Social Anxiety Disorder: Gejala Sosial yang Perlu Ditangani

Social Anxiety Disorder, merupakan salah satu gangguan dalam diri yang ditampakkan dalam mimik wajah, gerak tubuh, maupun perbuatan. Di gangguan ini, kita kenal dengan gugup ketika menghadapi banyak orang, seperti akan berpidato atau wawancara kerja.

Saat ketakutan itu menguasai dirimu, dan bahkan membuat dirimu menarik diri dari lingkungan, maka kamu mengalami SAD ini, atau fobia sosial. Ketakutan ini, bisa mempermalukan dirimu sendiri, dan mengakar kuat, hingga kamu menghindari pemicu di balik itu.

Tentang Social Anxiety Disorder

SAD, anggap saja seperti kelainan yang terjadi sejak masa anak-anak dan terbawa hingga beranjak dewasa. Hal ini, sering dialami oleh perempuan, dan bukan bukan berarti laki-laki tidak mengalami ini yah! Pastinya, kelainan atau gangguan ini bisa diatasi.

Fobia ini, sering dianggap sebagai kecemasan sosial secara berlebihan. Disini, kamu mengalami ketakutan yang begitu ekstrem terhadap suatu situasi sosial yang melibatkan performa tertentu. Hal ini,  lebih sering terjadi pada situasi yang benar-benar asing (kamu merasa diawasi dan dinilai orang lain).

Penyebab utama, adanya SAD ini, adalah berawal dari ketakutan untuk memulai atau melakukan suatu hal, karena berbagai alasan. Sehingga dari takut untuk memulai tersebut, membuat semua hal yang dilakukan terasa tidak optimal.

Mengenai Fobia dalam SAD

Fobiadalam kasus sosial ini, mengindikasikan bahwa kelainan ini kompleks. Dampak yang dirasa, sifatnya merusak hingga melumpuhkan kehidupan yang dialaminya. Gangguan ini, bisa mempengaruhi kepercayaan, dan harga diri seseorang sehingga kehidupannya terganggu.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Kelainan ini, harus segera mendapatkan penanganan. Dan untuk penanganannya, kamu bisa pergi ke dokter ahli psikologi. Bisa konsultasi online maupun offline, tergantung kebutuhanmu dan budgetmu. Pastikan, dalam memilih ahli psikologi memang benar-benar paham akan keadaanmu.

Jangan sampai, salah ahli psikologi membuat kamu semakin takut untuk terbuka dan bereksplor dalam dunia kehidupan yang sesungguhnya, atau seluas-luasnya. Kelainan ini, tidak sama dengan sifat pemalu, tetapi bagi yang belum tahu, hal ini disamakan dengan itu.

Pemicu SAD

Lanjutan dari penjelasan sebelumnya, SAD muncul ketika ada hal yang memicunya untuk takut atau cemas berlebih, jadi pengidap ini cenderung tidak membina hubungan dengan orang lain secara panjang, dan mengasingkan diri ke dunia luar.

Hal ini beda dengan introvert, karena introvert masih bisa berinteraksi dengan dunia sosial (luar), hanya saja akan gampang capek atau lelah setelah berinteraksi dengan orang banyak. Kondisi ini, membuat mereka sering kesepian. Pengidap ini, juga mengalami kelainan psikologi, depresi, hingga PTSD.

Tidak menutup kemungkinan, gangguan makan dan penyalahgunaan obat bisa terjadi. Social anxiety disorder, masih belum tepat jika dianggap antisosial. Hal ini didasarkan, interaksi sosial yang dijalani justru membuat ia ketakutan, hingga kecemasan berlebih.

Gejala Psikis SAD

Terdapat, gejala psikis SAD, yang perlu diperhatikan secara penuh, diantaranya:

  1. Merasa sangat takut jika ada orang yang mengetahui bahwa dia sedang gugup.
  2. Merasa sangat cemas, jika ada orang yang mengetahui dirinya sedang stres.
  3. Menghindari acara pesta, karena tidak senang berada di tengah keramaian.
  4. Menghindari makan, minum, hingga bekerja secara berlebih di tempat umum.
  5. Menghindari penggunaan toilet umum, dan merasa panik jika menerima panggilan telepon.
  6. Menghindari tempat ramai, seperti pusat perbelanjaan, hingga tempat-tempat ramai lainnya.
Artikel Terkait  Kenali Tanda Tanda Hamil Muda

Gejala Fisik SAD

Adapaun gejala fisik dari SAD, diantaranya:

  1. Tubuh berkeringat atau gemetar, kelelahan, wajah dan pipi memerah.
  2. Detak jantung jadi lebih cepat, mengalami sakit kepala, sulit bernapas.
  3. Otot terasa tegang, mulai muual atau perut terasa tidak enak, diare.
  4. Sulit berbicara, mengalami pusing, merasa ingin pingsan.

Cara Mengatasi Fobia Sosial SAD

Selain pemicu yang dijelaskan di atas, ternyata, menurut penelitian, SAD dipicu oleh beberapa hal, berkaitan dengan ilmu biologi, meliputi genetik, lingkungan, kekurangan hormon serotonin, dan struktur otak. Sehingga, dari situ, masih bisa ditangani oleh orang dan cara yang profesional, diantaranya?

1. Pengobatan medis

Pengobatan medis itu perlu, dan pasti, agar segera ditangani, dan tidak menjadi masalah yang serius. Penggunaan obat-obat, perlu diawasi dokter, dengan berpatok pada resep penggunaan. Jenis obat, yang umumnya digunakan, adalah paroxetine atau sertraline.

2. Psikoterapi

Psikoterapi, merupakan metode pengobatan lain, menggunakan terapi perilaku dan cognitive behavioral therapy (CBT). Terapis ini, akan sangat membantu penderita dalam mengenali rasa takut, sekaligus melatih mengubah rasa takut dan cemas menjadi rasa yang lebih menyenangkan.

3. Terapi relaksasi

Terapi relaksasi, lebih ke penderita diajarkan teknik pernapasan dan meditasi. Dari sini, penderita juga bisa melakukan relaksasi sederhana di rumah. Terapi bisa lebih santai dan seiring waktu, fobia ini, akan  bisa sembuh.

Itulah, penjelasan mengenai Social Anxiety Disorder, atau yang kita kenal dengan SAD. Semoga bermanfaat.

 

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar