Cara Mengatasi Perut Kembung ala SehatQ

Kawan cantik permasalahan perut kembung dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, selain rasa yang tidak nyaman, rasa sakit yang ditimbulkan juga membuat kita menjadi tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untungnya saat ini, kawan cantik tidak perlu khawatir dengan permasalahan kesehatan seperti perut kembung tersebut, karena ada banyak artikel kesehatan yang mengupas berbagai solusi atas permasalahan yang kita hadapi dan tentunya bisa kita temukan secara gratis di platform kesehatan SehatQ.

Tips Mengatasi Perut Kembung

Biar gak berlama-lama lagi dan mungkin kawan cantik sedang merasa tidak enak dengan rasa nyeri pada perut kita bahas yuk tips cara mengatasi perut kembung ala SehatQ.

Oleskan Minyak Kayu Putih

Cara pertama mengatasi perut kembung yang bisa kawan cantik lakukan adalah dengan memanfaatkan minyak kayu putih atau cajuput oil. Minyak ini telah lama dikenal masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan seperti menghangatkan badan bayi serta untuk meredakan rasa nyeri akibat perut kembung atau mual.

cara mengatasi perut kembung

Cara kerjanya cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih pada perut secara merata dan biarkan rasa hangat kayu putih tersebut meredakan rasa nyeri yang menyakitkan. Sensasi hangat yang disebabkan minyak kayu putih dapat membantu merelaksasi otot perut yang sakit.

Memijat Perut

Jika kawan cantik telah mengoleskan kayu putih, kawan cantik juga bisa memijat perut agar rasa sakitnya sedikit reda. Teknik memijat untuk perut kembung tidak boleh sembarangan agar perut tidak menjadi lebih sakit setelah dipijat.

  1. Pertama pijat melingkar perut mulai dari tulang pinggul bagian kanan hingga ke atas kanan tulang rusuk dengan tekanan ringan
  2. Selanjutnya dari atas kanan tulang rusuk geser ke tulang rusuk bagian kiri dan turun ke pinggul sebelah kiri
  3. Ulangi gerakan tersebut perlahan sampai rasa kembung dan otot lebih rileks
Artikel Terkait  Pasangan Posesif. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengkonsumsi Supplemen Probiotik

Supplemen probiotik adalah suplemen yang membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus. Probiotik bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan menyerap gas berlebih. Konsumsi suplemen probiotik secara teratur dapat membantu menjaga kelancaran saluran pencernaan terutama usus lho.

Melakukan Aktivitas Ringan

Saat perut sakit karena kembung, akan lebih baik jika kawan cantik tetap beraktivitas, karena aktivitas ringan dapat membantu usus bergerak serta melepaskan gas yang tertinggal di dalam perut.

Misalnya dengan berjalan di dalam rumah, atau melakukan aktivitas ringan seperti menyapu kamar. Kegiatan ini dapat memperlancar BAB karena gerakan usus dapat mendorong gas dan feses keluar.

Mengkonsumsi Teh Herbal

Salah satu pilihan yang bisa kawan cantik coba adalah dengan mengkonsumsi teh herbal yang mengandung pepermint, kamomil maupun kunyit. Minuman ini dapat membantu pencernaan sekaligus mengeluarkan gas dari dalam perut.

Konsumsi Jamu Kunyit

Kunyit atau curcumin merupakan rempah alami yang memiliiki kandungan antiperadangan dan antioksigen yang baik dalam tubuh. Kandungan curcumin dalam kunyit akan membantu menahan produksi hormon yang memicu peradangan dan rasa nyeri akibat perut kembung, haid dan konstraksi rahim.

Melakukan Yoga

Yoga merupakan olahraga yang dapat merilekskan otot tubuh, beberapa gerakan yoga yang dapat meringankan rasa nyeri akibat perut kembung adalah child pose, happy baby pose dan squats.

Untuk melakukan child pose yoga caranya adalah sebagai berikut

  1. Berlutut di matras, sentuh jempol kaki bersama dan duduk di atas tumit, buka lutut selebar pinggul
  2. Buang nafas sambil menurunkan badan ke antara paha, rapatkan pinggul ke bagian dalam paha
  3. Tarik tulang ekor dan letakkan tangan di samping badan kawan cantik dengan telapak tangan menghadap ke atas
  4. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 3 menit
  5. Untuk mengakhirinya, regangkan tubuh bagian depan, majukan tulang ekor sehingga tubuh terangkat naik
Artikel Terkait  Sea Makeup Cleansing Balm Review

Nah itulah beberapa cara mengatasi perut kembung ala SehatQ, kawan cantik juga dapat menemukan berbagai solusi permasalahan kesehatan di platform kesehatan tersebut. Selamat mencoba


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar