7 Manfaat Minyak Atsiri

Manfaat Minyak Atsiri – Minyak atsiri yang juga dikenal dengan minyak esensial merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan seperti batang, bunga, kulit kayu, buah-buahan, atau bagian tanaman lainnya. Untuk mendapatkan minyak atsiri, ada beberapa proses distilasi atau penyulingan yang dilakukan.

Ada berbagai pilihan aroma minyak atsiri yang bisa kamu temukan di pasaran. Beberapa tumbuhan yang biasanya digunakan yaitu peppermint, jahe, lavender, lemon, tea tree, melati, jeruk purut, sereh, dan eukaliptus. Minyak ini bisa digunakan dengan cara dihirup dan dioleskan ke tubuh.

7 Manfaat Minyak Atsiri yang Perlu Kamu Tahu

Berbagai manfaat diberikan oleh minyak esensial satu ini. Apa saja kawan cantik? Berikut di antaranya:

Mengurangi Stres dan Depresi

Berdasarkan penelitian dari Molecules di tahun 2015, sebanyak 43% orang yang sedang mengalami stres dan kecemasan meredakan gejalanya dengan beberapa bentuk terapi alternatif. Minyak atsiri yang memiliki aroma menenangkan bisa digunakan bersamaan dengan terapi tradisional.

Pada umumnya, minyak esensial satu ini bisa merangsang otak untuk mengontrol detak jantung, alam bawah sadar, dan pernapasan. Jadi tidak heran apabila minyak atsiri sering digunakan sebagai terapi mental.

Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Sekitar tahun 90-an, sebuah uji klinis menemukan bahwa campuran etanol dengan minyak peppermint yang dioleskan ke dahi dan pelipis bisa membantu meredakan sakit kepala. Bahkan studi terbaru mendapatkan bahwa minyak lavender dan peppermint juga bisa meredakan sakit kepala.

Minyak atsiri untuk mengatasi migrain dan sakit kepala merupakan obat tradisional asal Persia. Akan tetapi butuh lebih banyak penelitian agar hasilnya lebih akurat dan efektif.

Minyak Pijat dan Terapi

manfaat minyak atsiri

Minyak atsiri adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam terapi dan pijat. Salah satunya yaitu minyak atsiri dari kelapa. Minyak tersebut digunakan sebagai minyak pijat untuk mengatasi badan kelelahan atau pegal-pegal. Tidak sedikit juga orang yang menggunakannya untuk pengobatan tradisional seperti saat mengalami cedera.

Artikel Terkait  9 Cara Mengatasi Bau Badan

Mengurangi Inflamasi

Kandungan antioksidan dan antibiotik dari minyak atsiri berguna untuk mengurangi inflamasi. Pada umumnya, inflamasi disebabkan oleh peradangan karena infeksi bakteri, jamur, dan juga virus. Selain meredakan peradangan dan inflamasi, minyak atsiri juga bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meningkatkan Daya Ingat

Semua orang pasti ingin memiliki daya ingat dan memori yang panjang. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat, salah satunya yaitu menggunakan minyak atsiri.

Aroma yang dikeluarkan oleh minyak ini memberikan rangsangan pada sistem di otak. Sistem tersebut adalah bagian terpenting dalam membentuk memori. Diperkuat dengan penelitian yang mengatakan jika aroma bisa memicu emosi dan daya ingat.

Mengatasi Gangguan Tidur

manfaat minyak atsiri

Gangguan tidur atau insomnia merupakan masalah yang sangat mengganggu. Pasalnya tidur adalah kebutuhan pokok manusia agar bisa kembali segar untuk memulai hari yang baru. Kekurangan tidur bisa memengaruhi kesehatan fisik seseorang.

Menghirup aroma minyak atsiri bisa membantu mengatasi masalah tidur tersebut. Bahkan minyak ini menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan obat-obatan kimia seperti obat tidur.

Bahan Dasar Produk Perawatan

Bahan yang digunakan untuk membuat minyak atsiri sangat beragam. Karena hal itu, minyak satu ini sering sekali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan wanita. Sampo dengan kandungan minyak atsiri bisa mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kasar, dan ketombe.

Selain itu, minyak atsiri juga digunakan untuk pembuatan krim wajah dan face oil. Manfaatnya yaitu untuk merelaksasi wajah, memperlambat penuaan dini, dan membuat aliran darah menjadi lancar.

Itulah berbagai manfaat minyak atsiri yang perlu kamu ketahui. Salah satu penggunaan minyak atsiri yaitu dengan alat yang dinamakan air diffuser.

Tinggalkan komentar