Skincare yang Cocok untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit sekaligus, biasanya yaitu berminyak dan kering. Ciri kulit kombinasi yaitu area T (dahi, hidung, dan dagu) cenderung berminyak, sedangkan daerah lain bisa normal, kering, atau sensitif. Memilih skincare yang cocok untuk kulit kombinasi memang sedikit sulit. Pasalnya Anda harus mengatasi beberapa masalah kulit sekaligus.

Inilah Jenis Skincare untuk Kulit Kombinasi

Berikut ini adalah jenis skincare yang bisa dipilih oleh pemilik kulit kombinasi:

  • Sabun cuci muka yang water-based

Sabun cuci muka atau facial wash merupakan produk skincare yang berada di langkah pertama setiap rangkaian perawatan wajah. Rekomendasi sabun cuci muka yang tepat untuk kulit kombinasi adalah yang water-based atau berbasis air. Sabun cuci muka berbahan dasar air mampu menghilangkan kotoran dan keringat dengan baik.

  • Tidak mengandung alkohol

Alkohol merupakan salah satu bahan yang sering terkandung di produk skincare. Fungsi alkohol pada umumnya yaitu membuat produk cepat menyerap, meningkatkan fungsi keseluruhan produk, serta membuat produk terasa ringan. Namun sayangnya pemilik kulit kombinasi harus menghindari bahan satu ini. Alkohol pada kulit kombinasi bisa membuat kulit lebih kering dan berminyak.

  • Tidak mengandung butiran scrub besar

skincare kulit kombinasi

Produk eksfoliator biasanya mengandung butiran scrub untuk membersihkan kulit wajah dengan maksimal. Jika digunakan secara teratur, produk tersebut dapat mencegah pori tersumbat dan mencegah munculnya jerawat. Rekomendasi eksfoliator untuk kulit kombinasi yaitu yang memiliki butiran scrub kecil. Pasalnya butiran scrub besar berisiko mengiritasi kulit.

  • Mengandung bahan aktif yang baik untuk kulit kombinasi

Bahan aktif bekerja secara efektif mengatasi masalah kulit wajah tertentu. Beberapa bahan aktif yang bagus untuk kulit kombinasi yaitu vitamin A atau retinol, vitamin C, niacinamide, asam laktat, asam hialuronat, green tea, dan lain sebagainya.

  • Tidak menyebabkan iritasi

Jika kulit kombinasi Anda cenderung sangat kering dan sensitif, maka pastikan produk yang dipilih tidak menyebabkan iritasi. Segera hentikan pemakaian apabila ada masalah yang muncul setelah penggunaan skincare.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kombinasi

Berikut ini adalah rekomendasi produknya:

  • Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow

Double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan dua produk. Biasanya produk pertama yang digunakan adalah micellar water. Fungsinya yaitu membersihkan kotoran atau make up pada langkah awal. Garnier Micellar Rose Water Cleanse & Glow ini berbasis air sehingga cocok untuk pemilik kulit kombinasi.

  • Himalaya Purifying Neem Face Wash

Himalaya-Face-Wash untuk kulit wajah kombinasi

Produk satu ini memiliki kandungan nimba dan kunyit yang berfungsi untuk menghilangkan minyak serta mengangkat kotoran di wajah. Teksturnya gel dan diklaim sebagai produk hypoallergenic, jadi aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Ciri khas Himalayan Purifying Neem Face Wash yaitu busanya yang sedikit.

  • SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toner

SKIN1004 merupakan brand asal Korea yang bisa Anda jadikan pilihan. Sesuai dengan namanya, produk toner ini memiliki kandungan centella asiatica atau yang lebih dikenal dengan dau pegangan. Daun ini memiliki manfaat meningkatkan produksi kolagen dan meredakan inflamasi. Selain itu, ada kandungan niacinamide yang bisa mencerahkan kulit.

  • Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum

Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum

Rekomendasi serumnya adalah Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum. Serum ini disukai banyak wanita lantaran memiliki tekstur ringan dan nyaman saat digunakan. Ada kandungan alpha arbutin yang membantu menyamarkan bekas jerawat, flek hitam, dan lain sebagainya. Kandungan penting lain yaitu ekstrak brown seaweed yang kaya protein.

  • Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Neutrogena Hydro Boost Water Gel merupakan pelembap atau moisturizer yang direkomendasikan untuk pemilik kulit kombinasi. Pelembap satu ini mampu menghidrasi kulit tanpa membuat terasa lengket. Produk pelembab dapat digunakan di pagi maupun malam hari.

  • L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen dengan SPF 50 PA++++

Sebagai penutup rangkaian perawatan wajah, Anda membutuhkan sunscreen atau tabir surya. Sunscreen satu ini memiliki kandungan long UVA filters dan mexoryl yang bermanfaat melindungi kulit serta mencegah penuaan. Ada juga oil-control yang membantu mencegah produksi minyak berlebih.

Artikel Terkait  Cap Kaki Tiga Untuk Mengatasi Panas Tenggorokan

Itulah pembahasan mengenai skincare yang cocok untuk kulit kombinasi. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat membantu Anda memilih skincare dengan tepat sehingga kulit lebih sehat dan terawat.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar