Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga?

Biasanya menabung sering dikaitkan dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Jumlah pendapatan yang sedikit seringkali menjadi alasan kenapa orang tidak menabung. Selain itu juga kebutuhan yang banyak yang membuat orang juga tidak bisa menabung.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan dalam rumah tangga agar kita tetap bisa memenuhi kebutuhan dan bisa menabung? Dibawah ini akan Cantika berikan cara mengatur keuangan dalam rumah tangga untuk gaji 3 juta dan 5 juta.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Dengan gaji 3 juta, kawan cantik juga bisa mengatur keuangan dalam rangka memenuhi kebutuhan. Agar gaji yang diterima bisa dikelola dengan baik maka dibawah ini akan kami berikan caranya :

Mengatur budget

Disini kawan cantik harus tahu mana kebutuhan prioritas dan mana yang merupakan kebutuhan tambahan. Sebaiknya utamakan kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan penting.

Hidup hemat dan hindari hutang

cara mengatur keuangan dalam rumah tangga budget 3 juta

Jika kawan cantik seorang ibu rumah tangga maka jadilah ibu yang hemat. Ini bisa dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana, contohnya tidak membeli sesuatu yang hanya berdasarkan keinginan saja. Usahakan memasak sendiri agar bisa menghemat biaya.

Belanja Pintar

Maksudnya disini yaitu kawan cantik bisa berbelanja dengan memanfaatkan diskon maupun promo yang ada di minimarket maupun toko online. Bisa juga dilakukan dengan mencari barang pengganti dengan harganya yang lebih murah namun kualitasnya masih baik.

Cari penghasilan tambahan

Saat ini hanya dengan menggunakan smartphone saja, kita juga bisa menghasilkan uang. Contohnya dengan berjualan online.

Menabung ataupun investasi kecil

Meskipun pendapatannya tidak besar, namun jika kamu masih bisa menyisihkan sedikit uang agar bisa menabung. Tabungan ini sangat penting terutama saat ada kebutuhan mendadak.

Artikel Terkait  DepositoBPR by Komunal, Cara Praktis Mendepositokan Dana di BPR

Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 5 Juta

cara mengatur keuangan rumah tangga

Jika pendapatan yang kamu terima setiap bulannya adalah 5 juta maka cara mengatur keuangannya adalah sebagai berikut :

Gunakan Zero budgeting

Seperti kita tahu bahwa untuk biaya hidup di kota besar, contohnya Jakarta memang tidak murah. Sehingga kita juga perlu mengatur keungannya dengan baik agar pendapatan tersebut tidak langsung habis.

Disini kita bisa gunakan zero budgeting. Jadi apabila kamu sudah menerima gaji 5 juta maka langsung diisi pos-pos keuangan yang sudah disiapkan sebelumnya. Dan jika uang tersebut masih sisa, maka bisa dipergunakan untuk investasi atau tabungan.

Hindari menumpuk utang untuk konsumtif

Hindari menumpuk utang untuk keperluan konsumtif karena akan membuat kita tidak menabung dan bisa mengurangi jumlah kekayaan bersih yang kita miliki. Namun jika terpaksa harus berhutang maka yang bersifat produktif saja.

Memiliki penghasilan tambahan

cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 5 juta

Apabila gaji 5 juta yang diterima tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan maka bisa mencari tambahan penghasilan lainnya. Misalnya dengan berinvestasi sesuai profil keuangan atau bisa juga dilakukan dengan mencari kerja sampingan.

Tabungan dan investasi hanya 10 persen

Jika penghasilan yang diterima sebesar 5 juta maka yang di alokasikan untuk menabung yaitu 10% dari penghasilan yang diterima. Sehingga jika dihitung maka besaran tabungannya setiap bulan yaitu Rp 500 ribu. Kamu bisa menerapkan investasi di berbagai instrumen seperti saham, reksadana dan tentu saja emas.

Siapkan dana asuransi jiwa

Apabila sudah memiliki asuransi kesehatan maka ada baiknya ditambah dengan asuransi jiwa. Ini bermanfaat saat terjadi resiko meninggal maupun terjadi cacat tetap total.

Gunakan prioritas dalam menentukan kebutuhan jangkka pendek dan jangka panjang

Agar bisa mengetahui kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang tersebut maka harus buat daftarnya terlebih dahulu. Sehingga dengan tahu kebutuhan tersebut maka kita juga bisa mencari cara untuk memiliki tabungan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Artikel Terkait  Apa Saja Fitur Software Akuntansi yang Dibutuhkan UMKM

Semoga bermanfaat ya kawan cantik.

Tinggalkan komentar