Cara Mengatasi Flek Menahun pada Wajah

Kawan cantik mengalami flek menahun? jangan kuatir karena Cantika akan memberikan tips cara mengatasi flek menahun di wajah. Flek hitam adalah noda berwarna kehitaman pada wajah yang terjadi akibat adanya pigmentasi kulit secara berlebihan.

Meskipun secara umum tidak berbahaya, namun munculnya flek hitam pada wajah akan membuat kawan cantik tidak pede saat melakukan aktivitas dan bertemu orang lain, apalagi jika bertemu dengan gebetan.

Penyebab Flek Menahun

Biasanya flek menahun dapat terjadi karena terjadi penumpukan pigmen pada kulit yang disebabkan oleh beberapa hal antara lain

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh, meskipun demikian, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menjadi gangguan pada kulit. Hal ini karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet A dan UVB yang berbahaya bagi kulit.

Paparan sinar matahari pada kulit yang berlebihan dapat mengakibatkan kemunculan flek hitam, pada kondisi tertentu flek ini dapat bertahan bertahun-tahun. Flek hitam muncul karena kulit memproduksi terlalu banyak melanin guna menghindari paparan sinar UVA dan UVB.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan penyebab lain dari kemunculan flek hitam yang menahun, hiperpigmentasi adalah kondisi tubuh yang terlewat reaktif dalam memproduksi melanin, dengan atau tanpa paparan sinar matahari, penderita hiperpigmentasi sangat mudah mengalami flek hitam di wajah.

Bekas Jerawat

Bekas jerawat dapat menimbulkan pigmen pada wajah dan menimbulkan flek hitam, berbeda dengan kedua kasus di atas, bekas jerawat ini dapat terjadi karena kawan cantik memencet jerawat, seharusnya biarkan jerawat pecah dengan sendirinya agar tidak meninggalkan bercak yang mengganggu setelah kering.

Faktor Gen

Pada ras kaukasia dan eropa, pigmentasi pada kulit kerap menimbulkan flek hitam, hal ini terjadi karena faktor genetik akibat alergi dingin, perubahan hormon maupun gangguan sinar matahari.

Artikel Terkait  BBB Medical Aesthetic Jogja Solusi Kecantikan Maksimal

Cara Mengatasi Flek Hitam Menahun pada Wajah

cara mengatasi flek menahun pada wajah

Bagaimana jika flek hitam berubah menjadi flek menahun? Berikut adalah cara mengatasinya

Rajin Mengkonsumsi Jus Buah

Buah memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengurangi pembentukan melanin serta mengencangkan kulit. Jus buah seperti tomat, mentimun, jeruk, maupun buah lain yang kawa akan vitamin C dapat membantu mengatasi flek menahun.

Konsumsi Jus Wortel

Sayuran vitamin A satu ini juga dapat membantu mengurangi penumpukan melanin pada wajah, wortel dapat membantu melembabkan kulit kasar saat terpapar sinar matahari. Sehingga, kandungan melanin tidak diperlukan dalam jumlah besar dan dapat mengurangi flek hitam.

Gunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya dapat membantu kamu melawan pigmentasi wajah akibat sinar UVA dan UVB. Memang sunscreen tidak dapat menghilangkan flek hitam pada wajah yang sudah ada, tetapi penggunaan tabir surya yang mengandung SPF dan PA dapat membantu mengurangi resiko semakin banyaknya flek hitam pada wajah.

Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 15 untuk mengatasi flek baru

Pengobatan Laser

Kawan cantik yang sudah jenuh dengan flek menahun dapat menggunakan bantuan pengobatan laser yang bisa didapatkan di klinik kecantikan yang memang punya kemampuan spesialis flek menahun dan jerawat. Pengobatan laser merupakan cara yang cepat, ampuh dan maksimal untuk menghilangkan flek menahun pada wajah.

Nah itulah cara mengatasi flek menahun pada wajah untuk kawan cantik semua

Tinggalkan komentar