ASI Booster Terbaik untuk Memperbanyak Produksi Susu Ibu

Menjadi seorang ibu untuk kali pertama dan memiliki buah hati adalah keinginan kita semua ya kawan cantik, harapan kita anak kita terlahir dengan selamat dan sehat tidak kurang suatu apa.

Sebagai seorang ibu baru, banyak kawan cantik yang mengalami kesulitan dalam memberikan ASI, hal itu sangat wajar karena untuk anak pertama selain tantangan pengalaman baru juga karena kita belum pernah menyusui. Tidak jarang seorang ibu muda mengalami baby blues karena merasa stress akibat air susu nya tidak segera keluar.

Sementara si kecil sudah lapar dan tidak jarang anggota keluarga lain tidak sabar dengan tangisan si kecil. Padahal, hal tersebut bukan karena salah kita, tetapi karena tubuh kita masih perlu penyesuaian yang berbeda dengan kebanyakan ibu lain.

Agar proses menyusui lancar, kawan cantik sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak produksi ASI. Tentunya, kawan cantik akan lebih aman jika mengkonsumsi ASI booster alami.

Makanan Alami untuk ASI Booster Terbaik

asi booster untuk memperbanyak produksi asi kental

Nah di artikel kali ini, Cantika akan kasih tau semua kawan cantik apa aja sih ASI booster terbaik dari bahan alami dan aman untuk kita semua. Langsung saja yuk

Daun Katuk

Daftar pertama kita untuk sayur alami penambah ASI adalah daun katuk, daun ini sudah dipercaya dan digunakan oleh masyarakat di sekitar kita sebagai salah satu ASI booster terbaik. Daun katuk memiliki kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan hormon prolaktin yang bertugas mempercepat dan melancarkan produksi ASI.

membuat asi booster alami dari daun katuk

Selain manfaat daun katuk untuk ASI booster, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan zat besi, kalsium, fosfor dan asam folat untuk membantu perkembangan si kecil. Kandungan fosfor bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Kawan cantik juga dapat mengolah daun katuk dalam bentuk jus maupun puding agar lebih menggugah selera.

Artikel Terkait  6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Tahu

Daun Kelor

Sayuran penambah ASI lain adalah daun kelor. Daun yang banyak ditemukan di wilayah Asia dan Afrika ini kaya akan kandungan kalsium dan zat besi. Kedua nutrisi ini dibutuhkan oleh ibu untuk mempercepat masa pemulihan pasca bersalin lho kawan cantik.

Daun kelor dapat merangsang kelenjar susu dan memperbanyak produksi ASI.

Wortel

Sayuran yang berasal dari akar serat ini sangat baik untuk menambah kelancaran proses menyusui. Kandungan fitoestrogen dalam wortel diyakini mampu meningkatkan efek laktogenik pada ibu menyusui agar produksi ASI tetap lancar.

wortel penambah asi booster kental dan lancar

Kawan cantik dapat memilih untuk mengkonsumsi wortel secara mentah, merebusnya, atau dipadukan dengan makanan lain seperti brokoli.

Oatmeal

Biji oatmeal merupakan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai rentang usia, mulai dari anak kecil sampai manula, termasuk juga ibu hamil dan menyusui. Oatmeal dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin pada ibu menyusui.

Bicara soal menu oatmeal, pasti kawan cantik punya banyak referensi mengolahnya menjadi makanan apa, bisa dibuat cookies, kue, minuman berenergi maupun bubur oatmeal.

Salmon

kandungan salmon untuk memperlancar dan memperbanyak ASI booster

Kandungan omega 3 pada ikan salmon merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan perkembangan otak pada 1000 hari pertama usia manusia. Tidak heran jika ibu hamil dan menyusui disarankan mengkonsumsi ikan salmon karena memiliki protein berkualitas tinggi, serta kandungan vitamin D dan B12 yang baik untuk perkembangan bayi.

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, ibu menyusui yang rajin mengkonsumsi makanan ASI Booster dari ikan salmon ini memiliki pengalaman menyusui yang lebih lancar dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi Salmon.

Biji Wijen

Biji wijen juga bisa digunakan sebagai bahan makanan alami penambah produksi ASI, kandungan fitokimia seperti Quercetin dan Sesamin diyakin meningkatkan sekresi prolaktin dan suplai ASI. Semakin tinggi hormon prolaktin akan memperbanyak dan mengentalkan ASI.

Artikel Terkait  Menjaga Kebersihan Area Pribadi Wanita

Kawan cantik bisa menggunakan biji wijen untuk membuat camilan, pasta, sandwich maupun salad untuk dikonsumsi.

Nah itulah beberapa referensi makanan alami yang bisa kawan cantik gunakan sebagai ASI booster. Tentunya, kawan cantik tetap harus menjaga kesehatan selama proses menyusui, karena proses menyusui juga melelahkan selain karena waktu tidur yang berubah banyak mengikuti si kecil.

Yuk share pengalaman kawan cantik selama proses menyusui si kecil di kolom komentar

 

Tinggalkan komentar