4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Kawan cantik pernahkah menghitung berat badan ideal wanita? Ya, setiap wanita pada dasarnya terlahir dengan ukuran tubuhnya masing-masing. Ada wanita yang bertubuh besar, ada juga wanita yang bertubuh kecil. Meskipun begitu, semua wanita pasti ingin memiliki berat badan yang ideal.

Berat badan ideal menjadi impian karena mengacu pada tubuh yang sehat. Mereka yang memiliki berat badan ideal bisa meminimalisir berbagai risiko masalah kesehatan. Pasalnya obesitas penyebab berat badan berlebih menimbulkan masalah kesehatan seperti stroke, jantung koroner, hipertensi, dan lain sebagainya.

Bukan hanya mereka yang kelebihan berat badan saja yang berisiko, mereka yang terlalu ringan juga memiliki risiko tertentu. Orang-orang dengan berat badan di bawah ideal biasanya tidak mampu mengangkat beban berat.

Cara Menghitung Berat badan Wanita Ideal dengan Rumus

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa, berat badan wanita ideal tidak hanya untuk penampilan saja namun juga untuk kesehatan. Berikut Cantika coba bahas mengenai cara menghitung berat badan wanita:

Menggunakan Rumus Broca

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghitung berat badan adalah dengan menggunakan rumus Broca. Dinamakan dengan rumus Broca karena ditemukan oleh ilmuwan bernama Paul Broca. Pria tersebut menggunakan cara yang berbeda untuk menghitung berat badan wanita dan pria.

Ada rumus yang harus diaplikasikan untuk menghitung berat badan wanita yaitu:

Rumus Broca Berat badan ideal wanita =

[tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%].

Sebagai contoh untuk menghitung berat badan ideal wanita yang memiliki tinggi 158 cm yaitu sebagai berikut:

Berat badan ideal wanita = (158-100) – [(158-100)x15%), 58-8,7 = 49,3. Jadi wanita tersebut harus memiliki berat badan 49,3 untuk dikatakan ideal.

Artikel Terkait  Menjaga Kebersihan Area Pribadi Wanita

Menggunakan Kalkulator BMI

Cara menghitung berat badan wanita berikutnya adalah cara yang paling sering digunakan oleh para wanita yaitu dengan BMI atau Body Mass Index. Jika rumus Broca menggunakan tinggi badan, maka lain halnya dengan BMI yang menghitung ukuran berat badan ideal menggunakan usia.

Sebelum menghitungnya, Kamu harus mengetahui keterangan dalam BMI yaitu sebagai berikut:

  • Normal = 18,5 – 25.
  • Berlebih = >25.
  • Kurang = <18.
  • Obesitas = >40.

Keterangan tersebut hanya untuk mereka yang berusia di bawah 20 tahun. Adapun untuk menemukan angka di atas yaitu dengan

cara menghitung berat badan wanita ideal

rumus BMI = berat badan (kg) : tinggi badan (m).

Contohnya jika berat badan adalah 47 kg dan tinggi badan 163 cm atau 1,63 m. Nilai BMI adalah 47:1,63 = 17,8. Karena di bawah 18 maka masuk ke dalam golongan di bawah rata-rata yang artinya harus menaikkan berat badan.

Menggunakan Lingkar Pinggang

Cara menghitung berat badan selanjutnya lebih sederhana dibandingkan cara-cara sebelumnya yaitu menggunakan lingkar pinggang. Hal ini dilakukan karena lemak berlebih pada perut adalah penyebab beberapa masalah kesehatan seperti jantung dan diabetes.

Wanita yang tidak hamil seharusnya memiliki lingkar pinggang di bawah angka 88 cm. Gunakan alat pengukur lingkar pinggang agar bisa menghasilkan angka yang akurat.

Menggunakan Rasio Lingkar Pinggang Ke Pinggul

Cara ini dilakukan dengan membandingkan antara ukuran pinggang dengan pinggul. Berdasarkan penelitian, bagian tengah tubuh yang memiliki lemak memang berisiko lebih besar mengembangkan penyakit diabetes atau kardiovaskular.

Cara mengukurnya yaitu dengan mengukur pinggang pada bagian pusar dan juga pinggul. Kemudian bagi hasil pengukuran. Contoh jika ukuran pinggang 71 cm dan pinggul 91 cm, maka 71:19 = 0,78.

Artikel Terkait  8 Cara Merawat Wajah Bopeng Bekas Jerawat

Rumus Berat Badan Wanita dengan Rasio Lingkar Pinggang ke Pinggul

Lingkar Pinggang / Lingkar Pinggul < 0.80

Rasio di bawah angka 0.8 dianggap memiliki risiko rendah, 0.8-0.89 risiko sedang, sedangkan di atas 0.9 memiliki risiko tinggi. Dikatakan ideal jika nilainya di bawah 0,8.

Menggunakan Rasio Lingkar Pinggang Ke Tinggi Badan

cara menghitung berat badan wanita ideal

Cara terakhir hampir sama seperti cara sebelumnya namun kali ini menggunakan rasio lingkar pinggang ke tinggi badan. Pada cara ini, ukuran pinggang dibagi dengan tinggi badan.

Rasio Tinggi Badan; Lingkar Pinggang/Tinggi badan < 0.5

Contohnya jika wanita memiliki tinggi badan 163 cm dan ukuran pinggang 81 cm. Hasilnya yaitu 81:163=0,496. Wanita dikatakan ideal apabila rasio antara lingkar pinggang dan tinggi badan 0,5 atau di bawahnya. Karena nilainya 0,496 maka termasuk berat badan sehat.

Itulah cara menghitung berat badan wanita yang bisa Kamu ikuti. Cara di atas bisa membantumu untuk menentukan berapa target berat badan yang harus dimiliki. Tidak perlu menggunakan semua cara, Kamu bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling mudah.

Satu pemikiran pada “4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita”

Tinggalkan komentar