Perbedaan Rebonding dan Smoothing

Rebonding dan smoothing merupakan dua istilah yang pasti sering Kawan cantik temukan ketika pergi ke salon. Keduanya sama-sama bisa membantu kamu mendapatkan rambut yang lurus dan indah. Pasalnya rebonding dan smoothing adalah teknik meluruskan rambut yang memanfaatkan penggunaan bahan kimia.

Apa Beda Rebonding dan Smoothing?

Meskipun sama-sama mampu meluruskan rambut, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar. Kawan cantik perlu mengetahui apa saja perbedaannya agar bisa menentukan untuk memilih teknik rebonding atau smoothing ketika ingin meluruskan rambut. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah perbedaannya:

Jenis Rambut Asli

Jenis rambut asli kamu menentukan teknik yang tepat untuk dijadikan pilihan. Rebonding merupakan teknik yang cocok dipakai jika kawan cantik memiliki rambut asli ikal atau keriting.

perbedaan rebonding dan smoothing

Sedangkan teknik smoothing lebih cocok digunakan untuk kamu yang sebenarnya memiliki rambut lurus namun mengembang. Smoothing biasanya dibutuhkan wanita agar rambut yang mengembangkan menjadi lurus dan mudah diatur. Pasalnya rambut asli tidak ada yang benar-benar lurus sehingga terkadang membutuhkan smoothing.

  • Lama Pengerjaan

Perbedaan selanjutnya ada pada durasi atau lama pengerjaan. Meskipun digunakan untuk meluruskan rambut yang sudah lurus, namun smoothing ternyata memakan waktu yang lebih lama dibandingkan rebonding.

Lama pengerjaan teknik smoothing yaitu kurang lebih 3-5 jam. Waktu yang lama tersebut karena menggunakan obat yang menyerapnya lama. Selain itu, tahapan teknik smoothing juga lebih banyak.

Sedangkan rebonding membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam saja. Hal tersebut lantaran obatnya lebih cepat menyerap pada rambut.

  • Obat yang Dipakai Untuk Meluruskan Rambut

Rebonding menggunakan bahan kimia yang lebih keras dibandingkan dengan smoothing. Obat tersebut mampu merubah jenis rambut secara signifikan. Jadi rambutmu yang ikal atau keriting bisa menjadi lurus dalam jangka waktu lama.

Artikel Terkait  Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah dan Rambut

Sementara smoothing menggunakan obat yang memiliki kandungan keratin dan vitamin. Obat tersebut tidak terlalu merubah jenis rambut kawan cantik sendiri, berbeda dengan obat untuk rebonding. Fungsi obat hanya untuk memberikan efek lembut, halus, dan mudah diatur.

  • Hasil Akhir

Obat yang digunakan pada teknik rebonding dan smoothing berbeda sehingga hasilnya pun pasti berbeda. Jika menggunakan teknik rebonding, rambut tidak terlalu terlihat alami. Selain itu teksturnya juga lebih kasar dan hasilnya terasa kaku.

lama pengerjaan rebonding dan smoothing

Sedangkan hasil dari teknik smoothing terlihat lebih alami dibandingkan teknik rebonding. Rambut juga tetap terlihat sehat dan mudah diatur. Smoothing membuat rambutmu akan terlihat seperti terlahir natural tanpa melakukan perubahan apapun.

  • Tingkat Ketahanan Pada Rambut

Tingkat ketahanan menjadi perbedaan selanjutnya yang perlu kawan cantik ketahui. Teknik rebonding menggunakan obat yang lebih keras sehingga daya tahannya lebih lama. Apabila kamu mampu merawatnya dengan baik, rambut lurus dari teknik rebonding bisa bertahan hingga 2 tahun lebih.

Hal tersebut berbeda dengan teknik smoothing yang cenderung lebih cepat kembali seperti semula. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan saja, rambut kamu bisa kembali seperti sebelumnya. Teknik ini sangat cocok apabila kawan cantik termasuk wanita yang suka bergonta-ganti gaya rambut.

  • Perawatan

Semua teknik yang digunakan untuk meluruskan rambut membutuhkan perawatan agar rambut lurus bertahan lebih lama. Namun dibandingkan dengan teknik smoothing, teknik rebonding membutuhkan perawatan ekstra. Jika mampu melakukan perawatan dengan baik, maka rambut lurus dari rebonding bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

  • Efek Pada Rambut

Mungkin kawan cantik sudah bisa memprediksi teknik mana yang memberikan efek lebih buruk untuk rambut. Ya, rebonding memberikan efek lebih buruk dibandingkan dengan smoothing karena jenis obatnya lebih keras.

Artikel Terkait  7 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

Rambut wanita yang sering melakukan rebonding cenderung lebih mudah rusak. Sedangkan teknik smoothing yang menggunakan bahan lebih ringan tidak terlalu merusak rambut.

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan

Perbedaan terakhir yaitu mengenai biaya yang harus kawan cantik keluarkan untuk meluruskan rambut. Dibandingkan smoothing, meluruskan rambut dengan teknik rebonding ternyata jauh lebih terjangkau.

perbedaan rebonding dan smoothing

Meluruskan rambut dengan teknik smoothing lebih mahal karena obat yang digunakan lebih ringan dan lembut. Obat yang ringan tersebut tentu saja memiliki harga yang lebih mahal. Apalagi langkah-langkahnya lebih panjang dan durasinya lebih lama.

Beberapa produk yang bisa kamu pilih untuk melakukan rebonding dan smoothing antara lain

  1. Inaura 1 Step Premium Smart Straight – Harga Rp. 150.000
  2. CBD Smoothing Keratin Step 1 Resistant – Harga Rp. 115.000
  3. Vanestrix Smoothing Cream – Harga Rp. 60.000

Itulah perbedaan rebonding dan smoothing yang perlu kamu ketahui. Setelah membaca artikel di atas, kawan cantik bisa memutuskan untuk memilih teknik rebonding atau smoothing sesuai dengan kebutuhan. Semoga membantu dan selamat memilih teknik yang paling kamu inginkan.

Tinggalkan komentar