Mau Pasang Kawat Gigi, Ketahui Dulu Manfaat, Jenis-Jenis dan Biayanya!

Informasi mengenai biaya pasang behel tentu saja dibutuhkan Anda yang ingin memasang kawat gigi. Biaya pasang behel sangat bervariasi pada setiap individu. 

Tergantung dari bahan dan jenis kawat gigi, teknik pemasangan, tarif dokter yang menangani, hingga lokasi di mana Anda melakukannya. Untuk Anda yang berada di wilayah Tangerang dan sekitarnya, bisa cek biaya pasang behel di Tangerang agar dapat disesuikan dengan kemampuan finansial.

Sama seperti halnya ketika Anda ingin menjalani perawatan kendaraan enam bulan sekali dengan tune up mobil, tentu saja informasi mengenai daftar biaya tune up mobil dan jenisnya menjadi hal penting untuk diketahui.

Lantas, sebenarnya berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang kawat gigi? Buat mengetahuinya, mari simak pemaparan berikut.

Manfaat Memakai Kawat Gigi

Sebelum mengetahui jenis-jenis kawat gigi dan kisaran biayanya, mari kita pahami terlebih dahulu apa saja manfaat memakai behel:

1. Untuk menjaga kesehatan gigi

Memakai kawat gigi dapat mengatasi berbagai masalah ortodontik mulai dari gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan sebagainya. 

Dengan behel, struktur gigi Anda akan lebih selaras dengan cara yang paling tepat, dan ni dapat meningkatkan kebersihan gigi.

2. Lindungi gigi dari kerusakan

Pemilik pola gigitan tidak rata atau masalah ortodontik lainnya memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi, mulai dari gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini.

cara membersihkan behel kawat gigi

Karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Behel bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk, sekaligus menjaga kesehatan gigi.

3. Meringankan masalah makan

Banyak orang menghadapi kesulitan dalam mengunyah atau menggigit makanan karena gigi yang tidak rata. Jika kondisi itu tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. 

Artikel Terkait  5 Ide Me Time untuk Wanita, Mana yang Paling Kamu Suka?

Karena itu, memakai kawat gigi menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah makan Anda.

4. Sebagai estetika

Memakai behel juga dapat meningkatkan penampilan keseluruhan gigi. Setelah gigi yang tidak rata dan tidak beraturan diperbaiki, maka senyum indah menjadi bonus yang akan didapat.

cara menjaga kesehatan kawat gigi behel

Dengan perubahan tersebut, maka akan meningkatkan kepercayaan diri, sehingga Anda lebih bebas mengekspresikan diri secara terbuka.

Jenis-Jenis Kawat Gigi dan Biayanya

Berikut ini adalah biaya pasang kawat gigi pada umumnya di Indonesia sesuai dengan jenis-jenis yang digunakan:

1. Behel Gigi Konvensional

Metal braces atau kawat gigi konvensional merupakan jenis behel yang paling banyak digunakan saat ini. Biasanya, lama perawatan behel jenis ini adalah sekitar 2 tahun. 

Behel gigi ini dibuat dari bahan logam stainless steel yang ditempelkan pada depan gigi dengan semen khusus. 

Selanjutnya, logam pada masing-masing gigi dihubungkan dengan kawat khusus (wire) dan karet elastis (elastic band) untuk memberikan tekanan terhadap gigi supaya bergeser perlahan pada posisi yang diharapkan. Umumnya, biaya perawatan jenis behel ini ini adalah sekitar Rp7,5 juta – Rp20 juta.

2. Behel Lingual

Kawat gigi lingual atau lingual braces pada dasarnya memiliki kesamaan dengan jenis kawat gigi konvensional. Hanya saja, letak bracket berada pada sisi dalam gigi, sehingga keberadaan kawat gigi tersebut tidak terlihat dari luar. 

Pasien yang menggunakan kawat gigi jenis ini biasanya akan mengalami perubahan artikulasi bicara selama 1-3 bulan setelah pemasangan behel. 

Kawat gigi ini juga bisa berisiko mengganggu kebersihan lidah serta menyebabkan rasa sakit. Jenis pemasangan dan perawatan behel lingual umumnya mencapai Rp22 juta – Rp35 juta.

3. Behel Keramik

Behel jenis ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan behel konvensional, yaitu lebih tidak terlihat. Pasalnya, jenis behel ini menggunakan bracket gigi yang terbuat dari bahan bening yang warnanya hampir serupa dengan gigi. 

Artikel Terkait  Social Anxiety Disorder: Gejala Sosial yang Perlu Ditangani

Meski begitu, warna kawat gigi keramik ini dapat cepat berubah jika mengonsumsi minuman atau makanan yang menimbulkan noda, misalnya kopi. Bukan hanya itu, behel ini juga lebih rapuh dan mudah pecah. 

Untuk itu, dibutuhkan waktu lebih banyak untuk merawat gigi saat menggunakan behel ini. Bagaimana dengan biayanya. Umumnya, pemasangan dan perawatan behel keramik dibanderol Rp25 juta – Rp50 juta.

4. Behel Self Ligating

Jenis behel ini memiliki penampilan yang sama dengan kawat gigi konvensional. Namun, behel self ligating memiliki klip logam kecil pada bracket. Logam kecil tersebut bisa mengunci dengan sendirinya, sehingga tidak membutuhkan karet. 

Hal tersebut tentunya menciptakan sedikit gesekan, sehingga lebih mudah bagi kita untuk menyikat gigi di antara behel. 

Dengan begitu, maka kebersihan gigi lebih mudah dijaga selama perawatan. Untuk biayanya sendiri, behel self ligating biasanya membutuhkan dana sekitar Rp25 juta – Rp40 juta.

Itulah informasi mengenai manfaat memakai kawat gigi dan jenis-jenis serta biaya pasang behel. Jadi, mau memakai behel yang mana?

Tinggalkan komentar