Cara Alami Atasi Kulit Kaki Pecah-pecah

Kaki pecah-pecah bisa terjadi karena kulit kaki tidak sehat sehingga cenderung keras dan kering, jika parah bisa terasa nyeri dan ngilu, tentunya menjadi masalah serius yang jangan di anggap remeh ya Kawan cantik.

Penyebab Kaki Pecah-pecah

Umumnya, kaki pecah-pecah disebabkan oleh kondisi kulit yang kering kemudian terjadi penebalan. Tekanan dan gesekan yang terus-menerus mengakibatkan retak sehingga terjadilah pecah-pecah.

Meskipun ada beberapa alasan mengapa tumit pecah-pecah, itu juga bisa menjadi indikasi kekurangan vitamin. Vitamin C, E dan B 3 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan tumit pecah-pecah bisa menjadi tanda kekurangan vitamin ini, terutama di negara-negara berkembang.

Meskipun dibilang sekilas sepele dan dianggap bukan masalah serius, tetap saja ketika tumit kaki pecah- pecah tetap perlu dirawat, kenapa? Karena hal itu menimbulkan ketidaknyamanan ketika kita berjalan, sekaligus juga mengantisipasi mencegah terjadinya infeksi.

Kaki pecah-pecah umum dialami siapa saja, termasuk anak – anak apakah kawan cantik sedang mengalaminya sekarang ini? 

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Mulai dari terlalu lama mengenakan sepatu, salah menggunakan sabun, hingga kaki terlalu lama terendam di dalam air, sehingga menyebabkan tumit kehilangan kelembabannya.

Walaupun bukan masalah yang serius kendati demikian kaki pecah – pecah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berjalan, memakai high heels,  sampai rasa nyeri saat berjalan.

Jadi jangan dianggap remeh dan dibiarkan saja sampai parah ya Kawan cantik, Yuk ketahui cara atasi kaki pecah – pecah di sini.

Cara Mencegah Kaki Pecah-pecah

Area tumit mengalami penebalan kemudian bersisik, kulit kaki retak, mengelupas, gatal, bahkan berdarah atau istilahnya sampai ada kapalan di tumit kaki.

Jika area tersebut muncul tanda – tanda seperti di atas kondisi tersebut tandanya kulit tumit kalian sedang kering ya kawan cantik. Segeralah melakukan perawatan, sebelum kondisi ini semakin memburuk dan menimbulkan masalah yang lebih serius nantinya.

Pasalnya, kaki yang dibiarkan kering hingga pecah-pecah bisa membuat kamu kesakitan atau merasa tidak nyaman saat berdiri atau berjalan. Bahkan kakimu juga bisa berdarah karena terlalu kering.

Berikut adalah cara-cara mengatasi kaki pecah-pecah :

Jaga kebersihan kaki

Yang paling utama adalah menjaga kesehatan atau kelembaban area tumit kaki, apalagi ketika sudah ada indikasi kaki pecah- pecah usahakan selalu bersih dan kering setiap hari.

Artikel Terkait  Yakin Nih! Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Jaga Kecantikan Kamu

Pemilihan sabun juga tak kalah penting, yaitu tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta mengandung alkohol dan pewangi yang dapat membuat kulit semakin kering.

Sebaiknya gunakan sabun yang berbahan ringan serta mengandung pelembab alami.

Gunakan Pelembab Kaki

Oleskan pelembab kaki yang mengandung petroleum jelly pada kaki pecah – pecah. Lalu bungkus menggunakan kaos kaki yang nyaman tentunya lakukan setelah selesai aktivitas yaitu malam hari.

Mandi dengan Air Dingin

Air hangat memang cocok untuk mandi, berendam ketika badan pegal-pegal, namun ketika kaki kamu sedang dalam keadaan meradang pecah- pecah sebaiknya gunakan air dingin ya.

Karena Air panas justru membuat kulit semakin panas dan kering, jadi usahakan pakai air dingin ya.

Gunakan Krim Kaki

Pilihlah krim kaki yang mengandung urea, asam salisilat, asam alpha-hidroksi, dan sakarida isomerat untuk mengatasi kaki pecah-pecah. 

Kandungan tersebut bermanfaat melembapkan kaki, mengatasi kulit kapalan atau tebal, dan menjaga agar kulit kaki selalu terhidrasi.

Perbanyak Minum Air Putih

Hayo siapa disini yang masih susah banget untuk rutin minum air putih? Air putih dengan segudang manfaatnya, Minum banyak air putih merupakan cara untuk menjaga seluruh tubuhmu terhidrasi. 

Mulai dari bibir, tenggorokan, bahkan sampai kulit kaki. Penuhi kebutuhan air dalam tubuhmu dengan perbanyak minum air putih, agar kulit kakimu yang kering dan pecah-pecah dapat teratasi.

Cara Alami atasi Kaki Pecah- Pecah

Selain dari beberapa tips di atas, Ada beberapa cara mengatasi tumit kaki pecah – pecah menggunakan bahan – bahan yang Alami. Apa sajakah? mari kita simak bersama 

Rendam Kaki Dalam Air Lemon & Garam

Air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan garam juga dapat mengatasi kaki pecah-pecah. Lemon bermanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit, sedangkan garam berkhasiat mencegah infeksi timbul pada kaki.

rendam kaki di air garam mengatasi kulit pecah-pecah

Lakukan terapi ini saat malam atau saat hendak mandi sore selepas pulang kerja.

Gunakan batu Apung dan getah Pepaya Muda

Melansir dari Buku Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh ©Go Dok, jika Anda sudah terlanjur memiliki tumit kaki pecah-pecah, maka cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengembalikan nutrisi dan asupan vitamin untuk mencegah terjadinya kulit kering.

Selain itu, pada dasarnya, memakai lotion yang mengandung pelembab sebenarnya sudah cukup membantu mengatasi permasalahan kulit kaki pecah-pecah. 

Artikel Terkait  9 Cara Merawat Rambut Berketombe

Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah batu apung setelahnya. Gosok bagian Tumit kaki yang pecah-pecah dengan batu apung kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu diikuti dengan mengoleskan getah pepaya diatasnya.

Lakukan secara rutin dan teratur hal ini dapat menghilangkan sel – sel kulit mati di telapak kaki atau tumit kaki.

Bawang putih dan Madu

Kandungan Antibakteri dan antimikroba pada bawang sangat ampuh untuk mengobati kaki pecah- pecah. Mengoleskan Bawang putih beserta madu secara rutin akan mengurangi dan menyembuhkan kaki pecah-pecah.

Kandungan bahan keduanya dipercaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit, sekaligus mempercepat penyembuhan kaki pecah- pecah.

Caranya adalah dengan Parut terlebih dahulu bawang putih sebanyak 4 siung, kemudian campurkan dengan sedikit air bersih. Oleskan pada bagian yang pecah- pecah usahakan ketika akan tidur malam hari. Saat bangun tidur kemudian bersihkan dengan air yang bersih dan dingin, kemudian oleskan madu setelahnya.

Masker Pisang

masker pisang untuk kulit pecah-pecah

Kedengarannya sangat Lezat yaa bahan dasarnya sendiri adalah buah pisang, tapi apa hubungannya Masker pisang dengan kesehatan tumit? Melansir India Times, hancurkan pisang kecil dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh madu di dalamnya. Kocok dengan baik hingga menjadi pasta atau gel.

Oleskan pasta ke seluruh tumit kaki yang pecah-pecah dan gosok perlahan. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut hingga beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Pisang adalah pelembab kulit alami, pisang mengandung vitamin A, B6, dan C, yang semuanya membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Sementara, madu akan membantu kulit tetap terhidrasi dengan menarik air dari jaringan dalam ke lapisan luar kulit.

Masker Alpukat

Selain pisang ada pula buah yang sangat bermanfaat untuk obat kaki pecah-pecah ya kawan cantik. Kandungan apa sih yang ada dalam buah lezat ini?

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi yang dapat mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah. Untuk memanfaatkan alpukat, Anda bisa mencampurnya dengan buah pisang, madu, atau keduanya. 

Setelah dibuat pasta, oleskan alpukat ke bagian tumit kaki yang pecah-pecah dan biatkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas kaki dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Artikel Terkait  Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang patut kita coba adalah Minyak kelapa, Melansir Health Line, minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering, eksim, dan psoriasis. 

Pasalnya, minyak kelapa dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban.Sifat anti-inflamasi dan antimikroba minyak kelapa dapat memperbaiki tumit pecah-pecah yang rentan berdarah atau mengalami infeksi.

Aplikasikan ke area tumit pecah- pecah setelah proses perendaman dan kaki dalam keadaan sudah bersih.

cara alami atasi kaki pecah-pecah

Minyak Zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa kandungan didalamnya untuk melembabkan kulit, Minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit serta merangsang sirkulasi darah, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Mengoleskan minyak zaitun setelah merendamkan kaki bisa menjadi pilihan yang baik sebagai cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah secara alami.

 Masker Oatmeal

Oatmeal sudah dimanfaatkan selama ratusan tahun untuk menyembuhkan kulit iritasi dan meradang. Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau jenis minyak sayur lainnya sebagai cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah secara alami.

Pertama, campurkan dulu 1 sendok makan oatmeal kering dan 1 sendok makan minyak kelapa. Aduk merata kedua bahan itu hingga membentuk pasta. Oleskan masker oatmeal pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah dan diamkan hingga meresap ke dalam kulit selama 30 menit.

Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Ulangi langkah tersebut beberapa kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah beberapa diantaranya cara mengatasi Kaki yang infeksi atau pecah- pecah yang dapat dipraktekkan secara mandiri. Selain itu pemilihan alas kaki yang tepat juga sangat berpengaruh, sehingga tidak terlalu sempit dan menyiksa tumit.

Diperlukan sepatu yang pas bisa menopang tumit dengan baik, bila kamu memiliki masalah kaki yang satu ini. Selain itu juga menjaga kelembaban tumit kaki sangatlah penting, tetap rutin minum air putih dan juga memakai pelembab kaki secara rutin.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar