9 Cara Merawat Rambut Berketombe

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang membuat wanita kurang percaya diri. Masalah ini terjadi ketika sel kulit mati di kulit kepala mengelupas sehingga mengeluarkan serpihan putih di rambut.

Ada banyak hal yang dapat membuat ketombe di kulit kepala semakin parah, salah satunya yaitu perawatan yang salah. Jika ingin menghilangkan ketombe di rambutmu, maka kawan cantik harus melakukan perawatan yang tepat.

Tips Merawat Rambut Berketombe

Berikut ini ada beberapa cara merawat rambut ketombe yang bisa Kamu ikuti:

Cuci Rambut Secara Rutin

Jangan pernah malas mencuci rambut, apalagi jika Kawan cantik memiliki tipe rambut yang berminyak. Mencuci rambut bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala. Jadi risiko munculnya ketombe bisa lebih kecil.

Meskipun dianjurkan untuk rutin mencuci rambut, Kamu ternyata tidak boleh melakukannya terlalu sering. Pasalnya hal tersebut menyebabkan minyak alami hilang sehingga kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering mudah dihinggapi ketombe.

Gunakan Shampo yang Ampuh Mengatasi Ketombe

Ada banyak sekali jenis shampo yang bisa Kawan Cantik temukan di pasaran. Karena tujuanmu untuk mengatasi ketombe, maka cari shampo yang ampuh mengatasi ketombe.

gunakan shampo untuk rambut berketombe

Beberapa kandungan yang biasanya ada pada produk shampo antiketombe yaitu natrium lauret sulfat, natrium lauril sulfat, ketoconazole, cocamidopropyl, dimethicone, zinc pyrithione, natrium benzoat, selenium sulfida, asam salisilat, menton, dan lain sebagainya.

Namun tidak semua produk sampo yang berlabel antiketombe mampu mengatasi ketombe parah. Jika ketombe di kulit kepala parah, maka cari sampo yang terbukti ampuh.

Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa diyakini sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah rambut berketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa di bagian kulit kepala hingga rata. Diamkan selama beberapa menit agar minyak terserap, setelah itu cuci rambut hingga bersih.

Artikel Terkait  9 Cara Mengatasi Bau Badan

Manfaat penggunaan minyak kelapa yaitu membuat kulit lembap sehingga mampu mengatasi ketombe dan kulit kering. Namun bersihkan hingga benar-benar bersih saat mencuci rambut agar tidak meninggalkan kesan lengket.

Gunakan Tea Tree Oil

Selain minyak kelapa, Kamu juga bisa menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan ketombe. Minyak yang dikenal mampu mengobati jerawat ini berperan dalam mengurangi pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab ketombe.

Campurkan tea tree oil murni bersama dengan sampo antiketombe yang Kamu gunakan. Lalu gunakan campuran tersebut untuk keramas. Selain itu, Kamu juga bisa mencampurkannya dengan gel lidah buaya kemudian mengoleskan ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

Ubah Pola Makan

Bukan hanya perawatan secara langsung saja, kawan cantik juga harus mulai mengubah pola makan agar ketombe di rambut hilang. Makanan yang kurang bernutrisi atau nutrisinya buruk bisa membuat ketombe semakin buruk.

Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat karena merangsang produksi minyak penyebab ketombe. Perbanyak sayur, buah, dan air putih agar kelembapan kulit kepala terjaga dengan baik.

Eksfoliasi Kulit Kepala

Eksfoliasi biasanya dilakukan pada kulit wajah untuk mengangkat sel kulit mati penyebab muka kusam, komedo, dan jerawat. Kamu juga bisa mencoba menerapkan teknik tersebut pada perawatan rambut berketombe.

Gunakan eksfoliator yang memiliki kandungan sedikit asam salisilat. Kandungan tersebut berguna untuk menghilangkan sel kulit mati. Kamu bisa melakukan eksfoliasi paling tidak dua kali dalam seminggu.

Coba Hair Oil Mask

Perawatan berbasis minyak memang banyak dipilih untuk mengatasi ketombe. Selain minyak kelapa dan tea tree oil, Kamu juga bisa menggunakan hair oil mask.

Produk tersebut memiliki peran untuk menyeimbangkan produksi minyak berlebih. Jadi ketombe di kulit kepala juga akan berkurang. Cara menggunakannya sama saja yaitu dengan mengoleskan hair oil mask ke kulit kepala.

Artikel Terkait  5 Serum Wajah Glowing Berkualitas, Selain Mencerahkan Wajah Juga Anti Penuaan Dini

Hindari Untuk Menggaruk Kepala

cara merawat rambut berketombe

Wanita secara sadar atau tidak sadar sering menggaruk kulit kepala yang berketombe. Pasalnya ketombe menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Hal tersebut sebenarnya harus dihindari karena menggaruk kepala bisa menyebabkan peradangan dan iritasi. Lama kelamaan malah akan menimbulkan infeksi yang membuat masalah kulit kepala semakin parah.

Itulah cara merawat rambut berketombe yang bisa Kamu ikuti. Cara di atas tidak akan berhasil apabila Kamu tidak konsisten dalam melakukannya. Jadi pastikan Kawan cantik konsisten bahkan setelah ketombe menghilang. Pasalnya ketombe bisa kembali apabila perawatanmu salah.

Tinggalkan komentar