8 Cara Merawat Wajah Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng merupakan masalah kulit wajah yang terjadi akibat jerawat. Setelah jerawat hilang, biasanya akan muncul bekas yang cukup dalam. Itulah yang kemudian dinamakan dengan bopeng. Meskipun tidak sakit namun bopeng membuat penampilan menjadi kurang bagus.

Tidak heran jika banyak wanita yang akhirnya mencari cara merawat wajah bopeng bekas jerawat yang tepat untuk menghilangkan bopeng. Ada beberapa cara perawatan yang bisa Cantika bagikan biar kawan cantik terapkan sendiri, langsung saja berikut di antaranya:

8 Cara Merawat Wajah Bopeng Akibat Jerawat

cara merawat wajah bopeng dengan krim penghilang jerawat

Menggunakan Krim Penghilang Bekas Jerawat

Perawatan wajah bopeng yang paling sering dipilih oleh para wanita adalah menggunakan krim penghilang bekas jerawat. Anda bisa mendapatkan krim tersebut di apotek meskipun tidak menggunakan resep dari dokter.

Namun jika menggunakan cara ini, kawan cantik harus konsisten karena hasilnya bisa terlihat dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa krim yang digunakan cocok untuk kulit Anda.

Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan cara yang juga populer dan bisa memberikan hasil yang lebih instan dibandingkan dengan menggunakan krim penghilang bekas jerawat. Cara kerjanya yaitu menghilangkan lapisan kulit yang ada jaringan parutnya.

Dokter spesialis kulit pada umumnya menggunakan dua bahan yaitu asam salisilat dan juga asam glikolat. Keduanya memang dikenal sebagai bahan yang mampu menghilangkan jerawat meradang ataupun tidak meradang.

Selain kedua bahan tersebut, ada bahan lain yang juga digunakan pada proses chemical peeling seperti asam trikloroasetat dan asam piruvat. Namun perlu Anda ketahui bahwa prosedurnya memang tidak benar-benar menghilangkan bopeng.

Dermabrasi

Cara selanjutnya ini juga membutuhkan bantuan dokter spesialis kulit. Dokter menggunakan kawat kecil halus untuk mengangkat lapisan kulit atas. Nanti akan tumbuh lapisan kulit baru yang lembut dan juga halus.

Artikel Terkait  Rekomendasi Skincare Glowing Lokal Terbaik

Tenang saja, proses dermabrasi menggunakan bius lokal atau umum. Dibutuhkan waktu hingga 10 hingga 21 hari atau 3 minggu untuk mendapatkan efek tertentu. Proses yang salah bisa menimbulkan luka baru, jadi dermabrasi wajib dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Derma Filler

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah filler. Sementara derma filler ini adalah proses menghilangkan bopeng dengan menyuntikkan cairan ke wajah. Cairan tersebut bisa membuat luka bopeng terangkat sehingga rata dengan kulit lainnya.

Beberapa orang juga menyebut jika cara ini adalah menambal bagian bolong dengan senyawa seperti asam hialuronat dan kalsium hidroksiapatit. Hasilnya sementara atau tidak selamanya yaitu sekitar beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Laser Resurfacing

Teknik merawat wajah bopeng berikutnya adalah dengan metode Laser resurfacing atau terapi laser sebenarnya hampir sama saja dengan chemical peeling atau dermabrasi. Cara ini yaitu menghilangkan lapisan luar dan mengencangkan lapisan tengah.

Alat yang digunakan untuk mengatasi bopeng adalah laser. Kelebihan cara ini mampu menyembuhkan bopeng dengan lebih cepat. Selain itu, laser resurfacing mampu meregenerasi kulit dengan baik asalkan area wajah dijaga dengan baik.

Microneedling

Microneedling merupakan perawatan wajah yang berguna untuk meremajakan kulit. Namun selain itu, cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng di kulit wajah Anda. Caranya yaitu meningkatkan produksi kolagen pada bagian bekas jerawat.

Agar hasilnya lebih maksimal, microneedling perlu dilakukan secara rutin dalam beberapa minggu. Hasil akan terlihat setelah perawatan selama sekitar sembilan bulan.

Pijat Wajah

Cara merawat wajah bopeng selanjutnya adalah cara yang sederhana dan juga murah. Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk datang ke dokter ahli kecantikan atau spesialis kulit, Anda bisa menggunakan cara ini.

Artikel Terkait  Ini Dia Trend Perawatan Wajah 2022

Pijat wajah sangat berdampak baik untuk kesehatan kulit Anda, termasuk merawat bopeng. Pijatan di wajah bisa meningkatkan sirkulasi kulit dan mengurangi jerawat. Namun sayangnya keampuhan untuk menghilangkan bopeng belum terjamin. Meskipun begitu, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Menjaga Kelembapan Kulit

Ketika merawat wajah bopeng, pastikan bahwa kelembapan kulit selalu terjaga. Banyak bahan yang bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Beberapa di antaranya yaitu minyak jojoba, minyak zaitun, dan minyak lavender. Gunakan secara rutin bersamaan dengan cara perawatan lainnya.

Itulah cara merawat wajah bopeng akibat bekas jerawat. Jika ingin menggunakan cara di atas, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Satu pemikiran pada “8 Cara Merawat Wajah Bopeng Bekas Jerawat”

Tinggalkan komentar