Perbedaan SPF dan PA, Terlihat Sama tapi Berbeda

Ketika membeli produk sunscreen, Kamu pasti akan melihat dua kode penting yaitu SPF dan PA. Kedua kode tersebut menjadi tanda bahwa produk sunscreen mampu menahan sinar ultraviolet baik UVA maupun UVB yang memberikan efek buruk pada kulit. Sinar UVA akan masuk hingga lapisan dermis kulit, kemudian merusak struktur dan kolagen kulit. Sedangkan sinar UVB merusak lapisan permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit terbakar dan iritasi.

Ini Perbedaan SPF dan PA

SPF dan PA wajib ada di dalam produk sunscreen yang Kawan cantik beli. Meskipun sama-sama memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet, namun keduanya juga memiliki perbedaan mencolok. Perbedaan SPF dan PA yang paling utama adalah perbedaan perlindungan terhadap jenis ultraviolet yang mengancam kulit kita. Bagi Kawan cantik yang belum mengetahui perbedaan SPF dan PA, simak artikel ini!

perbedaan dampak sinar UVA dan UVB

SPF (Sun Protection Factor)

Sun Protection Factor atau SPF merupakan kode angka yang menunjukkan seberapa baik produk sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar UVB. SPF bisa menentukan berapa lama kulitmu mampu bertahan dari sinar matahari tanpa mengalami kulit terbakar atau sunburn.

Sebagai contoh jika Kamu beraktivitas di luar ruangan tanpa sunscreen saat kondisi cuaca sangat terik, maka kulit hanya akan bertahan selama 15 menit saja. Setelah 15 menit tersebut, kulit akan terbakar dan terlihat kemerahan.

Namun jika menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30, Kamu bisa bertahan sekitar 300 menit atau 5 jam di bawah sinar matahari. Artinya SPF 30 mampu memberikan perlindungan selama 300 menit. Selain itu, angka SPF 30 berarti kulit akan bertahan 30 kali lebih lama saat terkena sinar matahari secara langsung.

perbedaan spf dan pa

Angka pada kode SPF juga mengacu pada seberapa banyak sinar UV diblokir oleh produk sunscreen. SPF 15 mampu memberikan perlindungan sebanyak 93% dari sinar UVB, SPF 30 sebanyak 97%, SPF 50 sebanyak 97%, dan SPF 100 sebanyak 100%. Menurut ahli kulit, SPF minimal yang bisa digunakan yaitu 30 agar mampu menghalangi 97% sinar UVB.

Artikel Terkait  Mudah! 3 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Beberapa orang penasaran apakah benar semakin tinggi SPF, semakin baik untuk kulit wajahnya. Hal tersebut benar karena risiko kulit terbakar akibat UVB semakin berkurang. Meskipun begitu, SPF yang tinggi tidak menjadi jaminan bahwa kulit terlindungi dengan optimal saat berada di bawah sinar matahari.

Ada beberapa hal yang memengaruhi efektivitas penggunaan sunscreen. Faktor tersebut yaitu perubahan suhu dan cuaca, waktu paparan, jenis kulit (orang yang memiliki kulit terang lebih mudah mengalami sunburn), cara mengaplikasikan sunscreen, banyak sunscreen yang digunakan, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan efektivitas penggunaan sunscreen, Kawan cantik harus menggunakan sunscreen berlabel broad spectrum yang juga bisa melindungi kulit dari UVA, bukan hanya UVB saja. Selain itu, gunakan sunscreen dengan cara yang tepat, pakai busana tertutup, dan batasi aktivitas di bawah sinar matahari.

PA (Protection Grade of UVA)

perbedaan SPF dan PA skincare sunscreen sun block

Sesuai dengan namanya, PA merupakan kode yang menunjukkan kadar perlindungan dari sinar UVA. Selain SPF, PA sangat penting di produk sunscreen. Jadi jangan hanya memperhatikan kode SPF saja, namun perhatikan juga kode PA yang ada di kemasannya.

Grade PA pertama kali dikenalkan di negara Jepang. Mereka memperkenalkan PA untuk memberikan informasi mengenai level proteksi produk sunscreen. Berbeda dengan SPF yang ditunjukkan dengan angka, grade PA ditunjukkan dengan simbol plus (+). Semakin banyak plus yang ada setelah kode PA, maka semakin tinggi tingkat proteksinya.

SPF berguna untuk melindungi kulit dari sinar UVB sehingga bisa terhindar dari sunburn. Sedangkan PA memberikan proteksi dari sinar UVA. Proteksi tersebut bisa melindungi kulit dari efek buruk jangka panjang seperti penuaan hingga kanker kulit. Oleh sebab itu, keduanya wajib ada di produk sunscreen yang akan Kamu beli.

Artikel Terkait  5 Serum Wajah Glowing Berkualitas, Selain Mencerahkan Wajah Juga Anti Penuaan Dini

Produk sunscreen pada umumnya menggunakan tingkat proteksi PA berjumlah tiga plus (PA+++). Asumsinya pengguna menggunakan produk sesuai dengan kadar medium. Grade PA+ sendiri menunjukkan sedikit perlindungan dari UVA, PA++ menunjukkan perlindungan UVA yang cukup, PA+++ menunjukkan perlindungan yang tinggi dari UVA, dan PA++++ menunjukkan perlindungan yang sangat tinggi.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan SPF dan PA yang perlu Kawan cantik ketahui. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa keduanya tidak boleh dilewatkan. Pastikan membeli sunscreen dengan kandungan SPF dan PA yang tepat agar terlindungi dari bahaya sinar matahari. Beberapa pilihan produk tersebut antara lain Lacoco Daily UV Counter dan Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Tinggalkan komentar