Bagaimana Cara Menstruasi agar Tepat Waktu dan Teratur?

Mestruasi, adalah hal yang umum dan harus dialami seorang wanita, terkhusus wanita yang sudah puber. Siklus menstruasi kadang tidak diinginkan oleh beberapa wanita dan kadang diinginkan bagi yang belum merasakan menstruasi atau mengalami kendala dalam menstruasi yang tak tepat waktu.

Teratur itu perlu, mengingat kita perlu patokan, dalam mempersiapkan segala hal terkait dengan menstruasi. Walaupun datangnya menstruasi bisa datang tak terduga, karena hormon atau mood kita, dan faktor lainnya yang memicu, setidaknya tidak cepat maupun jauh dari tanggal sebelumnya.

Jadi, berikut ini ada cara dalam mengatasi hal tersebut, diantaranya:

1. Gunakan Alat Kontrasepsi Hormonal

Gunanya alat ini, sebagai pengendali dalam hal siklus menstruasi, dengan mengonsumsi pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin. Metode ini, dianggap paling efektif dalam mengatasi jadwal menstruasi yang tak teratur dan konsisten.

2. Lakukan Olahraga

Olahraga sangat perlu dalam segala hal, termasuk untuk kesehatan dalam melancarkan menstruasi. Dengan adanya olahraga ringan maupun berat, sudah melemaskan otot sehingga menstruasi bisa cepat. menstruasi bisa tepat tanggal atau telat, karena melakukan olahraga berlebihan. Jadi yang wajar saja.

3. Lakukan Relaksasi

Tubuh perlu adanya relaksasi, dengan mencoba menenangkan diri dari stres. Dengan stres berlebih, membuat menstruasi tidak teratur dalam hal jadwal, malah bisa mempercepat jadwal, apalagi stres memicu hormon-hormon pendukung menstruasi agar cepat datang.

Artikel Terkait  Kenali Tanda Tanda Hamil Muda

4. Saat Orgasme

Saat orgasme, entah berhubungan seks atau hal-hal yang memicu tersebut, membuat menstruasi kita cepat datang. Jadi jika ingin wajar, seadanya saja jangan dibuat-buat. Karena hormon estrogen kita akan meningkat pada masa saatnya akan menstruasi atau masa ovulasi. Sudah alamiah ada.

5. Jaga Berat Badan

Berat badan disini, harus dijaga dengan benar, bukan harus berukuran kecil, tapi sehat. Saat berat badan seseorang naik maupun turun, maka mempengaruhi jadwal wanita dalam bermenstruasi. Berat badan rendah atau tidak ideal, membuat mens tidak teratur bahkan berhenti sama sekali.

6. Kelola Stres

Kelola stres dengan baik, agar menstruasi bisa sesuai jadwal dan teratur (konsisten). Bisa meluangkan waktu untuk qtime, agar melepaskan stress dengan baik. Mulai dari jalan-jalan, lakukan hal-hal yang kamu suka, dan lain-lain. Pokoknya menghilangkan stres!

7. Konsumsi Makanan Olahan maupun yang Manis secara Wajar

Pemicu menstruasi tidak teratur adalah, ada mengonsumsi makanan olahan maupun yang manis-manis secara tak wajar atau berlebihan. Jaga pola makan sehat, maka haid akan teratur. Banyak-banyak makan sayur dan buah, agar tubuh tetap fit, dan kita tidak gampang loyo, sehingga tidak gampang stres.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Lanjutan ulasan sebelumnya, adanya makanan sehat perlu dimanfaatkan. Konsumsi makanan-makanan daging berlemak, secara wajar, agar nanti haid yang dikeluarkan tidak berlebihan maupun teratur. Jaga berat badan dengan stabil, sehingga estrogen maupun kolesterol bisa stabil.

9. Lakukan Yoga

Gerakan pada Yoga, bisa membantu kamu dalam meredakan emosi, stres, dan lain-lain, yang memicu mood buruk yang ada. Dari itu, haid akan datang tepat waktu dan teratur. Mulai dari gerakan triangle dan half-moon, bisa merilekskan badan dengan benar.

Artikel Terkait  Rekomendasi Krim Malam untuk Wajah Cerahmu!

10. Cukupi Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh

Ini perlu yah, agar vitamin C bisa bekerja sesuai kebutuhan tubuh. Konsumsi vitamin C tidak boleh melebihi 60 mg dalam sehari. Vitamin C, mampu melancarkan haid, dan jenis buah dan sayur yang mengandung ini banyak. Imbangi dengan air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

Itulah 10 cara dalam mengatasi menstruasi yang tidak teratur dan tak sesuai jadwal. Intinya, cobalah jadi wanita cerdas dengan menyayangi diri sendiri. Dengan mengonsumsi makanan dan pola hidup sehat, sudah membantu kamu dalam berbagai hal, termasuk menstruasi tepat waktu dan teratur (konsisten).


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar