10 Obat Sakit Perut Alami, untuk Atasi Perut Melilit

Sakit perut melilit merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Timbulnya rasa sakit perut melilit yang muncul secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh beberapa hal. Penyenyebanya bisa karena gangguan pencernaan hingga kontraksi otot seperti yang dialami wanita saat menstruasi.

Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya apabila mengalami sakit perut melilit segera diobati. Untuk membantu meredakan gejala sakit perut melilit, terdapat beberapa obat sakit perut alami yang bisa Anda gunakan. Namun tetap harus menyesuaikan dengan penyebab sakit perut yang Anda alami.

Beberapa obat sakit perut alami ini, selain bisa Anda coba karena aman dan mudah untuk mendapatkannya.

1. Air putih

Apabila Anda mengalami sakit perut karena aktivitas asam lambung, untuk sedikit membantu meredakan nyeri segeralah minum air putih. Karena dengan air putih tersebut harapannya bisa membantu menetralisir kandungan asam lambung.

2. Air kelapa

Jika sakit perut yang Anda alami disebabkan oleh kram otot, maka Anda bisa menggunakan air kelapa sebagai obat sakit perut alami. Air kelapa bisa membantu mengurangi kram serta kejang pada otot, karena memiliki kandungan magnesium dan potasium.

3. Madu

Madu memiliki beberapa manfaat seperti tinggi antioksidan, anti radang, dan bisa melindungi selaput lendir. Oleh karena itu, madu bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi obat sakit perut alami.

4. Susu

Saat mengalami sakit perut yang disebabkan oleh produksi asam lambung berlebih, bisa memanfaatkan susu sebagai obat sakit perut alami. Sifat susu yang tidak terlalu asam bisa membantu menetralisir asam lambung.

Artikel Terkait  Aman Beli Obat Online Berkat PSEF SehatQ

Namun apabila seseorang memiliki kondisi intoleransi laktosa, jangan berikan susu karena justru bisa membuat sakit perut semakin menjadi.

5. Jahe

Jahe mempunyai manfaat seperti anti radang, mengatasi mual, kembung, gastroprotektif, hingga menjaga imunitas tubuh. Untuk itu jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami.

6. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat sakit perut alami. Kunyit dapat membantu menambah lapisan dinding lambung sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung. Anda bisa mencampurkan kunyit dengan jahe dan madu sebagai obat sakit perut alami.

7. Kayu manis

Rempah-rempah kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Kayu manis dapat memberikan efek ‘menyejukkan’ di dalam perut karena mengurangi produksi gas di dalam lambung.

8. Lidah buaya

Selain bisa untuk menyehatkan rambut, lidah buaya juga bisa sebagai obat sakit perut alami karena gangguan pencernaan. Karena kandungan lidah buaya bersifat anti radang dan juga kaya akan serat. Serat tersebut bisa membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga membantu meredakan nyeri perut yang mungkin muncul karena konstipasi.

9. Teh kamomil

Dengan mengkonsumsi teh kamomil, dapat dapat membantu meredakan sakit perut, kembung, hingga kram menstruasi. Sifat teh kamomil yang anti radang bisa menjadikannya menjadi salah satu obat sakit perut alami.

10. Terapi panas

Ketika mengalami sakit perut karena kram, Anda bisa menggunakan terapi panas untuk meredakannya. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan meletakkan handuk hangat atau botol berisi air hangat pada area perut agar otot-otot yang kejang bisa lebih rileks. Bisa juga dengan mandi air hangat.

Itulah beberapa obat sakit perut alami yang bisa membantu meredakan sakit perut. Obat sakit perut alami tersebut pun biasanya mudah untuk mendapatkannya. Bahkan seringkali bahan-bahan tersebut selalu tersedia di dapur.

Artikel Terkait  Tips Ampuh Eksfoliasi Wajah

Namun apabila sakit perut tidak mereda, sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar