Pilih Investasi Saham atau Cryptocurrency?

Saat ini selain saham, kawan cantik dapat memilih cryptocurrency sebagai instrumen berinvestasi. Saham dan cryptocurrency telah menjadi topik yang menarik dalam dunia investasi, menjanjikan peluang keuntungan yang besar namun juga membawa risiko yang signifikan. Namun, di balik kesamaan mereka sebagai aset investasi, terdapat perbedaan mendasar yang tidak hanya terletak pada nilai, sumber, atau volatilitas, tetapi juga pada fondasi teknis yang membentuk keduanya.

Untuk kawan cantik ketahui, aset tradisional seperti saham memiliki landasan yang telah terbangun selama bertahun-tahun dalam bursa saham yang diatur dengan ketat. Sebagai pemegang saham, memiliki kepemilikan kecil di perusahaan yang menerbitkan saham tersebut, dengan nilai saham tercermin dari kinerja dan prospek perusahaan.

Di sisi lain, cryptocurrency hadir dengan inovasi teknologi blockchain yang mendasarinya. Teknologi ini menghadirkan paradigma baru dalam hal kepemilikan aset digital dan pertukaran nilai, tidak terikat pada otoritas sentral dan dibangun di atas prinsip desentralisasi yang kuat. Kalian bisa mencari berita cryptocurrency hari ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai trend yang terjadi di dunia investasi berbasis blockchain ini.

Pengertian Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang mendasari sebagian besar cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum yang merupakan buku besar terdesentralisasi yang menyimpan catatan transaksi di seluruh jaringan komputer atau “node”. Namun, kekuatan sejati dari blockchain terletak pada beberapa karakteristik teknisnya yang membuatnya unik.

Blockchain tidak diatur oleh satu otoritas pusat. Sebaliknya, data disimpan secara terdistribusi di seluruh jaringan. Setiap node memiliki salinan lengkap dari blockchain, yang membuatnya sulit dimanipulasi karena perubahan harus disetujui oleh mayoritas jaringan. Teknologi blockchain menawarkan sistem yang aman, transparan, dan terdesentralisasi yang memungkinkan pertukaran data atau aset digital tanpa memerlukan kepercayaan pada otoritas pusat.

Artikel Terkait  Interval Training, Olahraga di Sela Kesibukan. Coba Saja!

Dasar Hukum Perdagangan Crypto di Indonesia

Di Indonesia, regulasi terkait cryptocurrency telah mengalami beberapa perkembangan sejak saat teknologi ini pertama kali muncul. Pada dasarnya, peraturan ini bertujuan untuk mengawasi penggunaan cryptocurrency serta melindungi konsumen dari potensi risiko yang terkait dengan aset digital ini.

Bank Indonesia pernah melarang peredaran mata uang kripto di tahun 2014 lho cantik, namun kemudian pemerintah merubah kebijakan dengan menugaskan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai badan yang mengawasi perdagangan berjangka komoditi di Indonesia, dan telah memberikan izin untuk perdagangan cryptocurrency sebagai komoditi berjangka. Mereka juga memperkenankan bursa kripto untuk beroperasi di Indonesia, namun dengan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi.

Perbedaan Saham dan Mata Uang Kripto

Saham adalah representasi kepemilikan kecil dalam sebuah perusahaan. Nilai saham tercermin dari kinerja, pertumbuhan, dan prospek perusahaan yang menerbitkannya. Sedangkan cryptocurrency adalah aset digital yang tidak terikat pada aset fisik atau perusahaan tertentu. Nilai kripto lebih bergantung pada permintaan dan penawaran di pasar serta adopsi teknologi yang mendasarinya.

Agar kawan cantik lebih mudah memahami perbedaan kedua jenis instrumen investasi ini yuk kita simak apa saja yang membedakan keduanya

Legalitas dan Regulasi

Saham diperdagangkan di bursa saham yang diatur dan diawasi oleh badan pengatur keuangan setempat dengan regulasi yang jelas. Kripto masih belum sepenuhnya diatur di banyak negara. Regulasi terkait cryptocurrency masih berkembang dan belum konsisten di seluruh dunia.

Volatilitas dan Risiko

Arti volatility adalah ukuran seberapa besar dan seberapa cepat harga aset atau sekuritas bisa berubah dari waktu ke waktu dalam periode tertentu. Dalam konteks keuangan, volatilitas sering kali diukur sebagai standar deviasi dari perubahan harian dalam harga suatu aset atau sekuritas selama suatu periode waktu tertentu.

Artikel Terkait  DepositoBPR by Komunal, Cara Praktis Mendepositokan Dana di BPR

Nilai saham cenderung stabil dengan fluktuasi yang lebih terkendali tergantung pada kinerja perusahaan dan kondisi pasar. Nilai kripto sangat volatil dengan fluktuasi harga yang besar dalam waktu singkat. Ini dapat menghasilkan keuntungan besar, tetapi juga berisiko tinggi.

Transparansi dan Informasi

Perusahaan yang menerbitkan saham wajib memberikan informasi secara transparan tentang kondisi keuangan dan kinerja perusahaan kepada investor. Tingkat transparansi pasar kripto masih rendah dan informasi yang tersedia tidak selalu terstruktur. Banyak informasi yang tersedia secara terbuka tetapi sering kali sulit untuk diverifikasi.

Teknologi yang Mendasarinya

Keunggulan mata uang kripto terletak pada penggunaan teknologi blockchain yang merupakan ledger terdesentralisasi yang memungkinkan transaksi tanpa kehadiran otoritas pusat. Saham diperdagangkan di bursa saham menggunakan infrastruktur perdagangan konvensional yang sudah mapan.

Sifat Investasi

Saham cenderung menjadi investasi jangka panjang dengan analisis yang cermat terkait kinerja perusahaan. Kripto sering kali dianggap sebagai investasi yang lebih spekulatif dengan potensi keuntungan besar dalam waktu singkat, namun juga memiliki risiko yang lebih tinggi.

Kepemilikan dan Struktur Investasi

Jika kawan cantik menginginkan portofolio kepemilikan perusahaan lebih menguntungkan jika memilih investasi saham, karena saham memberikan kepemilikan sebagian kecil dari perusahaan yang menerbitkannya. Investasi dalam kripto memberikan kepemilikan token digital yang dapat ditukar di pasar kripto.

Memilih untuk berinvestasi dalam saham atau kripto adalah keputusan yang tidak mudah ya cantik. Saat mempertimbangkan antara kedua jenis aset ini, penting untuk memahami perbedaan mendasar di antara keduanya. Saham menawarkan kestabilan yang terkait dengan kinerja perusahaan dan memiliki regulasi yang lebih mapan, sementara kripto menjanjikan volatilitas yang tinggi dengan potensi keuntungan yang cepat namun juga memiliki risiko yang lebih besar.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Flek Hitam Menahun, Dijamin bisa dengan Melakukan Hal Ini!

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pikirkanlah tujuan investasi kalian, toleransi risiko, dan pengetahuan tentang masing-masing aset. Jangan lupakan pentingnya melakukan riset yang cermat dan berkonsultasi dengan profesional keuangan untuk membantu kawan cantik membuat keputusan yang lebih terarah dan sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin kalian capai.

Ingatlah, berbeda dengan menabung, investasi selalu memiliki faktor risiko, tetapi pemahaman yang komprehensif dapat membantu kalian mengelola risiko dan mengambil langkah yang tepat menuju tujuan finansial kalian. Semoga dengan membaca artikel ini kawan cantik dapat membuat keputusan investasi dengan bijak.

Untuk kawan cantik yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Satu pemikiran pada “Pilih Investasi Saham atau Cryptocurrency?”

  1. Bagus informasinya kak. Karena saya pun setuju, di zaman sekarang memang kita harus mulai untuk berinvestasi untuk jangka panjang. Karena kita pun tidak tahu, ekonomi kita akan seperti apa di Tahun-tahun berikutnya.

    Balas

Tinggalkan komentar