Mengenal 6 Fungsi Jantung Bagi Tubuh Manusia

Kawan cantik orang Inggris merujuk kata heart sebagai jantung, tetapi di Indonesia orang lebih suka menggunakan kata hati untuk terjemahannya. Padahal yang benar adalah jantung. Bicara soal fungsi jantung dan hati tentu ada perbedaan diantara keduanya.

Hati berfungsi sebagai penetralisir racun sedangkan jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Namun tahukah kawan cantik jika ternyata jantung juga memiliki sederet fungsi lain dalam tubuh kita? Gimana kalau Cantika ajak kawan cantik untuk mengenal fungsi dari jantung ?

Fungsi Jantung

Setiap manusia menyadari fungsi organ dalam satu ini, jantung adalah organ yang hampir tidak pernah beristirahat sejak ia berfungsi di dalam kandungan ibu, sampai seseorang meninggal, jantung tetap akan memompa darah ke seluruh tubuh.

Peran vital organ seberat 200 gram ini sangat vital, ia berada di rongga dada sebelah kiri, itu kenapa, saat menggendong bayi lebih disarankan kepala bayi menempel di dada sebelah kiri agar anak bisa mendengar detak jantung ibunya sehingga merasa lebih aman.

Nah karena kali ini kita berbicara mengenai peran dan fungsi jantung pada tubuh, yuk Cantika jabarkan satu persatu.

Memompa Darah Ke Seluruh Tubuh

Tugas utama jantung adalah mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, bagian jantung yang berperan dalam proses ini adalah bagian bilik kiri. Dinding bilik lebih tebal dibanding bagian serambi karena digunakan untuk memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh.

Menerima Darah Bersih Dari Paru-paru

Bagian serambi kiri pada jantung berfungsi untuk menerima darah bersih dari paru-paru, darah yang mengalir dari paru-paru mengandung oksigen yang nantinya diedarkan melalui bilik kiri ke seluruh tubuh.

Menerima Darah Kotor dari Seluruh Tubuh

Selain memompa darah ke seluruh tubuh, jantung merupakan bagian sentral dari sirkulasi darah di dalam tubuh, ia juga menerima darah kotor yang telah beredar ke seluruh tubuh. Darah kotor diterima jantung melalui serambi kiri. Darah kotor adalah darah yang memiliki kandungan oksigen rendah.

Artikel Terkait  ASI Booster Terbaik untuk Memperbanyak Produksi Susu Ibu

Darah kotor membawa karbon dioksida dalam darah dan dialirkan ke serambi kanan.

Membuang Karbondioksida Dalam Tubuh ke Paru-paru

Darah kotor yang dikirimkan ke serambi kanan, kemudian dipompa ke paru-paru melalui bilik kanan. Darah berisi karbondioksida ini kemudian akan ditukar dengan oksigen di paru-paru, paru-paru mengirimkan darah yang telah dibersihkan lewat serambi kiri.

Mengatur Arah Aliran Darah

Jantung juga berperan mengatur aliran darah, agar tidak terjadi komplikasi yang dapat membahayakan tubuh, darah kotor harus dibuang ke paru-paru, sebaliknya darah bersih diedarkan ke seluruh tubuh. Untuk memastikan aliran darah ini berjalan sebagaimana mestinya, jantung memiliki 4 katup yang berfungsi menjaga aliran darah satu arah saja. Empat katup ini disebut katup trikuspid, katup pulmonal, katup mitral dan katup aorta.

Menjaga Tekanan Darah

Bagian jantung juga memiliki pembuluh darah yang bertugas menyalurkan darah dari dan menuju jantung. Ada tiga pembuluh darah utama yaitu pembuluh kapiler, pembuluh vena dan pembuluh aorta.

Tugas pembuluh aorta adalah menjaga tekanan darah, dan memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Pembuluh aorta merupakan pembuluh yang paling tebal karena memiliki tugas yang krusial untuk memastikan kandungan oksigen dalam darah tetap terpenuhi.

Proses Penukaran Senyawa Tubuh

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang sangat tipis sehingga darah dapat melakukan pertukaran senyawa mulai dari oksigen, karbondioksida, air, limbah maupun nutrisi yang diterima oleh tubuh.

Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat

Mengingat vitalnya fungsi jantung bagi tubuh, tentu organ satu ini perlu kita jaga dan rawat sebaik-baiknya. Untuk menjaga kesehatan jantung, Cantika sarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti brokoli, buah-buahan, sayuran hijau, dan kurangi makan makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

Artikel Terkait  Detox Usus, menjadi Salah Satu Cara dalam Mengatasi Usus Kotor

Selain itu tentunya gaya hidup sehat seperti gemar berolahraga tetap perlu ditingkatkan, serta menjaga gaya hidup dengan tidak begadang, tidak merokok dan mengkonsumsi minuman keras. Semoga bermanfaat


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar