9 Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat dan Mudah Diatur

Rambut keriting merupakan salah satu jenis rambut yang membutuhkan perawatan lebih untuk bisa membuat rambut sehat dan lembut. Karena tak jarang pada rambut yang keriting lebih rentan mengalami kerusakan. Untuk menjaga kesehatan rambut tersebut, simak cara merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting berikut.

Selain tingkat kelembapannya kurang (kering), rambut keriting juga cenderung susah diatur.

Dengan memberikan perawatan yang tepat pada rambut keriting, tentunya bisa membantu rambut tersebut agar menjadi lebih sehat dan mudah diatur.

Beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut keriting yaitu menggunakan alat penata rambut secara berlebihan, terlalu sering mengikat rambut dengan erat, terlalu sering menggunakan hairspray, dan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung sulfat, alkohol, zat kimia yang terlalu keras, serta yang mengandung pewangi tambahan.

Cara merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting

Untuk menjaga kesehatan rambut keriting, simak cara merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting berikut ini:

1. Jangan keramas setiap hari pada rambut keriting

Mencuci rambut atau keramas memang sangat penting dalam cara merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting. Namun jika memiliki rambut keriting, sebaiknya menghindari keramas setiap hari.

Karena apabila melakukan keramas setiap hari, shampo juga akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Apabila hal tersebut terjadi, rambut dan kulit kepala akan menjadi kering. Keramas bisa 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Mengurai rambut sebelum keramas

Untuk menghindari rambut kusut saat keramas, maka sebelum keramas sebaiknya rambut diurai terlebih dahulu. Untuk mengurai rambut bisa menggunakan jari untuk menyisir, atau gunakan sisir bergigi lebar.

3. Pilih shampo yang tepat

Memilih produk shampo yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut keriting. Sebaiknya pilihlah shampo yang berfungsi untuk menjaga kelembaban secara mendalam atau yang khusus dibuat untuk rambut keriting. Serta hindari shampo yang mengandung sulfat.

Artikel Terkait  Cara Membedakan Jenis Kulit

4. Gunakan air dingin

Ketika keramas, sebaiknya gunakan air yang dingin. Karena apabila menggunakan air hangat justru bisa menghilangkan kelembaban rambut dan membuat kering. Dengan menggunakan air dingin dapat berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan kekuatan rambut.

5. Hindari mengeringkan rambut dengan handuk kasar

Hindari mengeringkan rambut dengan handuk kasar apalagi menggosoknya terlalu kencang. Bungkus rambut basah pada handuk halus, kemudian diamkan beberapa menit hingga air terserap. Setelah itu, tunggu rambut kering dengan sendirinya.

6. Jangan menggunakan hair dryer terlalu sering

Sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Karena apabila terlalu sering menggunakan pengering rambut tersebut bisa membuat rambut jadi terlalu kering dan terasa kasar.

7. Menggunakan kondisioner

Agar rambut keriting cara menatanya mudah, gunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner berguna untuk meningkatkan kilau rambut, menjaga rambut tetap bervolume, dan merawat agar rambut tetap lembab dan mudah diatur.

8. Hindari mencatok rambut terlalu sering

Biasanya banyak orang dengan rambut keriting yang mencatok rambutnya agar terlihat lurus. Namun apabila terlalu sering mencatok rambut, tentunya tidak baik bagi kesehatan rambut. Mencatok terlalu sering dapat membuat rambut kering dan rusak. Apabila ingin mencatok rambut, sebaiknya gunakan produk pelindung rambut sebelum mencatoknya.

9. Memilih sisir yang tepat

Rambut yang saling terlilit satu sama lain merupakan masalah yang sering terjadi pada rambut keriting. Untuk mengurainya, jangan asal menggunakan sisir. Karena sisir yang salah justru akan membuat rambut menjadi patah. Sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang untuk memisahkan helaian rambut.

Itulah beberapa cara merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting. Dengan begitu rambut keriting akan sehat dan mudah diatur. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar