Posisi Tidur yang Benar, Seperti Apa Sih?

Posisi tidur, menjadi hal yang penting dalam mengenakkan tidur dan tubuh jadi lebih rileks dan tanpa sakit pas bangun. Dari situ, kesehatan tetap terjaga, dan tubuh kita jadi indah dalam tampilan, seperti otot varises tidak ada, dan lain sebagainya. 

Adanya posisi tidur, juga mempengaruhi timbulnya penyakit. Jadi jangan sampai, kita tidak mengetahui info ini, karena info ini sangat bermanfaat untuk masa depan. Dengan pola tidur yang benar, maka kamu akan terbiasa memiliki kualitas tidur yang baik.

1. Menyamping

Tidur menyamping, mungkin hal yang mudah kita lakukan, dan biasa kita lakukan, karena mudah tinggal menyamping saja. Kesehatan tubuh bisa terjaga, dengan menerapkan posisi tidur menyamping. Posisi yang cukup direkomendasikan, adalah posisi miring ke kiri. 

Dengan catatan, dada kanan di bawah, agar jantung tidak terhimpit dengan dada kanan. Posisi miring kiri, juga mengurangi dengkuran yang timbul, selain itu, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengurangi timbulnya mulas pada perut.

Efek tidur dengan posisi ini, dapat menyebabkan bahu jadi kaku, bisa saja sampai pada bagian tubuh lainnya. Dengan tidur posisi menyamping, menyebabkan timbulnya kerutan pada wajah. Maka dari itu, perlu adanya posisi alternatif lain agar efek buruk tersebut diminimalisir dan tubuh bisa bergantian.

2. Telentang

Mungkin ini adalah posisi yang biasa kita gunakan jika sudah capek atau ingin bersandar 1 punggung full penuh. Posisi ini, sangat baik untuk kesehatan, mulai dari dapat melindungi tulang belakang, membantu meredakan nyeri pinggul, dan lutut. 

Posisi ini, malah lebih baik bagi tubuh, karena mampu menjaga tubuh agar tetap sejajar di atas tulang belakang. Hal ini, mengurangi tekanan yang ada pada punggung atau sendi. Posisi ini, tetap memiliki kekurangan, yang mana tidak cocok bagi penderita apnea

Artikel Terkait  Kesemutan

Dimana, tidur ketika napas tiba-tiba berhenti. Telentang, juga akan sulit pada seseorang yang memiliki masalah punggung. Maka dari itu, posisi telentang disesuaikan dengan kesehatan tubuh, walaupun posisi ini lebih baik daripada posisi lain dan bisa dilakukan setiap hari agar seimbang. 

3. Tengkurap

Posisi ini, sedikit orang yang melakukannya atau mempraktekkannya, dimana bagi yang tidak bisa bernapas dengan mudah, lebih baik jangan melakukan posisi ini. Posisi ini, memang dirasa kurang nyaman, tetapi untuk kesehatan tubuh juga masih berpengaruh positif.

Mulai dari perut di bawah, membuat seseorang yang memiliki masalah mendengkur, bisa teratasi dengan ini. Ingat, posisi ini jika tidak nyaman, maka akan menyebabkan seseorang sakit leher dan punggung. Sehingga, kamu mungkin pernah merasakan sakit pada otot dan terasa lelah. 

Kamu dapat meminimalisirnya, dengan menempatkan bantal di perut bagian bawah, sehingga rasa sakit di punggung berkurang. Dengan tengkurap, mungkin kamu belajar, meringankan beban organ di atas, seperti punggung, tulang, dan lain sebagainya. 

Tetapi, tidak disarankan posisi ini dilakukan setiap waktu. Karena sama saja dengan memberatkan organ dalam yang lebih vital dan lunak, sehingga perlu dijaga dan kesehatannya sangat rentan. Ingat, pola hidup sehat, dan lain sebagainya itu perlu, agar hidup maksimal dan lebih baik lagi. 

Dari semua posisi itu, coba satu-satu dan lakukan secara konsisten dan rutin, no.1&2, untuk no.3 jangan coba-coba, karena tergantung kesehatan yang kamu punya (kondisinya).  

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, adalah terlentang. Jadi, jangan sampai salah yah Bund! Bagaimana Bunda, sudah siap untuk menjaga kesehatan untuk diri sendiri dan anak?


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar