Jangan Asal Beli, Inilah 5 Jenis Bahan Kosmetika Berbahaya yang Perlu Kamu Waspadai

Kaum wanita tentu tak bisa lepas dari produk kosmetik untuk mempercantik riasan wajah. Bagaimanapun juga, perlengkapan kosmetik dapat menambah rasa percaya diri dan membuat tampilan kamu jadi lebih menarik. Kini banyak sekali produk kosmetik yang beredar di pasaran sehingga menuntut kamu untuk lebih cermat dalam memilih. 

Berbagai jenis brand berlomba menghadirkan produk kosmetik yang menarik perhatian. Namun, apakah semua produk tersebut aman untuk digunakan?

Bahan Kosmetika Berbahaya

Ternyata tidak semua produk kosmetik aman untuk digunakan, lho. Meski setiap brand berlomba-lomba menawarkan keunggulan masing-masing, namun tidak dapat dipungkiri jika ada oknum produsen yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dan wajib untuk dihindari karena bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah. 

daftar bahan kosmetika berbahaya

Sebagai konsumen yang cerdas, sebaiknya kamu membaca komposisi bahan kosmetik sebelum menggunakannya. Berikut ini adalah 5 jenis bahan kosmetika berbahaya yang harus kamu waspadai:

  • Merkuri

Pertama ada bahan merkuri yang sudah sejak lama populer sebagai bahan kosmetik yang berbahaya. Merkuri ini seringkali digunakan pada produk perona wajah, eye shadow, juga bedak. Selain itu merkuri juga sering ditemui pada produk pemutih kulit. Sayangnya, merkuri tidak begitu baik untuk digunakan sebagai produk kosmetik. 

Merkuri bisa menyebabkan berbagai jenis gangguan kesehatan jika terserap oleh tubuh. Bahan ini bisa memicu kerusakan otak dan saraf. Selain itu merkuri juga dapat menyebabkan gangguan fungsi paru-paru dan sistem pencernaan. Bahkan merkuri juga bisa memicu penurunan daya tahan tubuh. 

  • Phthalates

Berikutnya ada bahan kimia phthalates yang juga tidak boleh digunakan dalam produk kosmetik. Phthalates ini merupakan bahan kimia yang mengandung diethyl phthalate, dimethyl phthalate, dan dibutyl phthalate. Zat ini seringkali ditemui pada bahan kosmetik berupa cat kuku, losion, hair spray, dan parfum.

Artikel Terkait  Rekomendasi Eye Cream Terbaik

Bahan ini sangat berbahaya terutama bagi ibu hamil. Kosmetik yang mengandung phthalate tidak diperbolehkan untuk dipakai oleh ibu hamil karena bisa mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Pada individu biasa, phthalate ini juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kerusakan paru-paru, ginjal, juga hati. 

  • Triclosan

Jenis bahan kosmetika berbahaya berikutnya adalah triclosan. Bahan ini biasa dijumpai pada produk lipstik, deodoran, dan antiperspirant. Triclosan merupakan bahan antibakteri dan pengawet yang sangat sering dijumpai pada produk detergen. Tentunya produk ini akan berbahaya jika digunakan sebagai bahan lipstik karena bisa tertelan dan menyebabkan penyakit jantung serta masalah otot.

  • Hidroquinon

Berikutnya ada hidroquinon yang juga dianggap sebagai bahan berbahaya. Bahan ini seringkali dijumpai pada produk pemutih kulit. Hidroquinon memang punya fungsi efektif menurunkan jumlah melanosit yang menjadi produsen melanin pemberi warna kulit. Namun zat ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kelainan pigmentasi pada kulit. 

Hidroquinon sebenarnya boleh digunakan namun dengan batas konsentrasi tidak lebih dari 2%. Selain itu, pemakaian hidroquinon juga tidak boleh dalam jangka panjang. Hidroquinon hanya boleh digunakan atas dasar anjuran dokter. Jadi salah besar jika produk kosmetik yang beredar luas dan dijual bebas mengandung bahan hidroquinon.

  • Timbal

Bahan logam timbal ternyata juga sering dijumpai pada produk kosmetik yaitu lipstik. Padahal timbal merupakan salah satu jenis logam beracun. Pada orang dewasa, pemakaian lipstik yang mengandung timbal bisa menyebabkan keracunan dan kerusakan organ ginjal. Pada wanita hamil, pemakaian produk mengandung timbal akan memberi dampak buruk pada janin bahkan bisa menyebabkan keguguran. 

Itulah tadi 5 jenis bahan kosmetika berbahaya yang wajib diwaspadai. Semua bahan ini bisa saja ada di produk kosmetik yang beredar di pasaran. Oleh karena itu pastikan kamu membaca dengan cermat komposisi dari produk kosmetik yang akan digunakan, ya. Pilihlah produk yang aman dan memang sudah lolos BPOM sehingga tidak akan memberi efek buruk bagi kesehatan.

Artikel Terkait  5 Tips Mengatasi Rambut Kering Tanpa Perawatan Salon

Jangan sampe cantik menggunakan kosmetika yang mengandung bahan berbahaya tersebut di atas ya? Selalu cek kode BPOM pada produk perawatan yang hendak kalian gunakan

Satu pemikiran pada “Jangan Asal Beli, Inilah 5 Jenis Bahan Kosmetika Berbahaya yang Perlu Kamu Waspadai”

Tinggalkan komentar