Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami tentu baik untuk kesehatan kulit wajah. Minyak yang ada di wajah memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Apabila kekurangan minyak alami, maka wajah akan terlihat kering. Namun sebaliknya, minyak akan berdampak buruk bagi kulit wajah jika jumlahnya berlebihan. Salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi karena minyak berlebih adalah mudah terkena jerawat.  Selain itu, wajah yang terlalu berminyak juga kurang bagus untuk penampilan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit wajah berminyak seperti perubahan hormon, faktor genetik, tingkat stres, makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengatasi wajah berminyak tersebut dengan cara alami yang aman berikut ini:

Cuci Muka Secara Teratur

Jika ingin mengatasi wajah yang berminyak, maka Kamu tidak boleh malas mencuci muka. Paling tidak, Kamu harus mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan malas mencuci muka, namun jangan berlebihan juga. Hindari sabun cuci muka yang bersifat keras, pilihlah sabun yang lembut dan aman untuk kulit wajah berminyak.

Gunakan Kertas Minyak atau Blotting Paper

Blotting paper memang tidak bisa mencegah produksi minyak berlebihan. Namun bisa membantu menghilangkan minyak yang berlebihan di wajah. Cara menggunakannya hanya dengan menempelkan selembar kertas minyak ke kulit wajah. Namun usahakan untuk tidak menekan atau mengusap wajah terlalu keras. Blotting paper ini mudah Kamu dapatkan di toko ataupun apotek dengan harga yang relatif terjangkau.

Gunakan Oatmeal

Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi minyak. Bahan pertama adalah oatmeal yang dipercaya mampu menyerap minyak berlebih. Selain itu, oatmeal juga dapat menenangkan kulit yang meradang dan membantu pengelupasan kulit mati.

Artikel Terkait  Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi kulit wajah berminyak

Oatmeal bisa digunakan menjadi masker selama kurang lebih 10-15 menit. Sebelum itu, haluskan oatmeal hingga halus. Bilas menggunakan air hangat lalu keringkan.

Gunakan Masker dari Putih Telur dan Lemon

Putih telur yang dikombinasikan dengan lemon bisa membantu mengatasi minyak berlebih. Kedua bahan tersebut mampu menghilangkan minyak dengan mengencangkan pori-pori kulit wajah. Selain itu, kandungan asam dalam lemon bermanfaat untuk menyerap lemak.

Pastikan Kamu tidak memiliki alergi pada putih telur jika menggunakannya. Setelah itu campurkan keduanya dan buat menjadi pasta. Gunakan sebagai masker hingga mengering. Jangan lupa bilas menggunakan air hangat, kemudian keringkan.

Buat Scrub Almond

Kacang almond dikenal mampu membantu mengelupas kulit mati. Namun kacang satu ini ternyata bisa membantu mengatasi minyak berlebih serta menghilangkan kotoran di kulit wajah. Cara membuat scrub almond yaitu dengan mencampur tiga sendok teh almond mentah dengan dua sendok makan madu.

Setelah jadi, langsung saja oleskan pasta tersebut ke kulit wajahmu dengan gerakan melingkar. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Cara ini harus dihindari jika Kamu alergi terhadap kacang-kacangan.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi minyak berlebih di kulit wajah. Sifat astringen yang dimiliki lidah buaya mampu menyerap minyak berlebih.

Caranya sangat mudah karena Kamu tidak perlu mencampur lidah buaya dengan bahan lainnya. Ambil bagian gel lidah buaya, lalu aplikasikan ke wajah sebelum tidur. Gunakan lapisan tipis saja dan biarkan hingga pagi. Namun ada beberapa orang yang mengalami reaksi alergi pada lidah buaya. Oleh sebab itu, pastikan kulitmu bukan tipe kulit sensitif.

Artikel Terkait  7 Jenis Serum Wajah Sesuai dengan Fungsi dan Tips Memilihnya

Gunakan Tomat

Tomat memiliki kandungan asam salisilat yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Selain itu, kandungannya juga bisa membuka pori tersumbat dan membantu menyerap minyak berlebihan. Campurkan tomat dan gula pasir lalu gunakan sebagai masker.

Masker tomat ini cukup digunakan selama kurang lebih 5 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Selain dihancurkan, Kamu juga bisa menggunakan irisan tomat langsung ke kulit wajah.

Gunakan Minyak Jojoba

Cara mengatasi kulit berminyak yang terakhir yaitu menggunakan minyak jojoba. Mungkin Kamu penasaran mengapa kulit berminyak menggunakan minyak. Namun ternyata minyak jojoba diyakini bisa membantu mengatasi minyak berlebih, jerawat, serta masalah kulit lain. Jangan terlalu banyak menggunakannya agar tidak semakin berminyak.

Itulah cara mengatasi wajah berminyak secara alami. Kamu tidak perlu menggunakan semua cara di atas, pilihlah salah satu bahan yang dianggap paling mudah untuk didapatkan. Hal terpenting, Kamu harus rajin mencuci muka.

Tinggalkan komentar