Bibir Kering Saat Berpuasa, Begini Solusinya

Jelang bulan ramadhan, bibir kering sering kali menjadi masalah yang dihadapi kita ketika berpuasa, disebabkan dehidrasi atau kurangnya asupan air yang biasanya didapat di siang hari. Masalah kesehatan lain biasanya berbagai masalah pencernaan karena perubahan pola makan dari biasanya. Untuk itu pentingnya menjaga kesehatan terutama asupan makanan ketika berpuasa.

Beragam masalah pencernaan, apalagi hanya masalah bibir kering maupun bau mulut tidak bisa menjadi alasan untuk meninggalkan kewajiban berpuasa. Yang perlu dilakukan adalah mencegah dan mengatasinya agar masalah ini tidak mengganggu puasa.

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Kondisi bibir kering dan pecah-pecah tentu membuat tidak nyaman, namun tenang saja sebab kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut cara dan larangan untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa:

  • Perbanyak konsumsi air putih

Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman di siang hari, untuk itu Kamu perlu memenuhi asupan tersebut ketika sahur dan berbuka. Idealnya tubuh membutuhkan 8 gelas air dalam sehari. Karena ketika berpuasa waktu mengonsumsi makanan hanya malam hari, Kamu bisa menambahkan sumber cairan lainnya misalkan dari aneka buah dengan kadar air tinggi misalkan apel, semangka, melon dan sebagainya.

  • Perbanyak makanan kaya vitamin dan mineral

Selama berpuasa, sebaiknya memperhatikan asupan makanan dalam menu berbuka maupun sahur dapat membantu kawan cantik mengatasi bibir kering saat berpuasa. Pastikan mengonsumsi makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama berpuasa.

makanan kaya vitamin dan mineral atasi bibir kering saat berpuasa

Khususnya nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi bibir kering berupa vitamin B, vitamin C dan mineral. Vitamin B ada pada kacang-kacangan, sumber protein seperti unggas dan beragam jenis ikan. Vitamin C terdapat pada buah dan sayur.

  • Kurangi makanan pedas dan asin

Ketika mengonsumsi makanan pedas dan asin membuat berkeringat dan haus. Dalam kondisi tidak berpuasa tentu bukan masalah sebab bisa minum kapan saja tanpa khawatir dehidrasi. Namun ketika berpuasa sebaiknya mengurangi makanan pedas dan asin sebab bisa menyebabkan dehidrasi, bibir dan tenggorokan terasa kering.

  • Kurangi konsumsi kafein

Bagi para penikmat kafein, konsumsi kopi atau minuman bersoda ketika berbuka sangat menggiurkan. Namun kandungan kafein menyebabkan kulit bibir kering, karenanya akan lebih baik untuk mengurangi kafein jika Kamu bermasalah dengan bibir kering. Jika tidak bisa menghindarinya, maksimal satu gelas saja untuk buka dan sahur. Selain kopi dan soda, minuman berenergi dan alkohol juga mengandung kafein. Teh dan jus buah bisa menjadi alternatif minuman segar ketika sahur dan berbuka.

  • Gunakan Lip Balm

tips mengatasi bibir kering saat berpuasa

Mengatasi masalah bibir kering ketika berpuasa juga dapat dengan mengaplikasikan lip balm. Penggunaan lip balm dapat menjaga kelembapan bibir baik untuk perempuan maupun pria. Pilih lip balm yang memiliki kandungan SPF yang menjaga dari paparan sinar matahari. Kandungan lain yang baik digunakan adalah petrolatum misalkan petroleum jelly.

  • Eksfoliasi bibir secara rutin

Jika bibir  terlanjur kering dan pecah-pecah, sebaiknya Kamu melakukan eksfoliasi untuk menyingkirkan sel kulit mati pada bibir. Eksfoliasi dapat dilakukan rutin dua kali selama seminggu yang dilakukan setelah berbuka puasa. Caranya dapat dengan menggunakan madu dicampur dengan gula sebagai scrubbing, yang dapat membantu membersihkan kulit mati pada bibir.

  • Aplikasikan madu sebelum tidur

Memaksimalkan kesehatan bibir dari kering dan pecah-pecah, dapat mengaplikasikan madu sebelum tidur. Sama halnya seperti masker wajah, penggunaan madu pada bibir bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir, terutama ketika berpuasa. Caranya cukup mudah, tinggal mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur, maka Kamu akan mendapat bibir yang sehat lembut dan cerah.

  • Ingat, jangan menjilat bibir

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menjilat bibir ketika terasa kering, hal ini biasanya dilakukan tanpa sadar. Namun perlu diketahui, menjilat bibir justru membuat bibir semakin kering sebab air liur nyatanya hanya membasahi bibir sesaat. Setelahnya bibir akan semakin kering dan pecah-pecah. Karenanya disarankan menggunakan pelembab bibir ketika bibir terasa kering.

Artikel Terkait  Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

jangan menjilat bibir kering saat berpuasa

Itulah beberapa tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ketika menjalankan ibadah puasa. Dengan asupan makanan sehat selama berpuasa, bukan hanya terhindar dari masalah bibir kering saat berpuasa, tubuh juga lebih sehat dan jauh dari masalah kesehatan terutama pencernaan. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar