10 Kreasi Kerajinan Kardus yang Wajib Di Coba

Kreasi kerajinan kardus menjadi tren terbaru saat ini. Jangan terburu-buru membuang barang bekas yang ada di rumah. Khususnya kardus, meski sudah tidak terpakai, kardus bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Selain berguna untuk mengurangi limbah barang bekas. Kerajinan dari kardus ini juga memberikan berbagai manfaat, karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi lho cantik.

Buat kawan cantik yang ingin menambah uang saku, membuka usaha kerajinan dari kardus bekas ini sangat cocok. Sebab, modal yang Kamu keluarkan tidak terlalu besar. Hanya skill dan kreatifitas saja yang sangat dibutuhkan untuk membuka usaha kerajinan dari kardus bekas ini. Nah, buat Kamu yang masih belum mempunyai ide mau dijadikan apa kardus bekas tersebut, simak ulasan di bawah ini.

Kerajinan dari Kardus dan Cara Membuatnya

Berikut ini 10 ide kerajinan dari kardus yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuka usaha kerajinan kardus bekas, beserta dengan cara membuatnya.

  1. Celengan

Salah satu ide kerajinan dari kardus bekas yang mudah dibuat adalah celengan. Jika biasanya, celengan terbuat dari kaleng maupun plastik. Kamu bisa membuat variasi baru celengan dari kardus bekas. Untuk bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan ide dan kreativitas Kamu.

celengan kerajinan kardus

Cara membuat celengan dari kardus bekas cukup simpel. Kamu hanya perlu menggambar pola pada kardus sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Setelah itu potong menggunakan gunting. Jika sudah, tempelkan semua sisi, agar celengan berbentuk sesuai dengan pola, Kamu bisa menggunakan lem atau menjahitnya menggunakan tali sepatu bekas, agar terlihat lebih bagus.

  1. Bingkai Foto

Siapa sangka kardus bisa disulap menjadi bingkai yang sangat indah. Cara membuat bingkai foto dari kardus cukup mudah. Kamu bisa menggunakan kardus sebagai hiasan bingkai atau sebagai bahan dasar pembuatan bingkai.

Artikel Terkait  Mudah, Ini Ide Kerajinan Dari Stik Es Krim

kreasi kerajinan kardus bingkai foto

Untuk cara membuatnya, ukur kardus sesuai dengan ukuran bingkai yang Kamu inginkan, lalu tempelkan di antara kardus yang satu dengan yang lainnya. Kemudian potong kardus kedua sesuai dengan bentuk dekorasi bingkai yang Kamu inginkan dan pilox sesuai dengan warna yang Kamu pilih. Keringkan, lalu bingkai cantik ini siap digunakan.

  1. Rak Dinding

Jika Kamu ingin mempunyai rak dinding yang estetik, tidak perlu biaya mahal untuk membelinya di marketplace. Sebab, Kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan kardus bekas. Hanya dengan modal kardus bekas, gunting dan lem, Kamu sudah bisa membuat rak dinding sendiri.

kreasi kerajinan kardus bekas rak dinding

Kamu hanya perlu mencocokkan ukuran kardus dengan ukuran rak dinding yang Kamu inginkan. Kemudian gunting kardus sesuai dengan pola yang sudah Kamu buat. sisanya, Kamu hanya perlu menempelkan kardus yang dibuat untuk rak ke kardus utuh. maka rak dinding estetik sudah bisa Kamu dapatkan.

  1. Box File – Tempat Penyimpanan Berkas

Perlu lebih banyak ruang untuk menyimpan file Kamu, tetapi tidak memiliki anggaran ekstra? Kamu bisa menggunakan kardus sebagai box file guna menyimpan berkas Kamu.

box file kreasi kerajinan kardus bekas

Selain harganya yang murah, Kamu bisa membuat rak dengan berbagai ukuran sesuai dengan yang Kawan cantik inginkan hanya dengan menggunakan kardus, lem, gunting dan stiker label.

  1. Hiasan Dinding

Hiasan dinding memang sangat cantik. Namun, untuk bisa mendapatkannya, Kamu dapat membuat sebanyak yang Kamu suka hanya menggunakan kardus, gunting, lem, aksesoris, serta kertas kado yang Kamu suka.

kreasi kardus bekas hiasan dinding

Kamu tinggal membuat kotak kardus, lalu bungkus dengan kertas kado dan tempelkan boneka atau aksesoris lainnya. Sederhana bukan?

  1. Standing Laptop

Ada banyak sekali standing laptop yang dijual dengan harga mahal, nyatanya Kamu bisa membuatnya sendiri. Dengan harga yang murah, Kamu bisa memanfaatkan kardus bergelombang, karena teksturnya yang lebih kuat. Saat membuat dudukan laptop, harus diukur dengan benar agar tidak longgar.

Artikel Terkait  Ini Lho Tips Memilih Jasa Printing Kain Digital

meja laptop kreasi kerajinan kardus bekas

  1. Laci

Laci dari bahan kardus ini bisa Kamu buat dengan mudah. Sebab, Kawan cantik hanya membutuhkan kardus bekas, lem, gunting, penggaris, kertas kado dan juga pita untuk hiasan. Cara membuatnya cukup simpel, siapkan dua lembar kardus, satu untuk rak, satunya lagi untuk laci. Buat pola sesuai dengan bentuk yang inginkan, kemudian potong kardus sesuai dengan pola.

cara membuat laci dari kreasi kerajinan kardus bekas

Setelah itu, lem bagian ujung kardus agar membentuk bagian rak dan juga laci. Untuk mempercantik tampilannya, Kamu bisa melapisinya dengan kertas kado dan menghiasnya dengan pita maupun hiasan lainnya. jika sudah, laci dari kardus siapa untuk digunakan.

  1. Hiasan Bunga

Kerajinan kreasi kardus bekas ternyata juga bisa digunakan untuk membuat hiasan bunga. Untuk cara membuatnya, Kamu harus menyiapkan kardus, lem dan gunting. Selanjutnya, potong kardus hingga berbentuk menyerupai kelopak bunga. kemudian rekatkan dengan lem.

kreasi bunga dari kardus bekas

Selanjutnya, buat bunga dengan menyusun gulungan kardus yang sudah direkatkan dengan lem. Buat bunga sebanyak mungkin untuk menghiasi dinding rumah kamu. Jika sudah selesai, kawan cantik bisa menempelkan hiasan bunga dari kardus ini di mana saja sesuai selera.

  1. Tempat Pensil

Ide kerajinan selanjutnya yang bisa Anda buat dari kardus bekas adalah tempat pensil. Kamu bisa menggunakan kardus bekas pasta gigi atau susu anak untuk lebih mempermudah pembuatannya. agar mendapatkan warna senada kamu bisa menggunakan kertas asturo/bufallo untuk melapisi kardus tersebut.

Sebab, Kamu hanya perlu menghias kardus bekas pasta gigi tersebut dengan tusuk gigi sehingga membentuk anyaman. . Kemudian menghiasinya dengan pernak-pernik yang Kamu sukai.

  1. Tatakan Coffee Table

Barang terakhir yang bisa Kamu buat menggunakan kardus bekas adalah membuat tatakan untuk meletakkan kopi atau minuman lainnya. Untuk cara membuatnya, Kamu perlu menyiapkan kardus dengan ketebalan 3 mm, gunting, lem pensil dan penggaris.

Artikel Terkait  Gabut Saat Ngabuburit? Bikin Kerajinan dari Stik Es Krim Aja

tatakan kopi kerajinan kreasi kardus bekas

Potong kardus dengan ukuran 10×1,5 cm sebanyak delapan lembar. Kemudian gulung semuanya dan rekatkan dengan lem. Satukan gulungan tersebut hingga berbentuk lingkaran. Jika sudah, anda bisa menambahkan strip untuk list di samping dan rekatkan dengan lem. Jika Kamu ingin tampilan yang lebih manis, gunakan pita untuk hiasannya.

Nah itu dia 10 kerajinan dari kardus yang bisa Kawan cantik buat sendiri di rumah. Selain untuk hiasan rumah Kamu, kerajinan dari bahan dasar kardus ini juga bisa Kamu jadikan ide usaha untuk menambah uang saku. Pasalnya, masih ada banyak sekali barang yang bisa Kawan cantik buat menggunakan kardus bekas.

 

Tinggalkan komentar