Tips Ampuh Eksfoliasi Wajah

Wanita melakukan banyak hal untuk membuat kulit wajahnya tampak glowing, cerah, dan sehat. Selain menggunakan produk skincare, kawan cantik juga perlu melakukan eksfoliasi wajah untuk mendapatkan kulit impian. Eksfoliasi wajah sendiri merupakan salah satu jenis perawatan yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit.

Tips Ampuh Eksfoliasi Wajah

Sumber : Freepik

Banyak manfaat melakukan eksfoliasi wajah mulai dari kulit terlihat lebih cerah, menyamarkan kerutan halus, meningkatkan kadar kolagen, hingga mencegah munculnya jerawat. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut kawan cantik harus mengetahui tips eksfoliasi wajah yang tepat. Sudah penasaran? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Memilih Produk Eksfoliasi Sesuai Jenis Kulit

Langkah awal yang perlu kawan cantik lakukan adalah mencari produk eksfoliasi yang tepat. Sama seperti skincare lainnya, produk eksfoliasi harus sesuai dengan jenis kulit agar memberikan hasil yang maksimal. Pemilik kulit kering cocok dengan eksfoliator yang lembut dan ringan.

Sementara pemilik kulit sensitif harus menggunakan bahan dasar alami agar tidak mengiritasi kulit. Sedangkan pemilik kulit berminyak cocok dengan eksfoliator berbahan hydroxy acid. Selain itu, sebaiknya kawan cantik memilih eksfoliator yang ada scrub lembut sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Menentukan Jadwal Eksfoliasi

Produk skincare seperti facial wash dan moisturizer bisa digunakan setiap hari. Namun eksfoliator tidak boleh digunakan setiap hari karena bisa membuat kulit kering. Tentukan jadwal yang tepat yaitu sekitar 1-2 kali seminggu. Selain itu, eksfoliasi lebih baik dilakukan di malam hari karena pengelupasan yang terjadi bisa memaksimalkan penggunaan night cream.

Memperhatikan Kondisi Kulit

Sebelum melakukan eksfoliasi, kawan cantik harus memperhatikan kondisi kulit terlebih dahulu. Apabila kulit wajah sedang berjerawat atau mengalami luka, sebaiknya ubah jadwal eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi jika kondisi kulit sudah membaik. Melakukannya sekarang malah bisa memperparah kondisi kulitmu.

Artikel Terkait  Cara Alami Atasi Bau Badan Tak Sedap

Membersihkan Wajah Sebelum Eksfoliasi

Jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, kawan cantik bisa mulai eksfoliasi dengan membersihkan wajah. Membersihkan wajah menjadi tahap awal untuk menghilangkan kotoran maupun minyak di kulit wajah.

Jika kotoran hilang, maka kandungan bahan eksfoliasi bisa terserap dengan baik. Membersihkan wajah di tahap awal ini cukup dengan menggunakan air hangat saja, tidak perlu menggunakan facial wash.

Melakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Ambil produk eksfoliasi secukupnya, lalu usapkan ke kulit wajah dengan gerakan memutar. Lakukan secara perlahan agar pori-pori di kulit wajah tidak cedera. Kawan cantik juga bisa melakukannya sambil memijat lembut selama kurang lebih 30 detik atau sampai produk merata ke seluruh bagian wajah.

Bilas Menggunakan Air Hangat dan Keringkan

Setelah itu kawan cantik bisa membilas wajah menggunakan air hangat. Manfaat air hangat yaitu melancarkan peredaran darah dan membuka pori-pori wajah.

Jangan lupa mengeringkan kulit menggunakan handuk yang bersih, lembut, dan hanya digunakan untuk wajah. Dengan begitu tidak ada kotoran di handuk yang kembali ke kulit wajah. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan.

Gunakan Facial Wash

Jika menginginkan hasil yang bersih maksimal, kawan cantik perlu menggunakan facial wash setelah eksfoliasi. Ada banyak produk yang bisa kawan cantik pilih. Pastikan mencari produk sesuai dengan jenis kulit agar hasilnya sesuai keinginan.

Gunakan Pelembap

Proses perawatan wajah tidak berhenti di begitu saja. Kawan cantik perlu mengaplikasikan pelembap atau moisturizeragar kulit tidak kering dan iritasi setelah eksfoliasi. Manfaat lain dari pelembap yaitu menutrisi kulit serta membuatnya tetap lembap sepanjang hari. Jika eksfoliasi di malam hari, kawan cantik bisa menggunakan night cream.

Gunakan Sunscreen

Kawan cantik memang dianjurkan untuk eksfoliasi di malam hari, namun tidak masalah melakukannya di pagi atau siang hari. Jika melakukannya di pagi hari, kawan cantik tidak boleh melewatkan penggunaan sunscreen. Manfaat sunscreen yaitu melindungi kulit dari sinar UV, mengatasi kulit kemerahan, dan mencegah sunburn akibat eksfoliasi.

Artikel Terkait  Tips Memulai Bisnis Salon Kecantikan

Jangan Menggunakan Krim Anti-Aging Terlebih Dulu

Krim anti-aging merupakan salah satu jenis krim yang manfaat utamanya untuk mencegah dan menghindari tanda penuaan. Jika kawan cantik pengguna krim anti-aging, sebaiknya jangan mengaplikasikannya setelah eksfoliasi. Tujuannya untuk mencegah over exfoliating dan membiarkan kulit bernapas setelah pergantian kulit baru.

Itulah tips eksfoliasi wajah yang bisa kawan cantik terapkan sendiri di rumah. Mudah bukan? Lakukan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan begitu penggunaan produk skincare bisa memberikan hasil yang semakin memuaskan.

Tinggalkan komentar