Cara Menghilangkan Kulit Ayam di Wajah

Apakah kulitmu pernah terasa kasar dan muncul benjolan-benjolan kecil seperti permukaan kulit ayam? Masalah kulit wajah tersebut dikenal dengan istilah kulit ayam atau penyakit ayam. Secara medis, penyakit kulit ayam sendiri memiliki nama keratosis pilaris. Keratosis pilaris disebabkan oleh menumpuknya keratin di permukaan kulit sehingga menyumbat pori dan menghalangi folikel rambut untuk tumbuh.

Cara Menghilangkan Kulit Ayam di Wajah

Sumber : Freepik

Memang pada umumnya tidak menimbulkan gejala apapun baik itu rasa gatal ataupun nyeri. Meskipun begitu, banyak orang merasa kurang percaya diri karena tekstur yang seperti kulit ayam sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika benjolan tersebut muncul di area wajah.

Jika memang ingin menghilangkan kulit ayam di wajah, ada beberapa cara yang bisa kawan cantik lakukan yaitu sebagai berikut:

Jangan Kasar Pada Kulit

Meskipun tidak merasa gatal atau nyeri di kulit wajah, namun kawan cantik tidak boleh terlalu kasar pada kulit. Terutama saat membersihkan kulit menggunakan sabun wajah. Pasalnya beberapa orang ada yang menggosok kulit terlalu kuat untuk menghilangkan sumbatan pada folikel rambut.

Gosokan pada wajah yang terlalu kuat bisa mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit. Gunakan handuk yang lembut setelah mencuci muka agar kelembapannya terjaga.

Melakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi merupakan jenis perawatan yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit wajahmu. Lakukan eksfoliasi secara rutin agar gejala kulit ayam semakin mereda.

Untuk melakukan eksfoliasi, kawan cantik membutuhkan krim yang memiliki kandungan asam laktat, asam salisilat, dan asam alfa hidroksi. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembap.

Artikel Terkait  Franchise Klinik Kecantikan. Seperti Apa Sih?

Namun eksfoliasi tidak boleh dilakukan setiap hari, kawan cantik hanya perlu melakukannya 2-3 kali seminggu. Melakukan eksfoliasi setiap hari malah membuat kulit semakin kering dan kasar.

Menggunakan Pelembap Secara Rutin

Selain melakukan eksfoliasi dengan krim yang tepat, kawan cantik juga harus menggunakan pelembap. Berbeda dengan krim eksfoliasi yang tidak boleh digunakan setiap hari, pelembap ini boleh digunakan setiap hari.

Cari pelembap yang memiliki kandungan seperti petroleum jelly, lanolin, dan gliserin. Manfaat ketiganya yaitu menenangkan kulit kering, menjaga kelembapan, dan membuat kulit lebih lembut.

Menggunakan Krim Retinoid Topikal

Cara menghilangkan kulit ayam di wajah selanjutnya yaitu menggunakan krim retinoid topikal. Retinoid topikal sendiri merupakan vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan regenerasi sel dan mencegah penyumbatan folikel rambut.

Dua bahan yang paling sering ada pada produk skincare yaitu tretinoin dan tazarotene. Namun wanita dengan kulit sensitif, wanita hamil, dan wanita menyusui wajib mendiskusikannya dengan dokter sebelum menggunakan produk.

Menggunakan Humidifier

Bukan hanya kelembapan kulit wajah saja yang harus dijaga, kawan cantik sebaiknya juga menjaga kelembapan udara. Jadi perawatan wajah karena kulit ayam biasa diatasi dengan cepat. Humidifier merupakan alat yang bisa membantu menjaga kelembapan ruangan sehingga meminimalisir gejala akibat kulit ayam.

Menggunakan Soda Kue

Ingin mencoba bahan alami untuk menghilangkan kulit ayam di wajah? Soda kue merupakan salah satu bahan yang bisa dipertimbangkan.

Kawan cantik bisa membuat pasta soda kue dengan mencampurkannya menggunakan air hangat. Setelah itu oleskan pasta ke bagian wajah yang terkena kulit ayam. Gosok secara melingkar selama kurang lebih lima menit, selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

Menggunakan Cuka Sari Apel

Bahan alami kedua yang bisa kawan cantik gunakan untuk menghilangkan kulit ayam adalah cuka sari apel. Wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan satu ini karena sering digunakan untuk perawatan kulit wajah.

Artikel Terkait  Ini Dia, Pilihan Makeup Wudhu Friendly

Kandungan asam hidroksi berupa asam malat memiliki manfaat untuk mengelupas kulit. Namun wanita berkulit sensitif harus berhati-hati saat menggunakannya. Campur dengan air agar tidak menyebabkan iritasi atau kulit kering.

Terapi Laser

Jika semua cara di atas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa kawan cantik lakukan adalah terapi laser. Dokter akan menembakkan sinar laser ke bagian kulit wajah untuk menghilangkan kulit ayam.

Biasanya dibutuhkan beberapa kali perawatan sampai gejalanya benar-benar hilang. Sebelum melakukan terapi, dokter spesialis kulit akan mengajak berdiskusi dan konsultasi terlebih dahulu.

Itulah cara menghilangkan kulit ayam di wajah yang bisa kawan cantik lakukan. Perawatan secara rutin dan konsisten memberikan hasil yang lebih optimal. Semoga informasi yang disampaikan di atas membantumu yang sedang kebingungan mengatasi kulit ayam atau keratosis pilaris.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar