Jenis Primer Make Up dan Tips Memakainya

Kawan cantik disini sudahkan menggunakan produk makeup satu ini, yups primer! Ada yang sudah sering menggunakan? Atau ada yang belum familiar apa sih fungsinya dalam bermakeup?

Ketika bermakeup sering terjadi makeupnya kretek- kretek, pecah- pecah kemudian dempul?

Bisa aja karena kalian melewatkan produk primer make up ini sebagai dasar sebelum tancap makeup.

Apalagi jika kulit wajah kamu berminyak, menggunakan primer ini penting banget karena bisa membuat riasan makeup kamu tahan lama lho!

Buat kawan cantik yang belum begitu paham tentang primer makeup, sudah saatnya kita mempelajari tentang produk makeup satu ini.

Dibawah ini yuk simak lengkap ulasannya!

Apa yang dimaksud Primer Makeup? 

Apapun produk makeup nya tentunya kawan cantik ingin hasil makeup tetap on point, tidak luntur awet dan tahan lama.

Sehingga look wajah kita tetap segar walau sudah beraktifitas seharian. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian tidak boleh melewatkan penggunaan primer makeup ini.

Primer makeup adalah produk complexion makeup yang diaplikasikan paling awal saat kawan cantik merias wajah untuk membuat kulit menjadi dasar yang ideal untuk aplikasi produk makeup setelahnya. 

Primer bekerja dengan cara mengisi celah-celah di kulit lalu membentuk semacam lapisan di permukaan kulit.

Fungsi Primer

  • Primer membantu menghaluskan tekstur kulit yang kasar
  • Menyamarkan pori- pori wajah dan petak- petak kering pada wajah
  • Memudarkan tampilan garis- garis halus
  • Membuat makeup awet anti luntur
  • Membuat tampilan makeup wajah merata secara sempurna
  • Kulit wajah tidak bersentuhan langsung dengan makeup
  • Untuk kulit sensitif, kulit akan terhindar dari resiko iritasi akibat makeup.

Jenis- jenis Primer Makeup

Seperti halnya varian makeup lainnya primer makeup ini memiliki jenis- jenis varian yang beragam.

Artikel Terkait  Rekomendasi Serum Penghilang Bekas Jerawat dibawah 50 Ribu

Tentunya disesuaikan dengan jenis kulit wajah kawan cantik, baik jenis kulit berminyak, normal, kering. Beberapa varian primer wajah diantaranya:

Mattifying primer 

jenis yang pertama adalah mattifying primer, dilengkapi dengan bahan yang bisa mengontrol minyak berlebih pada wajah primer jenis ini cocok untuk kalian yang memiliki kulit wajah cenderung berminyak.

Hasil akhirnya, kulit wajah yang matte dan tampak segar dalam jangka waktu yang lama.

Hydrating Primer

Buat jenis kulit yang terhidrasi mengaplikasikan foundation jadi tantangan tersendiri karena seperti sama sekali tidak bisa menyatu dengan makeup. 

Sesuai namanya Hydrating primer ini mampu mengatasi masalah ini dengan menghidrasi kulit dan membentuk lapisan yang lembab sehingga produk make up dapat menempel dengan baik.

Blurring Primer

Primer jenis ini bisa menyamarkan pori- pori membuat kulit wajah lebih halus dan lembut.

Jika kawan cantik memiliki kulit yang cenderung kasar, pori- pori besar, kemudian garis- garis halus dan dipenuhi kerutan, maka blurring primer menjadi pilihan yang tepat!

Color correcting Primer

Kawan cantik bermasalah dengan kulit yang belang atau kemerahan? Yuk bisa mencoba menggunakan dasar primer ini sebelum tancap makeup! 

Jenis primer ini memiliki warna yang berbeda tergantung masalah warna kulit. Warna- warna yang dimiliki akan menetralkan warna kulit yang bermasalah! Bisa beli disini ya cantik

Illuminating Primer

Jenis primer satu ini membantu membuat kulit wajah kawan cantik menjadi bersinar, glowing, karena mengandung partikel- partikel shimmering. 

Ada loh, beberapa jenis primer ini yang sudah fu coverage! Yang bisa digunakan tanpa menggunakan foundation lagi setelahnya.

Tips Menggunakan Primer Agar Makeup Tahan Lama

Pilih Warna yang sesuai jenis kulit

Primer umumnya berwarna transparan yang akan meresap setelah dioleskan. 

Artikel Terkait  Menu Diet Sehat Satu Minggu. Bisa tidak yah?

Namun, seiring perkembangan inovasi industri kecantikan, primer diciptakan dengan berbagai warna sesuai dengan jenis kulit.

Jika kulit cenderung berwarna gelap, pilih primer berwarna pink atau ungu pastel yang akan memberikan efek mencerahkan pada kulit.

Sedangkan untuk kulit wajah yang bekas jerawat, sebaiknya gunakan primer yang berwarna hijau bisa membantu meminimalisir kemerahan dan menyamarkannya.

Gunakan secukupnya

Makeup artist Sandy Linter mengatakan, menggunakan primer sebaiknya tidak perlu berlapis-lapis. “Ketika Anda menggunakannya berlebihan, alas bedak akan menggumpal. Sebaiknya gunakan primer hanya sebesar butiran kacang dan baurkan hingga merata,” ujar Sandy seperti dikuti dari Allure.

Fokus Area Mata

Pada area mata primer juga jangan lupa untuk tetap dibaurkan ya, karena biasanya area ini memiliki warna gelap.

Karena kandungan primer menyerap minyak dan melembabkan kulit yang kasar dan bertekstur. Fokus area mata mencegah makeup smudging atau berantakan.

Untuk wajah Berjerawat

Kulit sedang berjerawat? Biasanya ada primer yang khusus untuk kulit berjerawat lho. 

Lewati penggunaan obat jerawat jika sudah memakai primer khusus ini karena terlalu banyak lapisan produk kosmetik pada jerawat justru semakin memperparah kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

Perhatikan Tahapannya

Dalam bermakeup untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal, tahan lama, dan flawless maka harus diperhatikan tahapannya dan tidka boleh salah atau terlewati.

Tahapan yang benar dalam merias adalah menggunakan primer, alas bedak, dan bedak tabur. “Tanpa bedak tabur, kandungan air pada makeup dan silikon pada primer akan saling bertolak belakang. Jika Anda menyentuh wajah Anda, maka makeup akan lutur,” tutur ahli kosmetik Ni’Kita Wilson.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba? Pastikan kondisi wajah kita dibersihkan terlebih dahulu, ikuti tahapannya jangan sampai terlewatkan ya!

Artikel Terkait  Mengatasi Flek Menahun

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar