Tips Merawat Kuku Tangan dan Kaki

Kesehatan kuku tangan dan kaki berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pasalnya kuku tangan dan kaki menjadi salah satu jalan bagi bakteri masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, wajib bagi Anda merawat kuku tangan dan kaki dengan baik. Tenang saja, perawatan kuku yang baik tidak harus ke salon kecantikan. Berikut ini adalah tips merawat kuku tangan dan kaki yang bisa Anda lakukan:

Bersihkan Kuku dengan Sabun

Kuku tangan dan kaki yang tidak dibersihkan pastinya penuh dengan bakteri. Tidak cukup hanya dengan air saja, Anda harus membersihkan kuku dengan sabun antibakteri. Anda bisa menggunakan bantuan spons atau handuk kecil agar sela-sela kuku bisa bersih dengan sempurna. Kuku yang bersih terhindar dari bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat

Merendam kaki menggunakan air hangat ternyata menjadi salah satu cara merawat kuku yang baik untuk diterapkan. Air hangat bisa memecah dan menghilangkan kotoran yang ada di sela-sela kuku kaki. Anda bisa berendam di air hangat selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah berendam di air hangat, keringkan kaki dengan benar.

Keringkan Kuku Secara Hati-Hati

Cara mengeringkan kuku tidak boleh sembarangan jika Anda menginginkan kuku yang sehat dan kuat. Jika sudah membersihkan kuku, Anda harus mengeringkan kuku menggunakan handuk yang bersih. Kuku yang baru dibersihkan harus dikeringkan agar air tidak membuat kuku menjadi lunak. Jika kuku melunak, maka kuku akan mudah patah. Selain itu, air yang tidak dikeringkan juga meningkatkan risiko infkesi.

Rutin Memotong Kuku

Dibandingkan memanjangkan kuku, perawatan kuku yang lebih tepat adalah memotongnya secara rutin. Kuku yang pendek tidak memiliki tempat untuk kotoran bersarang. Begitu pula sebaliknya, kuku-kuku yang panjang membuat kotoran lebih mudah bersarang. Ketika memotong kuku, pastikan Anda tidak memotong bagian kutikulanya. Jangan lupa mencuci tangan dan kaki setelah memotong kuku.

Artikel Terkait  10 Olahraga Untuk Atasi Osteoartritis Lutut dan Menjaga Kesehatan Sendi

Jangan Terlalu Sering Manicure dan Pedicure

tips merawat kuku tangan dan kaki

Manicure merupakan perawatan kuku tangan, sedangkan pedicure merupakan perawatan kuku kaki. Manicure danpedicure biasanya dilakukan di klinik atau salon kecantikan. Tidak seperti yang Anda bayangkan, perawatan tersebut ternyata tidak boleh dilakukan terlalu sering. Paparan bahan kimia pada produk yang digunakan saat manicure dan pedicure bisa membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Jadi sebaiknya perhatikan intensitas perawatan kuku, jangan terlalu sering-sering.

Gunakan Pelembap

Pelembap tidak hanya digunakan di kulit wajah dan tubuh saja. Kuku tangan dan kaki Anda juga membutuhkan pelelmbap agar lebih sehat. Mungkin sulit mencari produk pelembap khusus kuku, jadi Anda bisa menggunakan lotion kaki. Oleskan sedikit lotion kaki pada area kuku jari kaki. Gunakan setelah mandi atau meredam kaki. Pasalnya pada saat itu kaki dan kuku terasa lebih kering.

Pilih Cat Kuku yang Tepat

Banyak wanita suka menggunakan cat kuku untuk membuat penampilan lebih menawan. Anda boleh menggunakan cat kuku namun tidak boleh sering-sering. Selain itu, pilih cat kuku yang tepat karena ada beberapa kandungan yang tidak boleh digunakan. Pastikan cat kuku yang Anda pilih bebas racun. Biasanya ada label bebas racun yang diletakkan di bagian kemasan.

Tidak Menggigit Kuku

Beberapa orang memiliki kebiasaan yang tidak baik seperti menggigit kuku tangan. Kebiasaan ini sering terjadi ketika mereka dalam kondisi tegang atau bosan. Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka Anda wajib menghilangkannya. Menggigit kuku bisa menimbulkan infeksi karena pengelupasan. Selain itu, bakteri bisa saja masuk ke dalam mulut saat Anda melakukannya.

Konsumsi Suplemen Biotin

Tips merawat kuku tangan dan kaki yang terakhir yaitu mengkonsumsi suplemen biotin atau vitamin B7. Suplemen satu ini merupakan suplemen yang membantu perawatan kuku secara alami. Namun meskipun begitu Anda tetap harus konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen biotin.

Artikel Terkait  Masih Ragu Memakai Moisturizer? Inilah 5 Pelembap untuk Kulit Berminyak dan Tips Memilihnya

Itulah tips merawat kuku tangan dan kaki yang bisa Anda lakukan. Tidak merawat kuku juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti cantengan, infeksi cacing kremi, infeksi di sekitar jari seperti paronikia, dan lain sebagainya. Semoga informasi mengenai tips perawatan kuku di atas bermanfaat untuk Anda.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar