Harga Pasang Behel, Ketahui Berikut Ini!

Pasang behel, menjadi alternatif jika gigi yang kita miliki sedang tidak bagus dalam hal struktur atau susunan. Bisa saja, membuat kita tidak baik dalam mencerna makanan atau dalam berkata-kata. Behel atau kawat gigi, adalah salah satu perawatan gigi yang membuat gigi rapi dan enak dilihat.

Tapi sayangnya, banyak yang belum paham akan harga ini, takut jika mahal, malah mengundurkan diri untuk tidak pasang behel. Jika dilihat dari kebutuhan perawatan gigi, maka harga bisa menyesuaikan. Di tahun 2023 ini, sudah banyak orang yang berani, bahkan melek akan pasang behel gigi.

Berdasarkan jenisnya, pasang behel (kawat gigi), dibagi menjadi:

1. Aligner Transparan

Kawat gigi transparan ini, dianggap sebagai clean aligner, menjadi salah satu jenis aligner yang biasanya dipilih dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Warna transparan atau bening yang dihasilkan, menjadi nilai estetika tersendiri, terhadap penampilan gigi.

Jenis behel ini, untuk kasus gigi kita yang mengalami pergeseran dalam level ringan. Dari sini, behel mudah dilepas-pasang, seperti pada saat sikat gigi atau makan, dan sesuai kebutuhan. Harga pasang behel jenis ini, mulai dari 15-65 ribu rupiah saja.

2. Behel Berbahan Metal

Behel ini, dianggap jenis yang konvensional (tradisional). Jenis behel ini seringkali digunakan oleh manusia, atau dianggap paling umum digunakan. Bahan kawat giginya, menggunakan metal (logam stainless steel). Behel ini, ditujukan untuk mengatasi masalah gigi yang sifatnya kompleks.

Penggunaan behel ini, bisa dijadikan bagus, jika mengganti warna karet sesuai keinginan. Harga pasang jenis behel ini, adalah 5-12 juta. Jika dilihat dari harganya, memang worth it, tidak kurang-kurang alias berkualitas. Sesuai permasalahan gigi yang kompleks.

Artikel Terkait  Pilihan Outfit Cardigan untuk Jalan-jalan. Bisa Dicoba!

3. Self-Ligating Brace (Damon)

Self-Ligating Brace merupakan kawat gigi damon, yang tak berbeda jauh dari 2 jenis kawat gigi di atas. Perbedaannya, tidak memakai elastic band, melainkan menggunakan sebuah klip logam kecil khusus sebagai penghubung gigi.

Dengan menggunakan jenis behel ini, kamu akan dimudahkan dalam menyikat gigi dan hasil bersihnya cepat. Self ligating, tersedia dalam bentuk transparan dan keramik yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Tetapi ingat, harga menyesuaikan dengan bahan dan case yang ada, yaitu 15-30 juta.

4. Behel dengan Bahan Keramik

Behel dengan bahan keramik, hampir mirip jenis behel dengan bahan metal. Perbedaannya, lebih ke adanya penggunaan penghubung (braket) dari bahan bening (seperti warna gigi). Jenis-jenis bahan tersebut, diantaranya keramik, komposit, dan sapphire.

Bahan ini, cenderung lebih rapuh, pecah, jadi diperuntukkan kepada permasalahan gigi yang ringan. Harga pasang behelnya pun, menggunakan keramik, dimulai dari harga 10-16 juta rupiah. Untuk harga pasang behel bahan keramik, mulai dari 10-16 juta.

Biaya Pasang Behel berdasarkan Tempat

Jadi, pemasangan behel, juga dipengaruhi oleh tempat dalam memperbaikinya, diantaranya:

  1. Puskesmas: dimulai dari 2-2,5 juta dengan catatan tidak bisa ditanggung oleh BPJS.
  2. Dokter Gigi: disesuaikan dengan profesi dokternya, dan sertifikat yang dipunya. Dimulai, dari 4-20 juta.
  3. Rumah Sakit: harga pasang, dimulai dari 3-20 juta.

Manfaat Behel untuk Gigi

Berikut, manfaatnya!

  1. Meningkatkan kesehatan gigi.
  2. Melindungi gigi dari kerusakan yang sedang sampai yang vital, mulai dari masalah ortodontik yang memiliki risiko lebih tinggi pada gigi (gigi depan menonjol, dan kerusakan gigi secara dini).
  3. Meringankan masalah makan, dimana mengatasi kesusahan mengunyah maupun menggigit makanan, sehingga masalah gizi dan pencernaan tidak ada.
  4. Meningkatkan Estetika pada gigi, yang mana gigi terlihat rapi dan bagus. Penampilan secara keseluruhan, akan didukung oleh senyum yang indah.
Artikel Terkait  Menghilangkan Bekas Jerawat

Itulah, harga pasang behel disesuaikan dengan jenisnya dan ke tempat mana untuk memperbaiki giginya. Dan ingat, penggunaan pasang behel harus disesuaikan dengan syariat agama yang ada yah! Jangan sampai salah yah! Apalagi, manfaat dari behel gigi cukup memuaskan.

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar