Bibir Kering selama Berpuasa. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bibir kering dan pecah-pecah, sudah biasa. Apalagi, di bulan puasa ini, tidak terisi ion ataupun air mineral yang memang perlu untuk mengisi daya tubuh yang ada. Bibir kering, gampang hadir jika kita tidak mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan nutrisi yang kuat.

Dengan bibir kering dan pecah-pecah, bisa membuat tampilan jaditidak bagus, menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Tenang, terdapat berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut, walaupun perlu usaha dulu. Seperti apa gambarannya?

1. Minum air putih secukupnya saat sahur dan buka puasa

Dengan perbanyak minum sebelum puasa, bibir tetap tidak kering, atau terjaga kelembapannya. Asupan air putih ini, dapat mencegah dehidrasi dan merawat kesehatan kulit agar tetap baik. Saat bulan Ramadhan, pastikan kamu tetap meminum air putih, paling tidak 8 gelas per hari.

2. Jangan menjilat bibir

Maksudnya adalah, dengan suka menjilat bibir, sama dengan tidak menemukan solusi. Malahan, bibir semakin kering, karena ada air liur, yang cairannya dapat mengeringkan bibir dan cepat menguap. Dengan air liur tersebut, bibir bisa jadi pecah-pecah.

3. Oleskan pelembap bibir

Ini perlu, agar bibir kamu tetap terjaga kelembapannya, dengan produk yang tepat, kamu bisa mengoleskannya ke bibir sebelum memakai lipstik. Manfaat adanya pelembap bibir, lipstik kamu tidak gampang menempel pada bibir dan mudah dibersihkan.

4. Lakukan eksfoliasi bibir

Apa itu eksfoliasi bibir? Salah satu cara menjaga kelembapan bibir, dengan cara mengelupas kulit yang pecah-pecah pada bibir sehingga kulit baru bisa tumbuh. Proses pengelupasan ini, bisa dilakukan menggunakan scrub bibir alami.

5. Gunakan bahan-bahan alami

Bahan-bahan alami, menjadi pelembap bibir selanjutnya, yang dianggap lebih ampuh dan bisa diikuti oleh semua orang. Caranya, bisa dengan menggunakan madu atau gel lidah buaya, kemudian oleskan ke seluruh permukaan bibir. Bisa dilakukan rutin, setiap malam, sebelum tidur.

Artikel Terkait  10 Obat Sakit Perut Alami, untuk Atasi Perut Melilit

6. Pakai humidifier

Dengan adanya udara kering di sekitar kita, maka rentan membuat bibir kering. Pakai humidifier saat puasa atau pakai pelembap udara ruangan agar bibir terjaga. Manfaat humidifier adalah, dapat membantu meningkatkan kelembapan bibir di udara agar kulit tetap terhidrasi.

7. Hindari konsumsi makanan pedas dan asin

Ternyata, makanan pedas atau asin, berpengaruh pada bibir kering atau tidak. Hindari 2 makanan ini berlebih, agar bibir tidak kering dengan cepat. jika dikonsumsi berlebihan, maka bibir otomatis akan pecah-pecah, dan lain sebagainya.

8. Hindari minuman berkafein

Ternyata, minuman berkafein, juga cenderung menyerap mineral dalam tubuh dan bersifat diuretik. Hal ini, bisa dilihat dalam kopi maupun teh. Minuman tersebut, membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi sehingga berpengaruh pada kondisi kulit dan bibir saat berpuasa.

9. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung air

Maksudnya adalah, carilah buah yang memiliki kandungan air banyak. Bisa dilihat dalam semangka, melon, jeruk, dan lain sebagainya. Apel juga bisa, kemudian konsumsi sayur dan buah-buahan banyak, juga perlu, agar kelembapan bibir maksimal.

10. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral

2 kandungan ini, bisa kamu lihat dalam buah maupun sayur, jadi gampang untuk dicari. Kandungan nutrisi yang ada pada beberapa makanan, mampu melawan bibir yang kering. Vitamin B, dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat apalagi terkena paparan sinar matahari.

Itulah, 10 cara dalam mengatasi bibir kering saat berpuasa. Pastikan, lakukan dengan benar yah!

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar