Jenis, Penyebab dan Cara Atasi Stretch Marks

Kelahiran buah hati memang sangat menyenangkan, namun sebagai ibu, masalah stretch marks biasanya menghantui ibu menyusui.  Ya, karena pasca kehamilan otot otot yang tadinya meregang akan mulai mengendur. Tentunya menjadi masalah yang cukup serius ya cantik, kita menjadi kurang percaya diri lagi, apalagi Stretch yang cukup jelas dan cukup banyak tentunya akan membuat kita menjadi semakin insecure karena kulit sudah tak mulus lagi.

Stretch mark adalah garis atau gurat halus mirip bekas luka yang panjang dan bergelombang. Warnanya bisa berawal dari kemerahan atau keunguan, lalu lambat laun memudar menjadi putih atau semakin samar.

Contohnya termasuk kehamilan, kenaikan berat badan akibat obesitas, pertumbuhan yang sangat cepat pada remaja, efek samping obat, atau meningkat nya ukuran otot secara pesat melalui angkat beban. Stretch mark tak hanya muncul di paha. Masalah kulit yang sebenarnya tidak berbahaya ini juga bisa muncul di perut, payudara, pinggul, dan juga pantat.

Penyebab Stretch Marks

Lalu apa saja sebenarnya penyebab stretch marks? Kenali penyebabnya yuk cantik

Stretch Mark Pada Paha

Stretch mark sebenarnya bagian dari proses alami perubahan kulit. Melansir Healthline, stretch mark di paha bisa muncul ketika lapisan tengah kulit terlalu meregang.

Ketika serat ikat kulit terlalu meregang, jaringan tersebut bisa robek dan meninggalkan bekas luka. Bekas luka baru tersebut biasanya muncul kemerahan atau keunguan terlebih dahulu karena pembuluh darah di kulit mulai terlihat.

tips mengatasi stretch marks paha

Seiring berjalannya waktu, tampilan stretch mark akan memudar dan warnanya jadi keputihan dan susah dihilangkan.

Beberapa penyebab stretch mark di paha biasanya berasal dari:

  • Kehamilan
  • Berat badan naik
  • Efek samping angkat beban
  • Masa pubertas pada remaja
  • Pertumbuhan tubuh yang terlalu signifikan
  • Faktor genetika
  • Masalah kesehatan diantaranya, keseimbangan hormon, penggunaan steroid dan kortikosteroid, penyakit sindrom cushing, dan sindrom marfan.

Faktor usia dan warna kulit sangat mempengaruhi sehingga tampilannya stretch mark pada paha bervariasi.

Artikel Terkait  Jangan Asal Beli, Inilah 5 Jenis Bahan Kosmetika Berbahaya yang Perlu Kamu Waspadai

Cara menghilangkan Stretch mark pada Paha :

Perlu diketahui juga, tidak ada obat untuk stretch mark. Tapi ada beberapa perawatan untuk membantu memudarkan atau menghilangkan stretch mark.

Biasanya Stretch mark pada paha ini tidak menimbulkan atau meninggalkan rasa sakit, hanya sesekali pengidap merasakan gatal.

Berikut beberapa cara menyamarkan Stretch Mark pada paha yang bisa membantu menyamarkan garis halus pada kulit :

  1. Oleskan salep atau krim untuk menyamarkan bekas luka, tapi perlu diingat cara ini tidak bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit.
  2. Gunakan produk eksfoliasi untuk membantu pengelupasan kulit secara berkala. Dengan begitu, sel kulit mati di paha bisa terangkat dan regenerasi kulit bisa berjalan lebih cepat.
  3. Perawatan laser juga bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel kulit. Namun, perawatan ini relatif mahal dan butuh proses berulang atau tidak bisa instan.
  4. Selain laser, perawatan untuk menghilangkan stretch mark di paha bisa memanfaatkan mikrodermabrasi. Prosedur ini menggunakan kristal pengelupasan untuk mengurangi munculnya stretch mark

Strech Mark pada Perut

tips atasi stretch marks pada perut payudara dan paha

Stretch mark pada perut terjadi akibat peregangan yang terjadi pada kulit perut biasanya diakibatkan kehamilan. Selain itu, kurang mengonsumsi air putih, olahraga berlebihan, tidak menjalankan pola makan sehat, dan kekurangan vitamin C menjadi beberapa kebiasaan buruk yang menjadi pemicu stretch mark.

Cara menghilangkan Strecht Mark pada perut

  1. Oleskan Salep khusus untuk Stretch Mark, oleskan secara merata pada bagian perut yang membekas.
  2. Menggunakan Laser, jelas perawatan jenis ini lebih modern e dan dinilai lebih mudah diaplikasikan, hanya dalam hitungan menit, Perawatan Laser ini agar mendapatkan hasil yanh maksimal usahakan dilakukan secara berkala ya, Laser ini terbukti lebih ampuh dibandingkan metode lain.

Sayangnya untuk perawatan ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit dan ekstra, Bahkan jika tidak konsisten kalian tidak melakukan secara tuntas, bisa saja Stretch Mark akan muncul kembali.

Artikel Terkait  Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Stretch Mark pada Payudara

Penyebab munculnya Stretch Mark payudara biasanya sama halnya dengan Stretch Mark pada umumnya, stretch mark di payudara biasanya terjadi akibat volume payudara bertambah. Kondisi ini mengakibatkan kulit di sekitar payudara menjadi meregang dan muncul guratan.

Cara menghilangkan atau menyamarkan Stretch Mark pada payudara 

Terapi laser adalah satu-satunya perawatan medis yang terbukti efektif dalam menghilangkan Stretch Mark di payudara. Dokter kulit bisa menentukan cara pengobatan stretch mark yang tepat.

Untuk perawatan menyamarkan bagian tubuh yang ada Stretch Marknya hampir sama.

Tips hilangkan atau samarkan Stretch Mark secara Alami

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah produk kecantikan yang sedang populer belakangan ini. Gel lidah buaya akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga secara perlahan stretch mark tersebut akan hilang. 

manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut

Kawan cantik cukup mengoleskan gel tersebut secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilaslah dengan bersih.

Minyak Zaitun

Hal yang membuat minyak zaitun cocok dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark adalah kandungan zat linoleic acid-nya. Zat ini ampuh untuk menjaga kandungan air pada kulit, sehingga Stretch Mark pasti akan pudar perlahan. 

Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. 

Baca Juga Manfaat Minyak Zaitun

Kawan cantik cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada stretch mark.

Putih Telur

Sama seperti gel lidah buaya, putih telur juga ampuh untuk mengenyalkan wajah sekaligus mencerahkannya. Hal ini lantaran putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang baik. 

Jika cantik ingin mengurangi bau amisnya, kalian dapat menambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Gula

Yang manis manis mana suaranya? Selain cocok untuk teman minum teh dan juga kopi, siapa nih disini yang baru tahu manfaat dari Gula? Ya gula merupakan salah satu bahan alami melawan stretch marks, hmm ada yang baru tahu?

Artikel Terkait  Apa Manfaat Bioglass bagi Kesehatan?

Dengan menggunakan gula sebagai scrub alami, maka kulit yang terasa kasar akan menjadi lebih lembut. Kalian dapat mencampurkan gula dengan madu, kemudian gosokkan perlahan pada area stretch mark sehabis mandi.

Minyak Vitamin E

Kalau yang satu ini, Cantika yakin kawan cantik sudah sangat memahami manfaat Vitamin E yang memang sudah dikenal luas mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Cantik dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lotion

Dengan menggunakan lotion yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki juga akan menghilangkan Stretch Mark perlahan. Gunakanlah setiap hari, agar stretch mark hilang dan kulit semakin kenyal dan sehat.

Bubuk Coklat

Kawan cantik yang suka bereksperimen di dapur tentu selalu sedia bahan ini, wajib banget ada di dapur dong. Apabila cantik sering membuat kue di rumah, bubuk coklat yang biasa jadi bahan pembuat kue ini dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. 

bubuk cokelat stretch marks

Buatlah pasta dari bubuk coklat yang hanya diberi sedikit air, lalu oleskan pada stretch mark sebanyak dua kali sehari. Nah gimana nih cantik sudah ada gambaran kan cara atasi stretch Mark ini, jadi kalian ga perlu risau lagi, bisa banget dicoba di rumah dengan menggunakan menggunakan bahan alami.

Tapi memang semua ga ada yang instan ya cantik, memerlukan proses dan harus sabar serta telaten untuk hasil yang maksimal.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar