5 Tips Mengatasi Rambut Kering Tanpa Perawatan Salon

Masalah rambut kering, bercabang, lepek dan berketombe tentu akan mengurangi kepercayaan diri kamu dalam beraktivitas. Dambaan setiap wanita adalah memiliki rambut yang sehat dan indah tidak hanya akan membuat kawan cantik lebih nyaman beraktivitas, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Ada beberapa tanda yang menjadi indikator rambut tidak sehat. Salah satunya adalah rambut kering yang kemudian akan membuat tampilan rambut jadi kusam. Jika kawan cantik mengalami masalah seperti ini, tenang saja tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan salon. Kamu bisa menerapkan beberapa tips mengatasi rambut kering dengan upaya perawatan sendiri di rumah.

Tips Mengatasi Rambut Kering

Tanpa harus ke salon, sebenarnya kawan cantik bisa mengembalikan kelembaban rambut agar terlihat sehat dan berkilau. Tentunya memang dibutuhkan teknik perawatan yang tepat demi keluar dari masalah rambut kering ini. Berikut adalah 5 tips yang bisa diterapkan agar masalah rambut kering bisa teratasi:

tips mengatasi rambut kering

1. Gunakan Sampo yang Tepat

Solusi pertama, cobalah untuk memakai produk sampo yang tepat. Pilihlah sampo yang memang kandungannya diformulasikan untuk tipe rambut kering. Biasanya produk sampo untuk rambut kering mengandung ekstrak madu, minyak argan, dan ZPT. Pada kemasan sampo juga umumnya sudah tertera spesifikasi sampo untuk tipe rambut seperti apa.

Selain itu Anda juga perlu mengenal berbagai jenis bahan lainnya yang juga bagus untuk merawat tipe rambut kering. Contohnya saja seperti shea butter dan minyak zaitun. Sampo yang bisa diaplikasikan untuk tipe rambut keriting juga sebaiknya memiliki pH rendah.

tips mengatasi rambut kering dengan shampoo yang tepat

2. Aplikasikan Bahan Alami

Kawan cantik yang memiliki rambut keriting juga bisa mencoba beberapa jenis bahan alami untuk meningkatkan kelembaban rambut. Ada banyak sekali bahan alami yang mampu melembabkan rambut seperti minyak kelapa, minyak zaitun, juga telur. Gunakan bahan-bahan alami ini sebagai masker rambut sebelum keramas. Pemakaian secara teratur bisa membantu melembabkan juga menyehatkan rambut.

Artikel Terkait  5 Ide Cara Memakai Pashmina Buat Kamu

3. Konsumsi Omega-3

Bukan hanya perawatan dari luar, rambut kering juga butuh perawatan dari dalam. Caranya adalah dengan memberi nutrisi yang tepat bagi tubuh. Salah satu tips mengatasi rambut kering dari dalam adalah dengan mengonsumsi banyak omega-3. Asam lemak omega-3 ini diketahui sangat efektif membantu menjaga kesehatan rambut serta mengembalikan kilau rambut yang hilang.

Omega-3 bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan yang ada di sekitar kita. Ikan kembung, kacang merah, sarden, tuna, salmon, brokoli, dan tomat merupakan beberapa jenis bahan makanan sumber omega-3 yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Jika perlu konsumsi juga suplemen omega-3 untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

4.  Kurangi Frekuensi Keramas

Ternyata kebiasaan keramas setiap hari tidak memberikan efek yang bagus bagi kesehatan rambut. Terlalu sering keramas justru bisa membuat rambut semakin kering. Terus-menerus keramas akan menghilangkan kandungan minyak alami yang ada di rambut Anda dan menurunkan kelembaban.

Sebaiknya Anda mengurangi frekuensi keramas dan gunakan jenis sampo yang memang cocok untuk rambut kering. Jika perlu gunakan juga conditioner untuk mengembalikan kelembapan rambut. Jika sudah terlanjur sering keramas, tahanlah sebisa mungkin dan cari alternatif lain misalnya dengan menggunakan dry shampoo yang cocok untuk rambut kering.

5.  Hindari Pemakaian Hair Dryer

Perlu diketahui jika bahwa sering menggunakan alat styling rambut juga bisa merusak kelembaban rambut. Sebaiknya hindari pemakaian hair dryer maupun alat pelurus rambut yang menimbulkan panas. Alat-alat styling seperti ini menggunakan listrik sebagai pemanas yang dapat merusak lapisan rambut kawan cantik dan membuatnya semakin kering. Sebisa mungkin kurangi pemakaian alat-alat ini dan pilih saja langkah alami.

cara mengatasi rambut kering kurangi hair dryer

Itulah tadi 5 tips mengatasi rambut kering yang dapat kamu terapkan tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk perawatan di salon. Ternyata perawatan sendiri di rumah juga bisa membantu mengembalikan kelembaban rambut secara efektif, lho. Pilihlah produk perawatan yang tepat agar kesehatan dan keindahan rambut selalu terjaga, ya.

Tinggalkan komentar