Apa Saja Fitur Software Akuntansi yang Dibutuhkan UMKM

Sebagai bagian dari pelaku usaha pastinya membutuhkan aplikasi software untuk UMKM. Jika saat ini kawan cantik sedang mencari software tersebut pastikan bahwa fitur software untuk UMKM ini ada pada software pilihanmu nantinya.

Jadi jangan sampai salah pilih supaya pengelolaan bisnis UMKM menjadi lebih mudah dan lancar sehingga keuntungannya bisa maksimal.

Penggunaan software akuntansi saat ini bukan hanya untuk industri yang berskala besar saja, namun pelaku usaha mikro, kecil ataupun menengah juga membutuhkannya.

Fitur software akuntansi yang dibutuhkan UMKM untuk bisnis

Sebelum membahas mengenai fitur-fitur yang ada, sebelumnya kawan cantik juga harus pahami terlebih dahulu apa itu software akuntansi dan UMKM itu adalah apa?

fitur software akuntansi kledo

Dalam perkembangan di Indonesia terutama bidang ekonomi, UMKM mempunyai peranan yang besar. Perkembangan UMKM di Indonesia juga harus harus terus di tingkatkan. Karena hal ini bukan hanya menjadi pekerjaan rumah pemerintah saja namun juga masyarakat yang ada di Indonesia.’

Adapun aspek-aspek pengembangan UMKM yaitu manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia, modal, pendidikan dan teknologi.

Dalam membangun UMKM, peranan teknologi juga peting untuk membantu pelaku bisnis dalam mempercepat produktivitasnya dalam suatu usaha yang berpengaruh terhadap tingkat pendapatannya.

Misalnya penggunaan teknologi pada proses akuntansi UMKM yang digunakan untuk membantu pelaku UMKM dalam membuat laporan maupun alur kas UMKM.

Sehingga ini penting bagi kita terutama bagi pelaku usaha memiliki software akuntansi dengan fitur lengkap untuk menunjang proses akuntansi.

1. Otomatis

Dengan software akuntansi maka tak perlu lagi menginput dengan cara manual. Disini kamu hanya perlu menginput data lalu semua laporan yang kamu butuhkan sudah otomatis dibuat. Selain itu kamu juga bisa melihatnya kapan saja.

Artikel Terkait  Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga?

fitur unggulan software akuntansi kledo

Tentunya hal itu akan mengurangi risiko kesalahan input dan laporan yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

2. Up to date

Meskipun usaha masih kecil namun masih ada kemungkinan usahanya menjadi maju dan berembang pesat. Seiring dengan makin berkembangnya usaha, maka kamu membutuhkan software akuntansi yang akan menampung dan mengkoordinasi semua kebutuhan usaha.

Hindari membeli software yang menawarkan harga miring dan tidak mampu memenuhi kebutuhan usaha. Dengan menggunakan software akuntansi yang sudah teruji yang terus dikembangkan merupakan investasi yang sangat berharga.

3. User Friendly

Tidak semua memahami dan mengerti software akuntansi. Jadi jika kamu menggunakan software yang hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu saja, ini akan merepotkan kedepannya.

Jadi sebaiknya kamu gunakan software yang user friendly yang bisa dimengerti orang awam akuntansi. Sehingga bisa menggunakannya.

4. Menggunakan cloud untuk menyimpan data

Di era digital seperti sekarang ini, kamu tak perlu on site untuk melakukan pemantauan bisnis nya. Dengan menggunakan cloud accounting, akan membantu kamu dalam memantau jalannya usaha. Bukan hanya itu saja kamu juga bisa mengetahui alur keuangan kapanpun dan dimanapun selama masih terhubung dengan internet.

Dengan software akuntansi akan membantu kamu dalam memudahkan pembuatan laporan keuangan dan menyimpan data di cloud. Ini akan sangat berguna sekali karena bisa meminimalkan kehilangan serta menyalahgunakan data bisnis.

5. After sales service & support

Dengan dukungan teknis dan support yang penuh tentunya sangat dibutuhkan bagi pengguna software akuntansi bagi UMKM. Sehingga kamu juga harus pastikan agar memilih software provider dengan akses komunikasi yang luas dengan user.

Contohnya komunikasi melalui telpon, email, chat yang bisa membantu pemasalahan sehingga akan cepat tertangani.

Artikel Terkait  Tips Mengalokasikan Dana Darurat

Dengan mempunyai after sales yang baik serta support yang dibutuhkan maka akan sangat membantu terutama saat menjalankan software akuntansi bagi UMKM.

Dengan memakai software akuntansi bagi UMKM yang tepat maka sebagai pemilik usaha juga akan terbantu saat ingin mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan cepat.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

fitur software akuntansi kledo

Apabila kamu akan mencoba software akuntansi maka bisa gunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Kledo.  Dengan software akuntansi Kledo merupakan pilihan tepat bagi pelaku UMKM untuk aplikasi pelaku usaha kecil yang kamu jalankan

Kledo yang didukung dengan berbagai fitur utama yang akan membantu pelaku UMKM dalam menjalankan kebiasaan bisnisnya dengan mudah. Dengan fitur easy invoicing akan memudahkan kamu UMKM dalam mengeluarkan faktur invoice.

Kamu hanya perlu memasukkan data yang dibutuhkan dan faktur ini nanti dicetak atau bisa juga langsung dikirimkan ke email ataupun sms.

Kemudian pelaku UMKM juga bisa melakukan pencatatan dan melacak keuangan dengan mudah berkat adanya fitur easy purchasing. Bahkan untuk pembekuan bisa dikonversi langsung agar menjadi faktur hanya dengan langkah mudah.Kemudian untuk fitur lainnya antara lain manajemen arus kas, laporan keuangan dan manejemen aset tetap.

Kemudian dalam pengelolaan usaha dengan menggunakan software akuntansi Kledo ini juga sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM lainnya. Mereka sangat terbantu dengan software ini, karena bisa mencatat semua transaksi dengan akurat dan cepat.

Tinggalkan komentar