Gigi Berlubang? Ini Tips Mengatasinya

Gigi berlubang atau gigi bolong adalah salah satu kondisi akibat terjadinya pengikisan pada enamel gigi. Umumnya gigi berlubang tidak akan menimbulkan rasa sakit, dan baru ketahuan setelah sudah cukup terlambat akibat rasa nyeri yang menghampiri. Nah kalau sudah begini, tentu ada yang perlu kita lakukan kan kawan cantik?

Tapi sebelumnya apa sih yang menyebabkan gigi bisa berlubang?

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab gigi berlubang biasanya adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan manis dan jarang membersihkan mulut. Makanan manis yang kita konsumsi umumnya mengandung saripati gula yang akan diubah menjadi asam oleh bakteri alami di dalam mulut.

Perubahan asam inilah yang mampu mengikis lapisan terluar gigi, pada akhirnya gigi akan berlubang. Pada fase ini biasanya orang tidak menyadarinya, hingga akhirnya asam tersebut sampai ke bagian syaraf pembuluh darah yang ada di dalam lapisan gigi. Disinilah rasa nyeri tersebut mulai terasa.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko gigi berlubang adalah

  1. Tidak membersihkan gigi setelah makan
  2. Menyikat gigi tanpa pasta gigi/obat kumur yang mengandung fluoride
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
  4. Menderita gangguan saluran pencernaan seperti anoreksia, gerd, mulut kering dan bulimia
  5. Kebiasaan mengkonsumsi suplemen yang mengandung gula

Bahaya Gigi Berlubang

Obat sakit gigi untuk ibu hamil

Meski seolah terlihat sepele hanya akan menimbulkan rasa nyeri pada saat syaraf gigi berlubang terasa sakit, namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian untuk tidak menyepelekan gigi berlubang. Karena jika tidak segera diambil tindakan bukan tidak mungkin terjadi berbagai masalah kesehatan serius

Bau Mulut

Masalah paling familiar akibat gigi berlubang adalah bau mulut, bakteri yang ada dalam gigi berlubang akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Masalah ini bisa berakhir dengan menutup gigi atau mencabut gigi yang berlubang.

Artikel Terkait  Manfaat Penting Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Asbes Gigi

Asbes gigi adalah proses terbentuknya kantong nanah akibat penumpukan infeksi bakteri pada bagian gigi dan gusi. Dalam beberapa kasus, infeksi ini dapat berakibat fatal.

Endokarditis

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa gigi berlubang dapat menyebabkan masalah pada jantung. Ya, endokarditis adalah masalah infeksi pada dinding dan katup jantung yang diakibatkan infeksi pada rongga gigi.

Sepsis

Masalah lain yang mungkin timbul adalah munculnya Sepsis, kondisi dimana tubuh melawan infeksi namun berakibat merusak jaringan tubuh itu sendiri. Pada wanita hamil, hal ini dapat menimbulkan komplikasi kehamilan dan merusak kualitas janin.

Tips Mencegah Gigi Berlubang

Untuk menghindari masalah gigi bolong, kawan cantik harus melakukan gaya hidup sehat diantaranya adalah

  • Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman rendah gula
  • Membersihkan gigi dan mulut dengan pasta gigi dan obat kumur berfluoride
  • Rajin mengkonsumsi air putih

Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang

Bagaimana kalau kawan cantik sudah memiliki gigi berlubang? bagaimana cara merawat atau mengatasi rasa nyeri yang terjadi saat sakit gigi? Berikut adalah beberapa cara mengatasi nyeri pada gigi berlubang

Menggunakan Larutan Garam

Garam  memiliki fungsi meredakan radang dan nyeri, untuk mengatasi sakit gigi, bisa dilakukan dengan melarutkan 1 sendok teh garam pada segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama satu menit. Lakukan metode ini kurang lebih tiga kali sehari sampai rasa nyeri hilang.

Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini juga merupakan obat ampuh melawan sakit gigi, caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih dengan sedikit garam lalu dioleskan pada gigi yang terinfeksi.

Biarkan selama sepuluh menit dan kumur menggunakan air hangat atau obat kumur. Lakukan metode ini 2 kali dalam sehari. Cara lain adalah dengan mengiris bawang putih dan menggosokkannya pada area gigi yang berlubang. Sensasi hangat bawang putih akan membantu meredakan nyeri.

Artikel Terkait  7 Manfaat Minyak Atsiri

Kunyit Sebagai Pereda Sakit Gigi

Kunyit juga bisa digunakan sebagai pereda sakit gigi, rempah satu ini harus dicuci dan dihaluskan sebelum dioleskan pada gigi yang sakit. Lakukan pengolesan dengan ramuan kunyit dua kali sehari.

Tindakan Medis Penanganan Gigi Bolong

cara mengatasi rasa nyeri pada gigi berlubang

Melakukan Filling/Tambal Gigi

Cara paling umum dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan melakukan filling, atau menambal gigi. Sebelum ditambal, bagian yang rusak harus dibuang terlebih dahulu baru kemudian ditambal menggunakan bahan khusus.

Crown Gigi

Pemasangan mahkota gigi dilakukan di atas gigi yang rusak guna menghindari kerusakan yang lebih parah. Biasanya crown gigi dilakukan untuk gigi yang lemah.

Cabut Gigi

Kapan gigi berlubang harus dicabut? Untuk kasus gigi berlubang dengan tingkat kerusakan parah maka tindakan yang dilakukan adalah dengan mencabut gigi yang rusak agar tidak menyebar.

Nah itulah sekilas mengenai gigi berlubang, tetap waspada ya kawan cantik, dan sekarang gak perlu bingung jika terkena sakit gigi akibat gigi bolong.

Tinggalkan komentar