Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil 

Rasa sakit yang terjadi pada gigi Anda pasti akan terasa sangat mengganggu. Jika dalam keadaan tidak hamil, Anda mungkin bisa memiliki pilihan banyak obat sakit gigi untuk dikonsumsi. Namun ibu hamil berbeda karena tidak boleh sembarangan memilih obat. Obat yang dipilih harus aman dan tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Menurut ahli, ibu hamil sering mengalami sakit gigi karena kenaikan hormon progesteron dalam tubuh. Hormon tersebut memicu bakteri penyebab plak sehingga menyebabkan gigi busuk dan sakit. Kondisi akan lebih parah karena ibu hamil sering mengalami morning sickness atau ngidam.

Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Beberapa ibu hamil menahan rasa sakit gigi hingga sembuh sendiri. Namun apabila Anda tidak bisa menahannya, ada beberapa obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, ada juga perawatan untuk meredakan rasa sakitnya. Langsung saja, berikut pembahasannya:

  • Paracetamol

Obat yang aman untuk ibu hamil adalah acetaminophen atau paracetamol. Obat satu ini biasanya mengatasi masalah kesehatan seperti nyeri otot, pusing, sakit kepala, dan demam akibat sakit gigi.

Paracetamol aman asalkan dikonsumsi sesuai petunjuk atau saran dari dokter. Sebelum meminumnya, biasakan untuk membaca dosis serta aturan pakainya. Biasanya ibu hamil mengonsumsi obat ini dalam dosis yang paling rendah.

  • Antibiotik

Obat sakit gigi selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah antibiotik. Obat ini aman karena biasanya juga diberikan kepada ibu hamil selama masa kehamilan. Beberapa jenis antibiotik yang aman untuk dikonsumsi yaitu klindamisin, penisilin, dan eritromisin.

Antibiotik mampu membantu mengatasi sakit gigi karena infeksi yang terjadi pada gigi dan gusi. Namun jenis antibiotik bisa Anda konsumsi atas seizin dokter gigi yang meresepkannya.

Artikel Terkait  Apa Manfaat Bioglass bagi Kesehatan?

Konsumsi sesuai dengan petunjuk dokter mulai dari dosis, jangka waktu, hingga aturan. Hindari menambah, mengurangi, menghentikan, dosis tanpa adanya informasi dari dokter.

Salah menggunakan antibiotik malah membuat masalah Anda tidak kunjung sembuh. Jadi gunakannya dengan bijak sesuai petunjuk dokter.

  • Berkumur dengan Air Garam

Selain obat-obatan dari apotek, Anda bisa mencoba mengobati sakit gigi dengan bahan alami. Bahan-bahan ini lebih aman untuk ibu hamil dibandingkan dengan jika Anda mengonsumsi obat dari toko tanpa anjuran dokter.

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi adalah air garam. Gunakan air tersebut untuk berkumur setiap hari.

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Manfaat dari air garam yaitu membantu menghilangkan plak dan mengurangi rasa sakit. Obat ini digunakan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu.

Cara membuat air garam untuk obat sakit gigi yaitu dengan melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Jangan sampai menelan bekas kumur ya!

  • Kompres Menggunakan Es Batu

Es batu sering digunakan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh seseorang. Bahan ini ternyata juga dapat membantu ibu hamil mengatasi rasa sakit gigi yang tak tertahankan lagi.

Es batu memiliki suhu yang sangat dingin sehingga mampu membuat saraf mati rasa. Ketika saraf mati rasa, maka Anda tidak akan merasakan sakit lagi. Meskipun bersifat sementara namun cukup efektif untuk dicoba.

Caranya yaitu ambil es batu lalu bungkus dengan kain tipis. Tempelkan kain berisi es batu pada bagian pilih selama kurang lebih lima menit. Lakukan berulang kali hingga gigi tidak terasa sakit lagi.

  • Rajin Sikat Gigi

Selain mengobati gigi yang sakit, Anda juga perlu merawatnya dengan baik. Pastikan Anda selalu rutin menggosok gigi setelah makan atau paling tidak dua kali dalam sehari.

Artikel Terkait  7 Manfaat Minyak Atsiri

Pilih sikat gigi lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fungsi fluoride adalah menguatkan gigi dan membuatnya tidak cepat rusak.

  • Kontrol Ke Dokter Gigi

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan jika mengalami sakit gigi saat hamil adalah kontrol ke dokter gigi. Ahli akan memberikan rekomendasi obat yang aman untuk ibu hamil.

Anda juga bisa mendapatkan obat di apotek dengan adanya resep dari dokter. Jadi jangan malas ke dokter apabila sakit gigi ketika hamil.

Itulah pembahasan mengenai obat sakit gigi yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum memilih obat untuk sakit gigi. Menurut ahli, obat yang wajib dihindari adalah obat anti nyeri NSAID seperti ibuprofen dan aspirin.

Tinggalkan komentar