Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kulit wajah yang paling sering dialami oleh wanita adalah jerawat. Penyebab jerawat dapat berasal dari berbagai hal. Sebenarnya bukan hanya wanita saja, pria juga bisa mengalami masalah jerawat. Masalah kulit wajah tersebut dianggap umum dan wajar.

Meskipun begitu, Kamu harus segera mengatasinya karena jerawat bisa mengganggu penampilan seperti dapat meninggalkan bekas bopeng di wajah. Bahkan dalam kondisi yang parah, jerawat yang meradang bisa terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas.

Sebelum mengetahui cara mengatasi jerawat, Kamu juga perlu mengetahui penyebabnya berikut ini:

Penyebab Jerawat

Jerawat disebabkan oleh beberapa faktor, adapun faktor-faktor tersebut yaitu sebagai berikut:

Pola makan buruk

Penyebab jerawat yang pertama adalah pola makan kurang sehat yang Kamu terapkan. Pola makan yang dianggap buruk yaitu sering mengonsumsi makanan berlemak, makanan tinggi karbohidrat, terlalu pedas, manis, kurang vitamin dan serat.

Makanan-makanan tersebut bisa membuat jerawat muncul secara terus menerus. Apalagi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan tersebut bisa meningkatkan insulin penyebab jerawat.

Hormon

Hormon merupakan penyebab jerawat yang paling sering dialami oleh wanita maupun pria. Biasanya jerawat muncul karena pengaruh hormon saat menstruasi, pubertas, hamil, pil KB, anoreksia, dan lain sebagainya.

Kadar hormon androgen dan estrogen di dalam tubuh tidak seimbang sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Penangannya harus dilakukan dengan benar karena hormon memang berbeda dengan penyebab-penyebab lainnya.

Tidak membersihkan wajah dengan baik

Ada beberapa wanita yang langsung tidur tanpa membersihkan makeup yang baru saja ia gunakan. Hal tersebut termasuk kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan jerawat.

penyebab jerawat dan cara mengatasinya

Tidak membersihkan wajah membuat penumpukan sel kulit mati dan kotoran menyumbat pori. Karena hal tersebut, bakteri mudah berkembang sehingga menyebabkan jerawat.

Artikel Terkait  Apa Aja Sih Manfaat Vitamin E?

Bukan hanya tidak membersihkan wajah saja, Kamu yang membersihkan wajah tidak sampai bersih juga berisiko terkena jerawat. Lakukan double cleansing untuk memastikan wajah bersih dengan sempurna.

Stres

Kondisi stres yang terjadi pada seseorang sebenarnya tidak langsung memengaruhi munculnya jerawat. Namun stres yang membuat tertekan bisa memperparah kondisi peradangan kulit.

Bukan hanya itu saja, stres parah juga bisa meningkatkan hormon kortisol. Hormon tersebut merangsang kelenjar minyak yang meningkatkan risiko terjadinya jerawat.

Produk perawatan wajah yang tidak cocok

Penyebab jerawat yang juga sering terjadi adalah tidak cocok saat memilih produk perawatan. Setiap produk perawatan memiliki formulasi untuk jenis kulit tertentu. Apabila formulasi tidak tepat maka bisa menyebabkan purging, bruntusan, hingga breakout.

Cara Mengatasi Jerawat

Kamu bisa mengatasi jerawat dengan beberapa cara berikut ini:

Mengonsumsi makanan bergizi

Jika ingin menghilangkan jerawat maka Kamu harus memulainya dari mengubah pola makan. Pastikan Kamu sudah memiliki pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Beberapa buah dan sayur yang direkomendasikan adalah stroberi, apricot, jeruk, wortel, bayam, ubi jalar, blueberry, dan tomat. Makanan-makanan tersebut dianggap mampu meminimalisir jerawat semakin parah.

Jangan lupa juga untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih agar tubuh dan kulit terhidrasi.

Menggunakan produk perawatan wajah yang tepat

Jika Kamu mengalami masalah jerawat setelah menggunakan produk perawatan wajah tertentu. Sebaiknya mulailah untuk berhenti menggunakannya agar tidak semakin parah.

Produk perawatan wajah yang cocok sebagai pengganti adalah produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida, sulfur, asam salisilat, dan resorsinol. Untuk memaksimalkan perawatan, Kamu juga bisa melakukan terapi fotodinamik.

Menggunakan handuk khusus wajah

penyebab jerawat handuk khusus wajah

Apakah Kamu masih menggunakan handuk yang sama saat mengeringkan badan dan wajah? Jika iya, maka segera beli handuk yang memang khusus untuk wajah.

Artikel Terkait  8 Cara Merawat Wajah Bopeng Bekas Jerawat

Handuk mandi dan wajah yang sama bisa memicu munculnya jerawat karena bakteri yang mungkin ada di badan bisa berpindah ke wajah.

Memeriksakan jerawat ke dokter kulit

Ada beberapa macam kondisi jerawat yang biasa dialami seseorang. Pada kondisi jerawat ringan, Kamu hanya perlu melakukan perawatan sederhana dengan produk skincare yang tepat.

Namun dalam kondisi jerawat parah seperti muncul nanah, kemerahan, dan terasa perih, sebaiknya periksakan ke dokter kulit. Dokter akan memberikan saran penanganan yang tepat agar cepat sembuh.

Itulah pembahasan mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Segera lakukan perawatan apabila ada tanda-tanda muncul jerawat. Jangan sampai jerawat sudah parah baru Kamu mulai mengatasinya. Semoga apa yang dibahas di atas bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan komentar