Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan: Bisa Perbaiki Suasana Hati

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan minum agar tetap terhidrasi secara memadai. Apalagi sebagian besar atau sekitar 50 hingga 60 persen tubuh manusia terdiri atas air. Selain itu, terdapat banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh.

Perlu diketahui, dengan minum air putih juga dapat memperbaiki suasana hati dan kemampuan berpikir lho. 

Karena apabila mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, ternyata juga bisa bisa berdampak negatif pada suasana hati dan kemampuan berpikir. Hal tersebut bisa terjadi lantaran air membentuk 75 persen dari masa otak.

Cairan atau air dalam tubuh bisa berkurang melalui buang air kecil, berkeringat, menangis, bahkan bernafas. Semakin banyak keringat atau cairan yang dikeluarkan, maka tubuh akan semakin kehilangan cairan. Ketika tubuh memerlukan tambahan air, maka orang akan merasa haus.

Ketika akan berbicara di depan banyak orang, minum segelas air putih bisa membantu menambah rasa percaya diri atau menempatkan seseorang dalam kondisi mental terbaik.

Manfaat minum air putih

Selain hal di atas, masih banyak lagi, manfaat minum air putih bagi tubuh kita.

Memberikan energi

Ketika badan kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan menjadi lesu dan lemas. Hal tersebut akan memacu jantung bekerja dengan semakin keras, sehingga akan mengganggu kinerja organ tubuh lain. Dengan minum air putih akan membuat tubuh terhidrasi dan akan berenergi.

Meningkatkan kinerja otak

Dalam otak manusia, terdiri dari sekitar 73 persen air. Sehingga apabila tubuh kekurangan air otak tidak bekerja secara optimal. Setelah minum air putih, otak akan bekerja dengan lebih baik. Dengan begitu kita akan lebih konsentrasi, mudah fokus, dan berpikir jernih.

Meningkatkan imunitas

Minum air putih juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oksigen akan terbawa ke seluruh tubuh melalui air dalam tubuh. Apabila sirkulasi oksigen lancar, maka tubuh dapat bekerja dengan maksimal.

Artikel Terkait  Cara Memakai Kontak Lensa untuk Pemula maupun yang Ahli

Membantu mengeluarkan racun

Saat mengkonsumsi makanan dan minuman, akan menghasilkan ampas yang harus dibuang. Apabila ampas tersebut tidak dibuang, bisa menghasilkan racun dalam tubuh yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Akan tetapi jika kita minum air putih, akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun tersebut melalui keringat dan urin.

Air putih yang diminum pada kondisi perut kosong, bermanfaat untuk mengeluarkan racun, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan berat badan.

Menyehatkan kulit

Tubuh yang terhidrasi dengan minum air putih, juga turut membantu untuk menyehatkan kulit. Kulit menjadi tidak kering dan mudah keriput karena air putih berperan untuk melembabkan kulit.

Itulah beberapa manfaat air putih bagi tubuh. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun masih banyak pula orang yang enggan minum air putih. Padahal jika banyak minum air putih pun tidak menimbulkan efek samping, karena tidak mengandung kalori, karbohidrat, lemak, dan tidak mengandung gula.

Oleh karena itu, orang yang sedang diet pun tidak perlu khawatir untuk minum banyak air putih.

Untuk membiasakan dan tertarik minum air putih, gunakanlah tempat air minum yang menarik dan unik. Hal ini akan membuat kita bersemangat minum air putih. Serta letakkan botol tersebut di dekat tempat tidur, supaya bisa membiasakan minum air putih setelah bangun tidur.

Jika tidak suka minum air putih karena air putih tidak memiliki rasa, bisa menambahkan irisan buah pada air putih tersebut. Namun tanpa menambahkan gula. Selain memberikan rasa yang lebih segar, irisan buah juga akan membuat tampilan lebih menarik. ***

Tinggalkan komentar