Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bicara soal masalah bibir kering dan pecah-pecah atau chapped lips memang tak ada habisnya dan sangat sensitif untuk kita kaum perempuan dalam melakukan perawatannya. Bibir sangat mudah menjadi kering dan pecah-pecah karena kulitnya cenderung sangat tipis dan sensitif. 

Bibir kering dan pecah-pecah dapat terjadi pada usia berapa pun dan di musim apa pun. Ini bukan hanya merusak penampilan, tapi juga mengganggu kenyamanan. Sering kali kulit yang mengelupas ingin ditarik atau digigit dan akhirnya iritasi.

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Kondisi bibir kering atau bibir pecah-pecah, menandakan bibir sedang kurang lembab. Terlebih, bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh bagian lainnya, sehingga bibir tidak dapat melumasi diri sendiri.

Bibir kering merupakan kondisi yang sering kali terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Selain itu, bibir kering juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti paparan sinar matahari, perubahan suhu yang drastis, serta adanya suatu penyakit dan pengobatan tertentu.

Saat mengalami bibir kering, tak sedikit orang yang kemudian menjilat bibir agar membuatnya lembab. Cara ini sebenarnya sama sekali tidak dianjurkan.

Baca Juga: 6 Penyebab Bibir Kering

Mengapa Tidak Disarankan Menjilat Bibir Kering

Semakin terkena air liur sendiri maka bibir semakin kering, Kok bisa begitu ya kawan cantik?

Pasti ketika bibir sudah mulai kering, pecah -pecah kemudian mengelupas kita pasti sering melumasi dengan air liur sendiri karena rasa yang tidak nyaman.

Meskipun sejenak terasa lembab, namun membasahi bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya kita hindari ya kawan cantik. Bukannya bibir lembab, menjilat bibir dapat membuat bikin bibir tambah kering. 

Pada awalnya, menjilat bibir mungkin terasa melembabkan, namun hal ini hanya bertahan sementara. Air liur justru menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan malah mengambil kelembaban alaminya.

Artikel Terkait  6 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Berminyak

Ketika Kalian menjilat bibir, ada kandungan enzim amilase dan maltase di dalam ludah, yang akan menipiskan kulit di permukaan bibir. Hal ini lama kelamaan akan membuat bibir semakin rentan terhadap udara kering, bahkan memicu pecah-pecah dan berdarah. 

Menjilat bibir yang kering memang akan membuat bibir menjadi basah, tapi hanya sebentar. Saat kalian menjilat bibir, air ludah akan menguap dan permukaan bibir akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Hal ini disebabkan air liur yang menempel pada bibir akan mengambil kelembaban dari permukaan bibir ketika air liur tersebut mengering. Perlu Kalian ketahui, air liur mengandung enzim yang bisa membuat bibir menjadi kering. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir saat bibir kering bisa membuat bakteri dalam mulut berpindah ke bibir dan menyebabkan luka di sudut bibir.

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Jadi, daripada membahayakan kesehatan bibir Kalian dengan menjilatinya – baik ketika terjadi kondisi bibir kering.

Bibir pecah-pecah ataupun hanya sekadar refleks saja – lebih baik Kalian melakukan hal-hal yang bisa membuat bibir selalu sehat. Berikut cara mengatasi Bibir kering dan pecah- pecah 

Asupan air putih yang cukup

Selain dapat menjaga kelembaban kulit, minum 2 liter air per hari juga sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan seluruh tubuh Kalian, termasuk bibir.

Jangan Mengelupas bibir yang kering

Kawan cantik biasanya tangan kita usil banget ya, Ketika bibir pecah-pecah selalu ingin buru-buru mengelupasnya.

tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Mulai sekarang stop ya, Karena mengelupas bibir yang kering akan menyebabkan luka yang cukup serius. Bibir akan terasa lebih perih hingga berdarah, Luka tersebut akan meningkatkan risiko bibir untuk terserang infeksi tambahan. 

Tanpa dikelupas secara paksa, kulit bibir yang kering akan dengan sendirinya terkelupas bila lapisan di bawahnya sudah muncul. Sabar ya kawan cantik.

Artikel Terkait  Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Gunakan Air Bersih

Saat membersihkan bibir kering pastikan menggunakan Air yang bersih dan steril.

Gunakan Pelembab Bibir 

Saat bangun pagi biasakan untuk menggosok bibir dengan waslap atau sikat gigi, kemudian pakai lip balm atau pelembab bibir. Pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya (minimal SPF 15) dan moisturizer seperti petrolatum, beeswax, cocoa butter, coconut oil, shea butter. 

tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Selain itu, gunakan pelembab sebelum memakai lipstik, bukan setelahnya. Jangan gunakan pelembab bibir yang memiliki warna, pewangi dan rasa. Rasa yang manis yang berlebihan membuat Anda malah ingin terus menjilat. Sedangkan rasa mint yang segar dapat membuat bibir Anda menjadi iritasi.

Menggunakan Madu

Madu bisa sangat efektif untuk mencegah bibir menjadi kering dan bersisik. Bahan alami ini sangat lembut pada kulit dan memiliki sifat antibakteri. Cukup oleskan madu langsung ke bibir dan bilas setelah beberapa menit dengan air dingin.

Konsumsi Vitamin C

Salah satu contohnya adalah mentimun, Pilihan yang tepat dan mudah di dapar ya kawan cantik. Fungsinya sebagai pelembab bibir serta menjaga bibir tetap terhidrasi, Cukup kupas mentimun kemudian potong bulat tipis-tipis. Kemudian gosok secara perlahan dan merata irisan ini pada bibir kering selama beberapa menit. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa sangat membantu membuat bibir lembut dan berkilau karena menjaga kelembaban pada bibir. Ambil beberapa tetes minyak dengan jari-jari dan oleskan pada bibir kering. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah buaya

Sederet manfaat dari lidah buaya memang tidak diragukan lagi, kandungan bahan alaminya ampuh mencegah infeksi, membersihkan sel- sel kulit mati, serta memberikan perlindungan lapisan kulit dibawahnya.

Rasanya memang sedikit pahit, tapi cukup efektif no ribet mengaplikasikannya. Caranya cukup oleskan bagian dalam Gel lidah buaya pada bibir, Lalu diamkan selama semalaman, pagi harinya bisa kita bilas dengan air dengan bersih.

Artikel Terkait  7 Jenis Serum Wajah Sesuai dengan Fungsi dan Tips Memilihnya

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit

Bibir kering, mengelupas, pecah-pecah hingga tumbuh luka memang ga bisa dianggap remeh. Selain rasa tidak nyaman jika dibiarkan akan menambah luka yang semakin parah hingga terinfeksi bakteri.

Duh, jangan sampai ya bibir merona kita jadi ga enak dipandang dan mengganggu penampilan. Yuk bisa dicoba mandiri di rumah kalian masing, masing dengan menggunakan bahan-bahan yang alami serta mudah dijangkau. Kita bisa hempas bibir kering dan pecah-pecah menggunakan serangkaian trik dan tips diatas.

Selamat mencoba dan semoga sehat selalu

Tinggalkan komentar