, yoga, atau menghirup lilin aromaterapi.

Menggunakan Deodoran

Bau badan pada umumnya dikaitkan dengan ketiak yang memproduksi keringat sehingga menyebabkan bau. Jadi kamu bisa memanfaatkan deodoran dan antiperspiran untuk mengatasi bau ketiak.

Produk deodoran memiliki kandungan alkohol yang bisa menghambat bakteri. Sedangkan antiperspiran memiliki kandungan aluminium yang dikenal mampu mengurangi produksi keringat yang berlebihan. Kamu bisa menggunakan deodorant body shop dengan aroma cherry blossom agar aroma badan menjadi lebih sedap.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bau badan hilang. Pastikan kawan cantik menerapkan hidup bersih dan sehat agar tidak ada lagi bau badan meskipun aktivitas padat. Semoga apa yang dibahas di atas bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar