Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami – Komedo merupakan benjolan kecil yang terbentuk akibat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau minyak berlebih. Komedo pada umumnya memang tidak menimbulkan peradangan dan rasa sakit seperti jerawat.

Namun jika dibiarkan begitu saja, komedo bisa berkembang kemudian menjadi jerawat. Selain itu, komedo juga merusak penampilan karena wajah menjadi tidak halus.

Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Kamu bisa menghilangkan komedo dengan cara alami atau tanpa bahan kimia. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah cara yang bisa kamu pilih:

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang baik untuk kesehatan rambut. Namun selain itu, lidah buaya ternyata juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Senyawa aktif dalam lidah buaya bersifat anti kuman dan anti radang.

Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan lidah buaya

Jadi membantu menekan bakteri yang menyumbat pori-pori. Anda bisa menggunakan bagian gel lidah buaya sebagai masker untuk menghilangkan komedo.

Menggunakan Masker Arang

Arang diyakini sebagai bahan yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, salah satunya yaitu menghilangkan komedo.

Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan masker arang

Manfaat masker arang yaitu mengeluarkan minyak, kotoran, serta sel kulit mati yang ada di pori-pori. Wajah bisa menjadi bersih dan mulus karena komedo menghilang. Penggunaan masker arang hanya disarankan sebanyak satu kali dalam seminggu.

Menggunakan Masker Tanah Liat

Selain masker arang, kamu juga bisa menggunakan masker tanah liat. Tanah liat diyakini sebagai bahan alami yang cocok untuk kulit berminyak.

Hal tersebut karena tanah liat membantu mengangkat minyak dan kotoran yang bersarang di pori-pori. Masker tanah liat bisa digunakan sekitar satu atau dua kali dalam seminggu.

Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki kandungan yang bersifat anti radang. Manfaat lainnya yaitu untuk membunuh bakteri penyebab komedo.

Artikel Terkait  Ini Dia, Pilihan Makeup Wudhu Friendly

Karena manfaatnya yang cukup banyak, tea tree oil sering dijadikan bahan utama untuk produk perawatan wajah atau skincare. Gunakan tea tree oil secara rutin agar komedo tidak menjadi jerawat yang membandel.

Menggunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang dicampur dengan minyak kelapa ternyata bisa membantu menghilangkan komedo secara ampuh. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur setengah cangkir bubuk kopi dengan setengah cangkir minyak kelapa.

Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan bubuk kopi

Selanjutnya aplikasikan ke wajah sambil dipijit memutar. Biarkan selama lima menit baru kemudian bilang menggunakan air bersih. Masker bubuk kopi bisa digunakan setidaknya seminggu sekali.

Menggunakan Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang membantu menghilangkan komedo membandel. Selain itu, protein juga berguna untuk membuat wajah terlihat lebih cerah. Ambil bagian putih telur lalu tambahkan lemon beberapa tetes.

Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami putih telur

Aplikasikan pada bagian wajah yang berkomedo dan tunggu selama lima menit. Anda bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo sebanyak dua kali dalam seminggu.

Menggunakan Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu terbukti ampuh menghilangkan komedo. Langkah pertama, kamu perlu mencampurkan satu sendok makan madu, perasan lemon, dan satu sendok teh gula.

madu dan lemon Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Usapkan pada bagian wajah yang berkomedo, pastikan semua komedo mendapatkannya. Jangan lupa pijat ringan agar mendapatkan manfaatnya. Treatment ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Penguapan

Cara menghilangkan komedo yang terakhir yaitu dengan penguapan. Berendam di dalam air yang hangat dan mengeluarkan uap membantu menghilangkan komedo. Uap tersebut membuat pori-pori terbuka, jadi komedo lebih mudah untuk hilang.

Menggunakan Minyak Kelapa

Selain beberapa cara di atas, Kamu juga bisa lho menghilangkan komedo menggunakan minyak kelapa. Gunakan minyak kelapa sebagai pembersih wajah saat sebelum mencuci muka.

Artikel Terkait  Janji Surga

masker kelapa cara menghilangkan komedo

Bisa juga untuk membersihkan make up atau setelah bepergian terpapar dari debu dan polutan. Karena sisa make up dan debu yang menempel ini bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan memunculkan komedo.

Caranya mudah, Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di area kulit yang berkomedo. Tunggu hingga menyerap, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali sehari hingga komedo benar-benar hilang.

Itulah berbagai cara menghilangkan komedo secara alami yang mudah untuk kamu ikuti. Komedo paling sering muncul di area hidung. Namun ada juga komedo yang tumbuh di bagian tubuh lainnya. Kamu bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk menghilangkannya.

Tinggalkan komentar