Pilihan Pasta Gigi Aman untuk Ibu Hamil

Moment hamil adalah moment yang sulit untuk dilupakan, begitu banyak proses panjang yang cukup melelahkan  namun menyenangkan sebagai ibu baru yang penuh dengan experiment setiap hari.

Ketika sedang mengandung bukan cuma kesehatan calon buah hati saja namun kesehatan dari ibu sendiri sangatlah penting dan berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran kebersihan dapat dilakukan dengan olahraga teratur, istirahat cukup, konsumsi air putih, makan makanan yang bergizi.

Namun yang tidak kalah penting dari si ibu sendiri adalah kesehatan mulut dan juga gigi, biasanya ketika hamil para ibu disarankan untuk check up ke puskesmas terdekat untuk memeriksa kesehatan salah satunya Mulut dan gigi. Saat hamil bagian tubuh ini (mulut dan gigi) juga akan rentan terluka ya karena faktor hormonal.

Selain itu pada saat hamil, indera penciuman ibu biasanya meningkat tajam, dan tentunya jika tidak menggosok gigi akan lebih mengganggu suasana hati. Oleh karena itu ibu hamil tetap disarankan untuk menggosok gigi. Pun demikian kalau ibu menderita gigi berlubang sebelumnya atau permasalahan sebelumnya segera periksa ke dokter.

Lalu apa hubungannya dengan janin yang kotor kan mulut dan gigi si ibu? Nah yang perlu diperhatikan dan perlu diluruskan disini adalah karena mulut, lidah , dan gigi menjadi sarana utama ketika ibu mengunyah dan mengkonsumsi makanan.

Ketika jalan makanan tidak bersih mengandung kuman, kemudian sampai infeksi efeknya sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Karena makanan yang masuk kedalam tubuh kita nantinya akan berpengaruh kepada calon bayi kita, ketika kuman atau bakteri jahat tertelan maka akan masuk pula pada tubuh anak kita. Kasian ya jika janin harus terkena dampak kita sebagai ibu harus pintar merawat diri sehingga bayi akan tumbuh kembang dengan baik serta sehat.

Nah untuk itu kawan cantik tetap wajib membersihkan gigi dan juga mulut secara rutin dengan cara menggosok gigi dan periksa ke dokter gigi.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggosok gigi pada ibu hamil

Ada beberapa tips yang perlu kawan cantik perhatikan saat hamil dan kaitannya dengan kegiatan membersihkan gigi dan mulut ini

  • Pilih jenis pasta gigi, pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung bahan kimia, misalkan fluoride, triclosan, dan alkohol karena justru beresiko membuat mulut semakin kering.
  • Paparan dari fluoride yang berlebihan dalam jangka panjang pada ibu hamil dikhawatirkan memicu alergi tertentu dan menghambat perkembangan otak pada janin.
  • Menyikat gigi dengan sikat gigi yang standar bisa menjangkau sela- sela gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menimbulkan bakteri berkembang
  • Rutin 3X sehari menyikat gigi hingga bersih. Terutama setiap hari sebelum tidur, hal ini mampu menghilangkan bakteri yang menyebabkan plak gigi menumpuk. Sehingga gigi mudah terkikis dan cepat berlubang.
  • Pemeriksaan kesehatan gigi secara berkala, bumil bisa memeriksakan keadaan gigi serta konsultasi dengan dokter.
  • Sebaiknya menghindari pemutihan gigi. Meski tidak ada penelitian yang menunjukkan ada masalah dengan pemutihan gigi saat hamil, tetapi kebanyakan dokter gigi menyarankan kawan cantik menghindari pemutihan gigi selama proses mengandung.
  • Makan makanan dengan gizi seimbang.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu ekstrem, terlalu dingin atau panas.

Zat yang Sebaiknya Dihindari dalam Merek Pasta Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

Merk pasta gigi yang disarankan untuk ibu yang sedang hamil adalah memperhatikan kandungan bahan dan zat di dalamnya. Zat yang sebaiknya dihindari pemakaian secara berlebihan oleh ibu hamil pada merk pasta gigi disarankan tidak mengandung bahan sebagai berikut ini.

Artikel Terkait  Pilihan Obat Asam Lambung di Apotek Terdekat

Fluoride

Karena kandungan fluoride adalah cara yang aman dan efektif untuk mencegah gigi berlubang bagi semua orang, termasuk ibu hamil. Namun di sisi lain, ditemukan fakta pada 2012, peneliti dari Harvard School of Public Health dan China Medical University menemukan hubungan yang kuat bahwa fluoride dapat berdampak negatif pada perkembangan kognitif pada anak-anak. Oleh karena itu pada saat hamil pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Dan saat inipun tidak semua produk pasta gigi mengandung fluoride, tentunya agar dapat aman digunakan oleh ibu hamil.

pasta gigi aman untuk ibu hamil

Selain itu, dalam sebuah studi 2006 oleh Dewan Riset Nasional AS dari Akademi Nasional, mereka menemukan bukti bahwa fluoride mempengaruhi fungsi endokrin normal. Endokrin adalah sistem kelenjar yang membantu mengontrol banyak fungsi dalam tubuh dengan melepaskan hormon. 

Fungsi tersebut membantu menentukan bagaimana jantung Anda berdetak, dan pertumbuhan serta perkembangan tulang.

Tricolsan

Menurut Food and Drug Administration (FDA), sebuah penelitian yang dilakukan menemukan penurunan beberapa hormon tiroid. Namun, belum ada data signifikan tentang efeknya pada manusia dalam kaitannya dengan penelitian ini.

Triclosan adalah bahan yang dapat ditemukan dalam pasta gigi, sabun mandi, sabun antibakteri, dan kosmetik.

Sodium Lauryl Sulphate (SLS)

Penggunaan SLS berlebihan cenderung membuat mulut kering dan mudah terkena sariawan. Menggunakan produk dengan kandungan SLS dalam bentuk pasta gigi dapat menyebabkan iritasi. Bagi mereka yang menderita sariawan, ini bisa memperburuk gejala lebih lanjut. 

Karena alasan ini, mungkin yang terbaik adalah menghindari SLS untuk menjamin produk yang digunakan adalah pasta gigi aman untuk ibu hamil.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, menyebutkan pasien yang menggunakan pasta yang mengandung SLS selama periode 3 bulan, pasien memiliki lebih banyak luka terbuka setelah percobaan. 

Sebagai alternatif, ketika pasien beralih ke pasta bebas SLS, jumlah luka berkurang secara drastis.

Propilen Glikol

Zat satu ini digunakan untuk meningkatkan umur simpan produk, penampilan dan tekstur. Dalam jumlah besar, propilen glikol telah dikaitkan dengan kerusakan sistem saraf pusat, hati, dan jantung.

Merk pasta gigi yang aman untuk ibu hamil sebaiknya bebas dari propilen glikol, untuk penderita penyakit ginjal dan hati dapat menjadi lebih parah.

Propilen glikol dapat ditemukan dalam barang-barang yang kita gunakan sehari-hari seperti kosmetik, perasa, dan obat yang diresepkan. 

Akan sangat bijaksana untuk menghindari konsumsi berlebihan dengan memastikan bahan ini tidak ada dalam rutinitas pasta gigi ibu hamil.

Paraben

Pastikan pasta gigi tidak mengandung paraben, yang sifatnya membuat awet umur simpan bahan kosmetik tak terkecuali pasta gigi. Zat ini sangat berbahaya dan dapat mengganggu kerja dan fungsi hormon dengan meniru hormon estrogen.

Dampak negatif penggunaan baraben ini sangat besar bisa menyebabkan kanker payudara, masalah perkembangan janin dan reproduksi.

Dietanolamina (DEA)

Produk bahan DEA ini sering ditemukan dalam antibeku dan minyak rem, Dalam sebuah penelitian 1998 ditemukan bahwa DEA menginduksi defisiensi kolin hati. Tidak hanya itu saja namun dikaitkan dengan kanker pada hewan.

Artikel Terkait  ASI Booster Terbaik untuk Memperbanyak Produksi Susu Ibu

Pemanis Buatan

Sakarin, disebut-sebut telah dikaitkan dengan kanker kandung kemih, tumor otak, dan limfoma. Namun, hingga saat ini tidak ada bukti konklusif untuk mendukung klaim ini. 

Di sisi lain, Aspartam konon berisiko mempengaruhi bakteri usus dan meningkatkan glukosa darah yang telah dikaitkan dengan resistensi insulin.

Efek pemanis buatan sakarin dan aspartam pada tubuh yang digunakan dalam jangka panjang akan berdampak negatif pula bagi kesehatan.

Beberapa pilihan Pasta gigi anti mual untuk para ibu hamil

Biasanya ketika hamil muda pasti merasakan mual- mual entah itu pada pagi hari maupun malam hari berbeda- beda sesuai dengan kondisi ibu hamil masing – masing. Nah ketika sudah mual makin mual ya, ditambah dengan sikat gigi dengan pasta gigi yang membuat aroma mencolok sehingga memicu mual hingga muntah.

Jenis pasta gigi yang disarankan untuk ibu yang sedang hamil bisa menjadi pilihan tepat untuk kawan cantik.

Mama’s choice

Jenis pasta gigi pertama seperti namanya Mama’s choice pasta gigi non-fluoride, pilihan mama yang patut di coba karena super aman tanpa ada kandungan fluoride, tanpa SLS dan triclosan. Bahan- bahan yang terkandung di dalamnya seperti klorofil, siwak, allantoin, mint dan juga kalsium. 

mama's choice pasta gigi non fluoride

Dengan racikan bahan alami siwak sebagai pengganti fluoride untuk membersihkan mulut sampai ke dalam. Sementara klorofil membantu mencegah bau mulut dan mencegah terbentuknya plak gigi. Untuk Mama yang sedang menderita sariawan iritasi pada gusi bisa mencoba pasta gigi yang satu ini, karena manfaat dari Allantoin di dalamnya. Sementara untuk aroma mint membantu nafas menjadi lebih lega dan pernapasan lebih segar menjadi lebih percaya diri di setiap kesempatan.

Lalu bagaimana dengan kandungan kalsium dalam pasta gigi Mama’ s choice ini? Selain memperkuat dan menutrisi struktur gigi, manfaat lain yang bisa dirasakan adalah kalsium ini mampu bertindak sebagai pembersih plak gigi secara alami.

Pasta gigi ini sesuai dengan manfaatnya harganya lebih mahal daripada pasta gigi biasa, Pasta gigi ini bisa Mama beli di toko online Mama’s Choice dengan harga Rp 35.000 per kemasan. Kunjungi link pembeliannya

Pepsodent Sensitive Expert Original

Pasta gigi yang kedua yaitu Pepsodent Sensitive Expert Original, sesuai namanya ya untuk gigi Mama yang sensitif, mudah nyeri ketika makan makanan dingin, atau terlalu panas.

Nah khusus untuk gigi sensitif mama tidak perlu khawatir lagi bisa diatasi dengan rutin menggosok gigi dengan pasta gigi jenis ini. Rasa ngilu yang membandel, membuat kita menjadi tidak nyaman ketika harus makan makanan favorit kita nih. Selain itu pasta gigi ini mampu merawat kesehatan gigi, gusi dan mulut secara menyeluruh.

pasta gigi aman ibu hamil pepsodent sensitive expert

Tenang kawan cantik tersedia banyak varian yang bisa menjadi opsi untuk kalian agar rasanya tidak menimbulkan mual- mual ketika menyikat gigi. 

Tersedia beberapa pilihan seperti varian whitening, gum care, fresh dan enamel care. Pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert bisa dibeli dengan rentang harga antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Sangat murah bukan? Bisa dibeli disini ya cantik

Pureen Maternity Toothpaste

Pilihan pasta gigi aman bagi bumil selanjutnya yaitu Pureen Maternity Toothpaste, Seperti namanya didedikasikan khusus untuk ibu hamil sekaligus ibu menyusui.

Pas banget ya Mama dan Bunda karena seperti yang sudah dipaparkan bahwa kelebihan fluoride saat hamil mengganggu kesehatan dan perkembangan otak janin, Salah satunya menyebabkan kerusakan sel dan neurotransmitter.

Artikel Terkait  Hindari 7 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi ini Agar Tetap Sehat

Pureen-Maternity-Toothpaste

Kandungan SLS yang cenderung membuat kulit lebih kering, SLS sendiri adalah bahan pembuat dari busa pada pasta gigi yang biasa pada umumnya.

Pada ibu hamil paparan SLS yang berlebihan menyebabkan mulut menjadi kering, kemudian akan rentan terkena sariawan. Biasanya Pureen Maternity Toothpaste di bandrol dengan harga sekitar Rp. 74.000. Beli disini bisa kok!

TNTN Mom’s

Inovasi pasta gigi untuk ibu hamil selanjutnya yaitu TNTN Mom’s unik ya cantik dari namanya saja sudah dipercaya aman digunakan ibu hamil sekaligus menyusui. Kemasannya pun bergambar ibu yang sedang hamil, namanya cukup unik pasta gigi ini berasal dari Korea. TNTN mom’s ini bebas dari paraben, SLS, microplastic, triclosan, fluoride, sakarin dan bahan lainnya. 

tntn mom's tooth paste

Cukup aman ya, rasa dari pasta gigi ini adalah rasa anggur yang manis, sehingga membuat mulut menjadi segar, wangi tidak membuat mual pada ibu hamil. Teksturnya pun juga tak kalah unik, yaitu bening tidak seperti putih susu pasta gigi pada umumnya.

Pasta gigi TNTN Mom’s bisa dibeli di official store TNTN Mom’sIndonesia di Shopee, dengan harga Rp 160.000, lengkap dengan satu buah sikat giginya.

Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste

Pasta gigi alami berikutnya adalah Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste, terbebas dari kandungan bahan berbahaya. Merk lokal ini mudah didapatkan melalui official online shop karena sudah terpercaya aman dan banyak digunakan oleh para ibu hamil.

Kandungan alami pada pasta gigi ini, sekaligus menjaga kesehatan gigi dan mulut. Formulanya dibuat khusus sebagai pemutih gigi alami yang dapat mengurangi tanda-tanda perubahan warna gigi, sekaligus membantu menjaga kesehatan mulut dengan cara menyeimbangkan bakteri alami dalam mulut. 

pasta gigi ramah ibu hamil Sensatia Botanicals Charcoal-Mint Natural Toothpaste

Sesuai namanya pasta gigi ini berbahan utama charcoal aktif, formulanya di buat khusus sebagai pemutih gigi secara alami mengurangi perubahan warna pada gigi. Sehingga bakteri pada mulut akan berkembang seimbang, karena terbebas dari SLS, pasta gigi bebas fluoride untuk bumil.

Hebatnya lagi, produknya juga termasuk biodegradable, menjadikannya tidak memiliki potensi untuk mencemari air tanah setelah terbilas dan masuk ke dalam saluran air. Sudah terverifikasi halal Wah, selain menjadi merek pasta gigi yang aman untuk ibu hamil, juga aman untuk lingkungan, ya! Sensatia Botanicals Charcoal-mint Natural Toothpaste – Rp 45.000. Klik untuk menuju halaman pembelian

Nah itulah beberapa rekomendasi pasta gigi aman untuk digunakan ibu hamil, serta menjaga kesehatan mulut dan gigi tanpa mengganggu perkembangan pertumbuhan otak janin.

Tidak ada salahnya kita lebih picky sedikit untuk kebaikan jangka panjang juga, Karena idealnya pasti harus memperhatikan kandungan bahan di dalamnya.

Agar tidak salah pilih kawan cantik bisa banget memilih diantara pasta gigi aman yang dipaparkan sebelumnya, sehingga kesehatan mulut dan gigi terjaga makan janin pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tinggalkan komentar