Menjaga Kebersihan Area Pribadi Wanita

Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan semua orang. Bukan hanya yang terlihat saja, Kawan cantik juga wajib menjaga kebersihan area-area yang tidak terlihat seperti area pribadi.

Area pribadi wanita atau vagina adalah bagian penting dari reproduksi wanita. Menjaga kebersihan vagina artinya menjaga kesehatan agar bisa terhindar dari penyakit organ reproduksi.

Tips Menjaga Kebersihan Area Pribadi Wanita

Ada beberapa hal yang perlu Kawan cantik lakukan jika ingin menjaga kebersihan area pribadi. Apa saja? Berikut di antaranya:

Membersihkan Area Pribadi dengan Benar

Hal terpenting yang perlu Kawan cantik lakukan adalah membersihkan area pribadi dengan benar, terutama setelah buang air. Cara membersihkan area pribadi yang benar adalah menggunakan air bersih. Lalu keringkan menggunakan tisu dari depan menuju belakang.

Arah membersihkan penting karena bertujuan untuk mencegah bakteri di anus berpindah ke vagina. Apabila memiliki air hangat, Kawan cantik juga bisa menggunakannya untuk membersihkan vagina dengan baik. Bakteri dan jamur akan lebih mudah hilang apabila menggunakan air hangat.

Hindari Sabun Pembersih yang Mengandung Parfum

Beberapa wanita suka membersihkan area pribadi dengan sabun pembersih khusus. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan karena vagina mampu membersihkan diri sendiri dengan cairan yang diproduksi.

tips membersihkan area pribadi wanita

Namun jika Kawan cantik ingin menggunakan sabun pembersih, gunakan sabun yang tidak mengandung parfum. Pasalnya sabun yang mengandung parfum malah bisa merusak bakteri baik dan mengganggu keseimbangan pH.

Selain itu, Kawan cantik juga wajib memilih sabun dengan label hypoallergenic. Sesuai dengan labelnya tersebut, sabun tidak menimbulkan alergi yang bisa membuat iritasi pada kulit.

Keringkan Menggunakan Handuk Lembut

Setelah membersihkan area pribadi, selanjutnya Kawan cantik harus mengeringkannya. Kawan cantik bisa menggunakan handuk lembut khusus area pribadi atau tisu lembut. Tujuannya yaitu agar kelembapan area tersebut terjaga.

Artikel Terkait  7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Paha Wanita yang Wajib Kawan Cantik Coba

Mengeringkan vagina juga penting untuk mencegah tumbuhnya jamur maupun bakteri. Jika belum memiliki handuk khusus, maka segera beli handuk yang memang hanya boleh digunakan untuk area pribadi. Ingat untuk memisahkan handuk untuk area pribadi dengan handuk-handuk lainnya.

Hindari Pembalut Beraroma

Ada cukup banyak jenis pembalut yang bisa Kawan cantik pilih di pasaran. Contohnya pembalut berukuran besar, pembalut stkawan cantikr, hingga panty liner yang kecil. Dari semua jenis pembalut yang ada di pasaran, jenis pembalut yang tidak disarankan adalah pembalut yang memiliki aroma.

Apalagi jika Kawan cantik memiliki kulit sensitif, maka pastikan menghindari pembalut beraroma. Pembalut yang memiliki aroma biasanya mengandung parfum yang bisa memicu iritasi dan keputihan. Selain itu, Kawan cantik juga wajib mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam. Jangan malas mengganti pembalut jika menginginkan vagina yang bersih dan sehat.

Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Pemilihan pakaian dalam perlu diperhatikan dengan baik. Pasalnya pakaian dalam akan Kawan cantik gunakan setiap hari pada setiap kondisi dan keadaan. Pastikan Kawan cantik menggunakan pakaian dalam yang nyaman berbahan katun, thong atau panty.

Jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu kekecilan karena terasa sesak. Jangan juga menggunakan pakaian dalam yang terlalu kebesaran. Gunakan ukuran yang pas dengan ukuranmu.

Tujuannya agar ada udara yang masuk sehingga area pribadi tidak menjadi lembap. Area pribadi yang lembap bisa memicu munculnya infeksi jamur.

Cukur Rambut Kemaluan Secara Teratur

Rambut kemaluan memiliki peran untuk melindungi bibir vagina dari risiko tertentu seperti lecet, bakteri dari luar, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu Kawan cantik dianjurkan untuk memangkasnya saja, bukan mencukur hingga habis.

Artikel Terkait  Apa Manfaat Bioglass bagi Kesehatan?

Gunakan gunting khusus dengan ujung tumpul agar tidak melukai kulit. Jangan lupa cukur secara rutin setiap rambut mulai tumbuh.

Hati-Hati dengan Perawatan Tradisional

Ada beberapa perawatan tradisional yang diyakini mampu membantu membersihkan dan menyehatkan area pribadi wanita. Contohnya yaitu ratus dan gurah. Belum ditemukan studi yang menunjukkan perawatan tersebut efektif.

Sebaiknya Kawan cantik harus berhati-hati dengan perawatan-perawatan tradisional sebelum menggunakannya. Pasalnya salah dalam melakukan perawatan bisa menyebabkan masalah pada area pribadi.

Itulah cara menjaga kebersihan area pribadi wanita yang bisa Kawan cantik lakukan. Selain itu, Kawan cantik juga harus rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan. Memeriksakan diri bukan hanya untuk orang yang hamil saja, namun untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan.

Tinggalkan komentar