Komunitas Cerebral Palsy: Hadir di Beberapa Wilayah Indonesia

Komunitas Cerebral Palsy, hadir di bulan Ramadhan, atau hari-hari yang dirasa penting oleh suatu perkumpulan tersebut. Identik dengan acara bersama, sekaligus silaturahmi. Sudah banyak daerah di Indonesia yang membuat acara ini dengan berbagai kepentingan.

Bisa kita lihat dalam Kota Trengginas, Kab. Tegal, Jakarta, Bandung, dan wilayah-wilayah lainnya. inti dari adanya komunitas ini, adalah ingin memberikan atau membagikan sebagian kebahagiaan untuk orang-orang yang membutuhkan. Dan kebahagiaan, macam-macam, tergantung kebutuhan mereka.

Sebelumnya, Apa itu Cerebral Palsy?

Cerebral palsy, adalah gangguan tumbuh kembang, pada anak-anak. Disini, penyakit ini hadir, dan banyak dialami olah para anak-anak. Jadi, dimulai dari masa kanak-kanak ini, sebagai orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembangnya anak.

Yang biasanya diserang adalah otot dan saraf, yang mana ditandai dengan kesulitan menggerakkan tubuh. Tubuh otot yang terkena, akan menjadi terganggu, saat otot-otot yang ada digerakkan. Disini, bisa dibilang kecacatan motorik, sehingga cenderung kesulitan bergerak, menjaga keseimbangan tubuh.

Bagian tubuh, yang terkena Cerebral palsy, adalah hemiplegia, yang mana satu sisi terpengaruhi. Secara jenis, Cerebral pasly, terbagi menjadi 4. Gejala, dan ciri-ciri dari Cerebral palsy, dimulai dari ringan hingga parah, sehingga memerlukan bantuan khusus.

Contoh Cerebral Palsy

Bisa kita lihat, dalam kota-kota berikut ini:

1. Komunitas Cerebral Palsy di Trengginas

Tepatnya di bulan Ramadhan kemarin, komunitas CP di Trengginas melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kab. Tegal, Kelurahan Kudaile, Slawi. Bersama anak-anak dan anggota komunitas, dalam silaturahmi tersebut, menyampaikan rasa ucapan terima kasih akan dukungan acara komunitas.

Artikel Terkait  Apa Itu Diet DEBM

Acara komunitas, dapat berkembang dan terus mewadahi anak-anak, atau para penyandang disabilitas Cerebral Palsy, di Kabupaten Tegal. Mulai dari Rumah Belajar Cerebral Palsy dan bantuan Alat Bantu lainnya. Kepala Dinas Sosial Kab. Tegal, sangat terharu akan kekompakan anggota komunitas.

“Saya sangat terharu dengan kekuatan dan kesabaran para orang tua anak cerebral palsy, saya juga sangat terharu karena ibu-ibu CP selalu memberikan sesuatu yang unik, berkesan dan kreatif, harapannya, ibu-ibu CP ini harus selalu kuat dan kompak, saling menguatkan, saling mendukung, saling berbagi informasi kondisi anak-anaknya  dan selalu ikhlas dalam kondisi apapun”.

2. Cerebral Palsy, di Jakarta

Cerebral Palsy di Jakarta, bisa kita lihat dalam 6 Oktober kemarin, yang mana diperingati sebagai Hari Cerebral Palsy Sedunia. Terdapat, Jendela Cerebral Palsy, yang merupakan lembaga penyandang disabilitas (Cerebral Palsy). Komunitas ini didirikan oleh Aisyah Cahyu Cintya pada tahun 2019 lalu.

Dari sini, sikap diskriminasi akan penyandang disabilitas, diharapkan bisa terminimalisir. Dari komunitas ini, masyarakat diharapkan bisa menyamaratakan para penyandang disabilitas dan memandang mereka seperti orang-orang pada umumnya, sama.

Hari Cerebral Palsy Sedunia selajutnya, dilakukan pada hari Rabu kemarin, tanggal 5 Oktober 2022. Lokasi acara, di Terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta. Dari semangat komunitas, diharapkan menjadi energi positif, dan membuktikan kepada orang-orang bahwa kondisi tersebut tetap mampu berdaya.

3. Komunitas Cerebral Palsy di Bandung

Komunitas Cerebral Palsy di Bandung, bertransformasi menjadi Yayasan Anak Bunda Istimewa. Dari sini, komunitas menemani anak-anak penyandang disabilitas. Disini, penyandang disabilitas bisa mengikuti fisioterapi di Yayasan Anak Bunda Istimewa, Jalan Houkeri, Cisaranten, Bandung.

Di tempat itu, berlangsung fisioterapi bagi 12 anak yang mengidap penyakit lumpuh otak. Para orang tua yang mengikuti acara ini, atau mengantarkan anaknya, ikut sharing mengenai apa yang dialami, dan kiat-kiat apa yang perlu dilakukan.

Artikel Terkait  Posisi Tidur yang Benar, Seperti Apa Sih?

Para orangtua yang mengantar anaknya untuk terapi, juga berbagi cerita atau sharing mengenai keseharian mengurusi anaknya seperti apa. Dari sini, ibu memiliki ilmu baru dalam sharing tersebut, dan memiliki anak dengan cerebral palsy memerlukan ketegaran luar biasa.

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar