6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Tahu

Memiliki rutinitas di luar rumah dan diharuskan bertemu banyak orang tentu menuntut kawan cantik untuk lebih memperhatikan penampilan. Tidak hanya perlu mengenakan pakaian yang rapi, kamu juga harus memperhatikan riasan wajah. Kombinasi keduanya akan membuat kamu lebih percaya diri menjalani hari. Sayangnya, terkadang riasan wajah tidak bisa menyamarkan kondisi bibir kering yang kamu alami. Sebenarnya, apa sih penyebab bibir kering tersebut?

6 Penyebab Bibir Kering

6 penyebab bibir kering

Wajar apabila kawan cantik merasa tidak nyaman karena permasalahan bibir kering. Kondisi tersebut bukan hanya membuat kamu kurang percaya diri, namun juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah kesehatan yang sedang dialami. 

Lantas, apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering? Berikut informasinya.

  • Dehidrasi

Perlu diketahui jika sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Inilah salah satu alasan mengapa kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi akan berpengaruh pada kelembaban kulit, termasuk kulit bibir. 

  • Paparan sinar UV

cara menyembuhkan bibir kering akibat panas sinar UV

Kawan cantik yang terlalu sering beraktivitas di luar ruangan lebih rentan mengalami bibir kering. Hal ini dikarenakan paparan sinar UV dari sinar matahari. Lebih parahnya, paparan sinar matahari yang berlebih juga berpotensi menyebabkan permasalahan medis, seperti keratosis aktinik. Guna meminimalisir risiko bibir kering akibat sinar UV ini, kamu bisa menggunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit. 

  • Terlalu sering menjilat bibir

Apakah kamu sering menjilat bibir dengan tujuan ingin melembabkan bibir? Apabila iya, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena enzim yang dimiliki air liur akan membuat bibir kehilangan pelembab alami. Alhasil, bibir kamu akan semakin kering.

  • Mengkonsumsi makanan pedas dan asin

Penyebab bibir kering lainnya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan asin. Bagi kamu yang menyukai dua jenis rasa ini tentu sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Namun perlu kamu tahu bahwa makanan pedas dan kandungan garam pada makanan asin mampu menghilangkan kelembaban air pada bibir sehingga membuat bibir menjadi kering. Jika belum bisa menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan asin, paling tidak kamu bisa membatasi untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. 

  • Bahan kosmetik

Tidak dipungkiri jika berbagai produk kosmetik yang saat ini beredar terbuat dari bahan-bahan yang justru berpotensi menyebabkan bibir kering. Lipstik dan lip balm banyak yang mengandung fenol, menthol, dan camphor. Yang mana bahan tersebut bisa menjadi pemicu bibir kering. Oleh karena itu jangan lupa cek komposisi produk kosmetik yang akan kamu beli, ya. Hindari membeli kosmetik hanya karena mengikuti tren tanpa memperhatikan kandungannya.

  • Kekurangan vitamin B

Jika kamu mendapati pinggiran bibir mengalami iritasi, bisa jadi itu menjadi tanda bahwa kamu kekurangan vitamin B. Vitamin B ini baik untuk kesehatan kulit sehingga terhindar dari ruam, jerawat, hingga bibir kering. Untuk itu kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin B seperti daging, tempe, ikan, telur, tahu, dan sayuran hijau sehingga kelembaban kulit terjaga.

Artikel Terkait  Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Demikianlah beberapa hal yang bisa jadi penyebab bibir kering. Saat ini kamu bisa mengatasi bibir kering dengan produk kosmetik yang memang diperuntukkan untuk bibir kering, namun akan lebih baik apabila kamu memahami penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan bibir menjadi kering, hal itu bisa jadi upaya pencegahan agar bibir kering tak lagi terjadi. 

 

Satu pemikiran pada “6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Tahu”

Tinggalkan komentar