Tips Peran Ganda Sebagai Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

Ketika banyak yang bertanya kepada seorang ibu rumah tangga” kerja dimana bu”? dan sebagian dari mereka menjawab ” tidak bekerja pak/bu cuman ibu rumah tangga”

Menjadi ibu rumah tangga ataupun wanita karir adalah pilihan. Karena dua- duanya tetaplah bekerja dan beraktivitas.

Pekerjaan ibu rumah tangga sebagian besar umumnya adalah mengurus keluarga. Dimulai dari menyiapkan keperluan sekolah anak, memasak, mencuci, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi. Meskipun urusan rumah tangga sudah cukup melelahkan, tak jarang seorang wanita tetap ingin bekerja

Jangan salah ya kawan cantik, meskipun sekedar menjadi ibu rumah tangga tetaplah bekerja 24 jam, tidak ada waktu istirahat, tidak ada batasan waktu,tidak mendapat gaji tetapi pekerjaan terus menerus tiada henti.

Ketika sakit pun kita tidak bisa cuti ya kawan cantik, hehe capek pun tidak dirasa, nonstop pagi ketemu pagi tidur paling akhir harus bangun lebih dulu.

Menjalani Peran Sebagai Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

Lalu bagaimana ketika kita menjadi wanita karir sekaligus menjadi ibu rumah tangga?

Tentunya menjadi tantangan tersendiri dan tidak mudah mengingat tugas rutin seorang ibu itu tidak bisa dihitung dan diukur dengan apapun.

Tidaklah mudah menjalankan keduanya tanpa menggunakan kiat kiat khusus yang harus kita miliki.

Keadaan terkadang mengharuskan kita para perempuan untuk memilih menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga.

R.A Kartini sudah memberikan resolusi baru merubah mindset bahwa perempuan tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja namun tetap bisa berkarir.

Artikel Terkait  Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Bagi kita yang memilih menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga tentunya tidaklah ringan dan penuh dengan tantangan tersendiri. Kita harus pintar membagi waktu, tenaga, pikiran, emosional sehingga keduanya dapat berjalan dengan seimbang tanpa ada salah satu yang dikorbankan.

Lantas apakah yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir ketidak seimbangan itu? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita terapkan.

Yakin dan semangat

Dua hal yang sangat mendasar dan perlu kita miliki adalah keyakinan optimisme dan semangat ya kawan cantik.

Kita harus yakin ketika mengambil dua pilihan sekaligus kita dapat menjalani dengan ikhlas dan ridha’

Mantapkan hati kita mampu menjalani tanggung jawab keduanya, yaitu menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga

Komunikasi dengan keluarga

Yang kedua adalah menumbuhkan komunikasi yang sehat antar keluarga, karena komunikasi sangat penting untuk kita mengevaluasi keadaan keluarga kita masing- masing.

Permasalahan pasti akan selalu muncul dan kompleks, oleh karena itu akan lebih efektif jika bisa dibicarakan secara kekeluargaan.

Cari moment dan waktu yang pas, ketika keluarga sedang bersantai, setelah beraktivitas, ngopi atau ngeteh bareng, dan juga ketika nonton TV bersama di ruang keluarga.

Hal itu akan menumbuhkan suasana yang harmonis dan nyaman. Sehingga anggota keluarga bebas mengemukakan permasalahan yang mereka hadapi.

Mengatur jadwal dengan baik

Kendala yang paling sering muncul adalah perkara membagi waktu, Itulah sebabnya ketika kita sudah memilih menjadi wanita karir kita harus pandai pandai mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarganya.

dual peran wanita karir ibu rumah tangga

Perencanaan terkait keesokan harinya sebisa mungkin dilakukan sebelum tidur. Lebih tepatnya mempersiapkan sedemikian ketika ada waktu misalkan saja waktu malam hari misalkan saja menyiapkan peralatan anak sekolah.

Artikel Terkait  OOTD Hari Pertama Kerja

Sekiranya menu apa yg akan dimasak, sekaligus baju dan lain sebagainya yg akan digunakan besok.

Fokus pada apa yang dihadapi

Selain mengatur waktu kita juga butuh mengatur dan menata, mengontrol emosional kita, ego kita, pikiran kita. Sering yang kita hadapi ketika menjadi perempuan yang biasa kita kedepankan adalah perasaan .

Ketika berada di kantor pikiran kita kacau memikirkan rumah, atau sebaliknya ketika sedang bersama keluarga justru pikiran tidak fokus malah memikirkan pekerjaan.

Untuk itu sebisa mungkin kita untuk fokus menyelesaikan sesuatu yang di depan mata kita terlebih dulu, sehingga tidak menumpuk dan membuat beban nantinya.

Tidak ada manusia yang sempurna

Kembali lagi kita perlu menyadari ya kawan cantik bahwa kita juga ibu yang manusiawi, tidak semua hal yang kita lakukan bersamaan bisa berjalan baik dan efektif.

Kita pasti memiliki banyak kekurangan, tidak mungkin pekerjaan yang kita lakukan bisa sempurna dan tidak keteteran. Kita harus berkomunikasi dengan keluarga, misalkan kepada suami yang paling dekat dengan kita.

Ketika dirasa kita kurang cukup mampu menjalankannya kita bisa meminta bantuan pengasuh anak ataupun asisten rumah tangga.

Sekali kali memanjakan diri

Dengan segala aktivitas yang menguras tenaga dan juga emosi, kita juga butuh sekali kali untung me time ya bund.

Kita butuh merefresh otak kita dari rutinitas yang padat seperti pekerjaan di luar dan juga sebagai ibu rumah tangga.

Misalkan saja dengan pergi ke salon, belanja, nongkrong sebentar di cafe, agar pikiran kita kembali rileks.

Dengan pikiran yang segar dan plong akan membangkitkan semangat kita dalam menjalankan pekerjaan dan tugas tugas rutin kita.

Menjaga pola sehat baik jasmani maupun rohani

Tidak kalah penting yang perlu kita jaga adalah kesehatan lahir batin, makan makanan yang seimbang dan bergizi serta olahraga yang teratur.

Artikel Terkait  Interval Training, Olahraga di Sela Kesibukan. Coba Saja!

Di dalam tubuh yang bugar dan sehat terdapat jiwa yang kuat, jiwa yang kuat akan membuat pikiran lebih positif dan lebih bersemangat.

Demikian lah beberapa tips untuk menjadi perempuan yang mandiri sekaligus kiat sukses menjadi wanita karir dan juga ibu rumah tangga.

Tentunya setiap pilihan ada konsekuensinya, tetap berfikir positif dan semangat ya kawan cantik apapun pekerjaan dan tugas – tugas kita dalam mengurus rumah tangga.

Semoga senantiasa diberikan kesabaran, kekuatan, karena hal itu tidaklah mudah untuk kita lalui.

Menjadi wanita karir ataupun ibu rumah tangga sejatinya tetap sama, dua duanya membutuhkan perjuangan apalagi ketika keduanya berjalan beriringan.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar