Ini Dia Alasan Tidak Ada Vitamin F, G, H, I dan J

Hallo cantik, buat kalian yang sering menggunakan serum wajah atau pelembab biasanya akan sangat concern terhadap keberadaan vitamin yang bermanfaat untuk kulit tubuh kita. Vitamin E adalah salah satu vitamin yang kita kenal, selain vitamin E kita juga mengenal keragaman vitamin mulai dari vitamin A, Vitamin B, C, D, E dan K.

Mungkin cantik bertanya-tanya, mengapa tidak ada Vitamin F, G, H, I dan J, mengapa langsung menuju Vitamin K?

Alasan Tidak Ada Vitamin F, G, H, I dan J

Dikutip dari anotherorion.net, hal ini terjadi karena perkembangan dunia sains yang mengkoreksi pengetahuan sebelumnya, dimana kelima jenis Vitamin tersebut pernah ada dan kemudian berubah seiring perkembangan jaman

Vitamin F

Vitamin F ditemukan pada tahun 1923 sebagai dua jenis essential fatty acid atau EFA, namun pada tahun 1929, diketahui bahwa kedua jenis EFA tersebut lebih baik diklasifikasikan sebagai asam lemak dibandingkan vitamin.

Oleh karenanya kedua jenis Vitamin F tersebut mendapatkan nama baru yaitu Asam Alfa Linolenat (ALA) yang populer dikenal sebagai asam lemak Omega 3 serta Asam Linolenat (LA) sekarang dikenal sebagai asam lemak Omega 6.

Omega 3 banyak diperoleh dari ikan berminyak, seperti makarel, sarden, minyak hati ikan kod, sementara Omega 6 terdapat pada minyak goreng, kedelai, almond dan kacang mete.

Vitamin G

mengapa tidak ada vitamin F

Vitamin G ditemukan ilmuwan Amerika, Joseph Goldberger, vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kandungan, mengobati migrain, menjaga kesehatan kulit dan rambut seperti vitamin E dan mampu mencegah katarak. Saat ini Vitamin G mendapatkan nama baru yaitu riboflavin.

Selain dikenal sebagai riboflavin, banyak juga yang menyebutnya sebagai lactoflavin, berbeda dengan vitamin F yang dikategorikan sebagai lemak, Vitamin G masih ada dalam keluarga Vitamin, dengan nama baru vitamin B2

Artikel Terkait  Tetap Bugar Saat Puasa

Vitamin H

Bagaimana dengan vitamin H, cantik? Vitamin H ditemukan dalam bentuk murni pertama kali di tahun 1935, namun strukturnya baru diketahui pada tahun 1942 oleh Vincent du Vigneaud, vitamin ini pertama kali ditemukan digunakan oleh hewan peternakan, manfaat vitamin H adalah untuk mengubah karbohidrat menjadi energi.

Vitamin H ditemukan di ragi, susu, telur dan jeroan. vitamin ini merupakan vitamin yang dapat larut dalam air, vitamin H berfungsi menjaga kesehatan kulit dan mata. Saat ini, Vitamin H dikenal sebagai biotin, dan masuk sebagai keluarga vitamin B, yakni vitamin B7

Vitamin I

Tidak terdapat literatur yang menjelaskan keberadaan vitamin I, kemungkinan vitamin ini sudah dikeluarkan dari keluarga vitamin sebelum sempat diresmikan, dan catatan mengenai vitamin I sangat sulit ditemukan. Hmm cantik penasaran gak dengan vitamin satu ini?

Vitamin J

Vitamin J merupakan jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata dan kulit. Namun penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa vitamin J merupakan jenis yang sama dengan Vitamin G, hanya saja penelitinya berbeda.

Karenanya, saat vitamin G berubah menjadi vitamin B2, maka Vitamin J, ikut menghilang dari keluarga vitamin.

Dari daftar alfabet vitamin, hanya ada beberapa huruf yang tidak terpakai, yaitu I, N, Q, R, T, V, W, X, Y dan X. Selain itu kebanyakan vitamin lain diklasifikasi kembali ke dalam vitamin lain seperti Vitamin M menjadi vitamin B9 dan vitamin PP menjadi vitamin B3,  sisanya dikeluarkan dari keluarga vitamin.

Sekarang sudah tahu ya cantik alasan, mengapa kita hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E, K? tidak mengenal vitamin F dan kawan-kawannya? Dan artikel ini semoga menjawab mengapa vitamin B punya banyak varian, jika ada yang ingin didiskusikan sama Cantika boleh banget lho

Satu pemikiran pada “Ini Dia Alasan Tidak Ada Vitamin F, G, H, I dan J”

Tinggalkan komentar